Pengenalan Macam – Macam Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan | Pernahkan sobat komputer berfikir, bagaimana cara sebuah internet bisa terhubung ?, dan apa saja perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet ?. Bagi sobat komputer yang telah lama bergelut dalam dunia teknologi jaringan tentunya sudah hafal benar macam - macam perangkat jaringan komputer yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan lokal, jaringan MAN, Jaringan WAN bahkan jaringan Internet.

Akan tetapi sobat yang masih tahap pengenalan perangkat jaringan komputer, tentunya perlu menggalih informasi baik itu melalui buku maupun internet.  Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengani apa saja perangkat jaringan yang sering digunakan untuk membangun sebuah sistem jaringan. Ok kita langsung saja pada topik pengenalan perangkat jaringan komputer.

Baca Juga

Pengenalan Macam - Macam Perangkat Jaringan Komputer

1. CPU

CPU merupakan perangkat jaringan utama yang harus ada dalam sebuah jaringan komputer, bisa kita banyangkan apabila kita membuat sebuah jaringan, tidak ada CPU yang terhubung. Kita tentu akan kesulitan untuk memproses sebuah data. Di dalam CPU sendiri tersimpan beberapa perangkat - perangkat pendukung, seperti Processor, memori, hard disk dan lain sebagainya.

2. Kabel Jaringan

Gambar-Kabel-Jaringan

Perangkat jaringan yang satu ini berfungsi untuk menghantarkan data dari komputer ke komputer lainnya. Banyak sekali jenis - jenis kabel jaringan yang bisa sobat gunakan untuk membuat sebuah jaringan, seperti kabel UTP, Coaxial, dan Fiber Optik.

3. Konektor

Konektor merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan Network Adapter, Bisa dibilang perangkat jaringan komputer yang satu ini cukup penting, karena apabila tidak ada konektor, maka jaringan tidak akan bisa terhubung dengan semestinya.

4. Network Interface Card ( NIC )

Network Interface Card merupakan sebuah kartu jaringan yang berperan sebagai alat pengubah aliran data dari bentuk pararel ke bentuk serial. Kartu ini biasanya digunakan pada jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya.

5. Wirelles Card

Merupakan sebuah kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem jaringan dengan menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Untuk dapat menghubungkan komputer dengan jaringan menggunakan perangkat jaringan ini sangatlah mudah dibandingkan dengan sobat menggunakan NIC karena sobat tidak perlu menata kabel untuk menghubungkannya.

6. Hub

Hub merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai concentrator, perangkat jaringan yang satu ini biasanya digunakan untuk jaringan yang menggunakan model topologi Star. Dalam pemrosesannya Hub tidak dapat mengatur pengiriman paket data, sehingga paket data akan disebar kesemua port yang terhubung ke perangkat jaringan lainnya sampai menemukan tujuan paket data tersebut dikirim.

7. Switch

Perangkat jaringan yang satu ini mempunyai fungsi yang sama dengan perangkat Hub. Akan tetapi Switch lebih pintar dari pada Hub, perangkat jaringan komputer yang satu ini mampu mendeteksi kemana paket data akan dikirim, dengan cara mendeteksi alamat MAC dan port dari perangkat - perangkat yang terhubung dengan dirinya.

8. Access Point

Merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai pemancar signal radio yang nanti diterima oleh Wirelles Client. Sehingga komputer dapat terhubung dengan jaringan tanpa menggunakan media transmisi kabel. Biasanya perangkat ini dilengkapi dengan antena untuk memperkuat dan memperluas jangkauan signalnya.

9. Router

Router merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Perangkat ini mampu untuk membagi jaringan ke beberapa segmen dan juga menyatukannya kembali.

10. Repeater

Perangkat jaringan komputer yang satu ini berfungsi sebagai penguat signal pada jaringan jarak jauh, dengan adanya Repeater penggunaan kabel menjadi lebih minim dan jangkauan signal akan semakin luas.

11. Bridge

Merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk memperluas suatu jaringan, perangkat yang satu ini mampu untuk menghubungkan dua buah atau lebih jaringan yang sejenis sehingga menghasilkan jaringan yang lebih luas lagi. Selain itu Bridge juga dapat digunakan sebagai penghubung beberapa jaringan yang terpisah baik jaringan dengan tipe ataupun yang berbeda.

12. Modem

Modem merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mengubah signal digital menjadi signal analog dan sebaliknya. Komputer biasanya mengirimkan data ke perangkat modem dalam bentuk signal digital, sehingga apabila modem menerima signal analog, perangkat ini akan merubahnya terlebih dahulu ke signal digital agar dapat diproses oleh komputer.

Itulah ulasan macam - macam perangkat jaringan lengkap dengan penjelasannya, semoga ulasan tersebut dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa pada topik teknologi dan komputer berikutnya.

Saya adalah seseorang yang suka mempelajari teknologi yang berhubungan dengan komputer, seperti hardware, software, jaringan dan juga internet. Memiliki dedikasi dan komitmen tinggi untuk sebuah perubahan baik dimasa depan.

Artikel Terkait :

Komentar :