Harga Kabel Fiber Optik Terbaru Berbagai Jenis

Harga Kabel Fiber Optik | Pada artikel sebelumnya Utopicomputers telah membagikan review mengenai kabel UTP lengkap dengan jenis - jenisnya, dan pada artikel kali ini akan diulas mengenai jenis - jenis kabel fiber optik lengkap dengan kegunaannya. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Dalam membangun sebuah jaringan berskala luas, tentunya kita memerlukan sebuah media transmisi yang cukup memadai, salah satu media transmisi yang bisa digunakan adalah Fiber Optik. Fiber Optik merupakan sebuah sebuah serat kaca yang dapat digunakan sebagai media transmisi untuk mengirimkan data dari tempat satu ke tempat lainnya. Kemampuan dari kabel Fiber Optik sendiri bisa mentransmisikan gelombang cahaya hingga 100 km, cukup jauh bukan ?

Baca Juga :

Harga Kabel Fiber Optik Terbaru Berbagai Jenis

Gambar-Kabel-Fiber-Optik

Akan tetapi harga fiber optik lebih mahal dibandingkan dengan harga kabel - kabel jaringan jenis lainnya, hal ini dikarenakan kualitas dari kabel fiber optik lebih memadai, bahkan untuk membangun jaringan dengan kecepatan transfer 10 Gbps. Dalam sebuah kabel fiber optik terdapat beberapa bagian yang membentuk karekteristik dari kabel fiber optik itu sendiri diantaranya adalah

  1. Inti / Core, pada bagian ini, jenis serat kaca yang digunakan berpengaruh besar pada kualitas dari kabel itu sendiri, rata - rata diameter dari bagian inti ini sekitar 2 μm hingga 50 μm. Semakin tinggi diameter inti kabel fiber optik semakin baik pula kualitas dari kabel fiber tersebut.
  2. Cladding, merupakan bagian dari kabel fiber optik yang terbuat dari kaca yang mempunyai fungsi untuk melindungi bagian inti kabel fiber optik, selain itu Cladding pada kabel fiber optik dapat mereflesikan cahaya yang keluar dari inti dan memantulkan kebali ke inti fiber optik, bagian ini memiliki diameter antara 5 μm hingga 250 μm.
  3. Coating / Buffer, Merupakan bagian fiber optik yang terbuat dari polimer ( Plastik ) yang berfungsi untuk melindungi inti dan Cladding dari kabel fiber optik.
  4. Strength Member & Outer Jaket, merupakan bagian terluar dari kabel fiber optik yang berfungsi sebagai pelindung secara keseluruhan.

Jenis - Jenis Fiber Optik

Dilihat dari metode untuk mentransmisikan data pada inti / core, kabel fiber optik dibedakan menjadi dua yaitu jenis kabel single mode dan multi mode.

Jenis Kabel Fiber Optik Single Mode memiliki diameter inti cukup kecil yaitu sekitar 9 μm, jenis kabel fiber ini memerlukan cahaya infrared laser dalam penggunaannya yang dapat berjalan pada gelombang 1310 dan 1510 nanometer. Harga kabel fiber optik jenis single mode dibandrol sekitar Rp. 10.000 per meter tergantung merek dan juga kualitas inti fibernya, apabila sobat komputer ingin menggunakan kabel jenis ini untuk membangun sebuah jaringan, sobat dapat membelinya disini.

Jenis Kabel Fiber Optik Multi Mode memiliki diameter sekitar 50 sampai 100 micrometer. jauh lebih besar dari diameter inti fiber optik single mode. Pada jenis kabel fiber ini ratusan modus cahaya dapat tersebar secara bersamaan sehingga dapat mengirimkan data lebih cepat. Jenis kabel fiber ini biasanya digunakan untuk tujuan komersial. Harga kabel fiber optik jenis multi mode dibandrol dengan nominal Rp. 22.000 permeter, tergantung dari banyaknya inti pada kabel tersebut. Apabila sobat ingin menggunakan kabel fiber jenis multi mode untuk keperluan jaringan, sobat dapat cek harga kabel fiber optik terbaru disini.

Itulah review mengenai harga kabel fiber optik berbagai jenis, semoga ulasan diatas dapat bermanfat untuk sobat komputer dimanapun berada, sampai jumpa lagi pada ulasan teknologi komputer berikutnya disitus Utopicomputers.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :