Pengertian Topologi Star Serta Kekurangan Dan Kelebihannya

Pengertian Topologi Star | Sebelumnya Utopicomputers sudah mengulas mengenai topologi jaringan komputer dimana pada ulasan tersebut telah disebutkan beberapa jenis dari topologi jaringan yang banyak digunakan. Salah satu dari topologi yang banyak digunakan adalah Topologi Star. Apa itu Topologi Star ?, pada ulasan kali ini kita akan mengulas lebih mendalam mengenai Topologi Star itu sendiri. Ok dari pada berlama - lama mari kita ulas lebih lanjut.

Pengertian Topologi Star sendiri adalah cara menghubungkan beberapa komputer dengan teknik konvergensi dari node pusat ke setiap komputer dengan menggunakan perangkat yang dinamakan Hub / Switch. Dalam hal ini perangkat Hub / Swicth berfungsi untuk menerima dan meneruskan sinyal - sinyal yang dikirim dari komputer satu ke komputer yang lain. Media transmisi yang digunakan dalam topologi star ini adalah kabel UTP yang dilengkapi dengan konektor RJ 45.

gambar-topologi-star

Baca Juga :

Prinsip Topologi Star

Prinsip topologi star sendiri adalah komputer - komputer yang terhubungan dalam jaringan berpacu dalam satu komponent yang dijadikan pusat jaringan. Apabila terjadi pengiriman signal, komputer pengirim akan mengarahkan signal tersebut ke node pusat ( Hub / Switch ) terlebih dahulu baru kemudian hub / switch meneruskan ke komputer tujuan.

Komponen Yang Digunakan

Untuk membangun jaringan dengan model topologi star sobat komputer harus menyiapkan beberapa komponent, antara lain :

  • Komputer
  • Hub / Switch
  • Kabel UTP
  • Konektor RJ 45

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star

Apabila sobat memilih salah satu model topologi jaringan tentunya sobat komputer akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing - masing model topologi tersebut. Sementara untuk kelebihan dan kekurangan Topologi Jaringan Star adalah sebagai berikut :

Kelebihan Topologi Star

  1. Sangat mudah untuk membuat dan mengoperasikannya
  2. Dapat digunakan oleh banyak komputer baik server atau client
  3. Apabila mengalami trouble jaringan, sangat mudah untuk mendeteksi dan memperbaikinya.
  4. Apabila salah satu komputer dalam jaringan tersebut mengalami kerusakan, tidak mempengaruhi kinerja jaringan tersebut.
  5. Kecapatan pengiriman signal dalam jaringan tersebut relatif sama, antara komputer satu dengan yang lain
  6. Model topologi ini sangat mudah untuk sobat kembangkan, apabila dikemudian hari berniat untuk mengembangkannya.
  7. Model topologi ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan dengan model topologi yang lain.

Kekurangan Topologi Star

  1. Apabila sobat komputer berniat membangun model topologi ini, maka sobat komputer harus mengeluarkan lebih banyak modal.
  2. Apabila Hub / Switch mengalami kerusakan, maka jaringan tersebut tidak dapat beroperasi, untuk itu sobat harus menjaga performa dari Hub/ Switch tersebut.
  3. Terjadi penurunan kecepatan transfer apabila ada lalu litas pengiriman data yang cukup tinggi

Tips Membangun Jaringan Dengan Topologi Star

Sebelum sobat komputer berniat untuk membangun sebuah jaringan dengan menggunakan model topologi jaringan star, alangkah baiknya sobat membaca tips dibawah ini :

Modal, Biaya disini harus sobat perhatikan, karena dalam membangun jaringan ini sobat harus mengeluarkan modal yang lebih besar. Alangkah baiknya mengkalkulasi terlebih dahulu kebutuhan baik itu kabel, konektor, Hub / Switch ( Banyaknya Port ).

Komputer, Hitung terlebih dahulu komputer - komputer yang akan dihubungkan dalam jaringan, sehingga nanti sobat dapat mengkalkulasi kebutuhan kabel dan konektor yang digunakan.

Kemanan Kabel, Keamanan kabel juga perlu sobat berhatikan jangan sampai dikemudian hari kabel mengalami kerusakan dari gangguan - gangguan. Alangkah baiknya sobat juga menyediakan perlangkapan untuk keamanan kabel jaringan.

HUB / Switch, Apabila sobat berniat untuk membangun jaringan komputer dengan kualitas prima yang diperuntukan untuk jangka waktu yang lama, serta menangani banyak client. alangkah baiknya memilih Hub / Switch yang dilengkapi dengan microprosessor.

Kabel, Kebutuhan kabel erat kaitannya dengan kondisi ruangan, jadi sebelum sobat komputer membeli komponent yang dibutuhkan, hitung terlebih dahulu kebutuhan kabel yang akan digunakan sesuai dengan ruangan yang akan digunakan.

Itulah ulasan mengenai pengertian topologi jaringan star serta kelebihan dan kekurangannya, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer sekalian yang belum mengetahui apa itu Topologi Star ?.

Artikel Terkait :

Komentar :