Apa Itu Jaringan WAN ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Pengertian WAN | Bagi sobat komputer yang sudah banyak berkecimpung dalam dunia jaringan pasti sudah mengetahui apa itu WAN. Akan tetapi bagi yang belum mengetahuinya jangan kawatir karena kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan mengenai salah satu jenis jaringan komputer yang cukup populer digunakan oleh perusahaan - perusahaan berskala nasional dan internasional yang dikenal dengan istilah jaringan WAN. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasan mengenai pengertian dan fungsi WAN.

Baca Juga :

Apa Itu Jaringan WAN ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Pengertian Jaringan WAN

Gambar-Jaringan-WAN

Pengertian WAN kepanjangan dari Wide Area Network merupakan sebuah jenis jaringan komputer yang luas cakupannya mencapai satu negara hingga satu benua. Jaringan WAN juga bisa diartikan sebagai gabungan dari jaringan LAN dan juga jaringan MAN yang dipisahkan oleh wilayah geografis. Untuk membangun jaringan WAN dibutuhkan media transmisi seperti kabel telepone, fiber optik atau juga bisa menggunakan media satelit.

Biaya dibutuhkan untuk membangun jaringan WAN tergolong besar, dan biasanya perusahaan - perusahaan yang ingin membangun jaringan WAN banyak yang menggandeng perusahaan jasa operator telekomunikasi yang menyediakan layanan jaringan. Beberapa perangkat yang perlu disediakan untuk membangun jaringan WAN antara lain modem, router, switch dan firewall.

Bagimana dari sini sobat komputer pastinya sudah sedikit ada gambaran mengenai apa itu WAN, dan apa saja perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan WAN. Berikut ini akan kita ulas fungsi WAN secara umum.

Fungsi Jaringan WAN

1. Arus komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Fungsi WAN yang satu ini banyak dirasakan oleh perusahaan - perusahaan berskala nasional atau internasional. Dengan adanya jaringan WAN komunikasi antara kantor pusan dan kator cabang menjadi lebih cepat dan mudah walaupun antara kantor pusat dan kantor cabang dipisahkan oleh pulau dan benua.

2. Jaringan LAN dan jaringan MAN dapat terintegrasi

Dengan adanya jaringan WAN jaringan - jaringan yang cakupannya lebih kecil dapat dihubungkan dan terintegrasi dalam satu jaringan, sehingga dapat mempermudah dan memperlancar arus komunikasi dan informasi sebuah perusahaan dan instansi.

3. Menghemat biaya operasional

Fungsi jaringan WAN yang satu ini akan dirasakan oleh perusahaan dan instansi yang memiliki kantor - kantor yang tersebar diberbagai wilayah, negara bahkan benua. Dengan adanya jaringan komputer WAN, biaya operasional perusahaan dapat ditekan sehingga lebih hemat.

4. Data dan informasi instansi atau perusahaan akan cepat uptodate

Meskipun perusahaan atau instansi memiliki banyak kantor yang jaraknya saling berjauhan, data dan informasi yang dibutuhkan oleh pegawai dan karyawan akan selalu uptodate. Hal ini dikarenakan pengiriman data dan informasi akan menjadi lebih cepat dengan adanya jaringan Wide Area Network ( WAN ).

5. Mencegah terjadinya miskomunikasi

Apabila sebuah perusahaan berskala nasional atau internasional menggunakan cara manual untuk menyampaikan informasi dan data, bisa dipastikan akan sering terjadi miskomunikasi antara kantor satu dengan kantor yang lainnya. Dengan adanya jaringan WAN kejadian - kejadikan tersebut akan dapat ditekan, karena informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan akan mudah disebar luaskan.

Itulah ulasan mengenai pengertian jaringan WAN dan apa saja fungsi jaringan WAN, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada ulasan mengenai teknologi dan komputer berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :