Apa itu Repeater ? Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Fungsi Repeater | Berbicara mengenai jaringan komputer, banyak sekali hal - hal yang cukup rumit untuk dipahami, utamanya bagi orang - orang awam. Terlebih apabila kita sudah membahas mengenai jaringan dalam sekup yang lebih luas seperti jaringan MAN dan Jaringan WAN. Namun bukan berarti kita tidak dapat mempelajarinya. Pengenalan dan pemahaman akan perangkat - perangkat jaringan tentu menjadi dasar yang perlu dikuasai. Dengan kita memahami fungsi dari perangkat - perangkat yang digunakan, akan membantu kita untuk membuat sebuah jaringan dengan efektif dan efisien, tentunya tanpa kehilangan performa dari jaringan yang akan kita bangun.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu perangkat jaringan yang bernama Repeater. Apa itu Repeater ? dan apa fungsi Repeater ?. Apabila sobat komputer penasaran langsung saja pada topik pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja Repeater berikut ini.

Baca Juga :

Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Repeater

Pengertian Repeater

Repeater adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menguatkan signal data dan memperluas jangkauan signal. Repeater juga dapat diartikan sebagai perangkat yang digunakan untuk menerima signal data dan kemudian mengirimkan kembali signal data yang diterima dengan daya yang lebih tinggi. Perangkat ini banyak digunakan pada sistem jaringan yang memiliki jangkauan yang cukup luas dan cukup jauh. Dengan adanya perangkat Repeater kualitas data yang dikirim dari satu node akan sama dengan kualitas data yang diterima pada node yang lainnya.

Perangkat ini ada beberapa jenis dan tentunya digunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti Repeater radio digunaan untuk menguatkan signal wifi yang dipancarkan oleh perangkat akses point. Ada juga Repeater untuk kabel yang digunakan untuk menguatkan signal data yang ditransmisikan dengan menggunakan kabel jaringan.

Fungsi Repeater

Seperti pembahasan diatas fungsi Repeater adalah sebagai penguat signal data baik itu. Perangkat ini telah disetting untuk dapat menerima signal data dan kemudian memancarkan kembali signal data tersebut dengan kualitas yang lebih tinggi.

Cara Kerja Repeater

Cara kerja Repeater pada dasarnya adalah menerima data dan kemudian memancarkannya kembali, didalam perangkat ini telah terdapat dua jenis komponent yang digunakan untuk menerima data dan komponen yang satunya digunakan untuk mengirim data. Akan tetapi sebelum signal data tadi dikirim frekuensi data akan dirubah terlebih dahulu oleh Repeater sehingga frekuensinya menjadi lebih besar.

Sistem yang digunakan oleh Repeater untuk meningkatkan frekuensi data ada dua macam yaitu sistem analog dan sistem digital. Pada sistem analog, data yang dikirim oleh repeater memiliki kualitas berbanding lurus dengan konsumsi daya listrik. Sedangkan pada sistem digital data yang diterima akan akan diperbaiki kualitasnya sebelum data tersebut dikirim kembali.

Itulah ulasan mengenai pengertian Repeater lengkap dengan fungsi dan cara kerja Repeater. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi dan komputer berikutnya.