Apa Itu Video Conference ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

  • Whatsapp

Fungsi Video Conference | Perkembangan dunia telekomunikasi dewasa ini cukup pesat dan hampir menjangkau semua lapisan masyarakat didunia. Kemudahan dan kecanggihannya memberikan banyak manfaat baik untuk kebutuhan pribadi, pendidikan, pemerintahan dan bisnis. Salah satu teknologi telekomunikasi yang marak diperbincangkan dan digunakan adalah teknologi video conference.

Apa itu video conference ? dan apa fungsi video conference ? pada kesempatan kali ini saya akan mengulasnya secara lengkap mengenai pengertian video conference serta fungsinya. Ok dari pada kita berlama – lama, mari langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Video Conference ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Apa Pengertian Video Conference ?

Video conference adalah seperangkat teknologi telekomunikasi dimana kita bisa berinteraksi dengan dua atau lebih pengguna dengan lokasi yang berbeda, melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan, real time dan interaktif. Dengan adanya video conference kita dapat melakukan komunikasi layaknya kita bertatap muka langsung dengan lawan bicara, teknologi ini bahkan bisa kita gunakan untuk keperluan rapat dengan banyak peserta hingga ratusan orang, menarik bukan ?.

Dengan perkembangan teknologi video conference jarak sudah tidak menjadi penghalang dan banyak membawa perubahan dalam kita menyampaikan informasi, kita dapat mengadakan pertemuan atau rapat – rapat penting hanya dengan menggunakan perangkat komputer, smartphone atau konsol khusus yang dilengkapi dengan wabcamp, headset serta jaringan internet.

Sebenarnya teknologi ini sudah lama sekali ditemukan yaitu pada saat pertama kali media televisi ditemukan, hanya saja kualitas data yang dikirim tidak sebagus sekarang ini dan biayanya yang cukup mahal untuk pengadaan perangkat – perangkatnya. Berbeda dengan masa sekarang dengan perkembangan teknologi internet menjadikan video conference menjadi lebih mudah dan murah, bahkan teknologi ini juga sudah dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Beberapa komponen yang dibutuhkan untuk membuat sistem video conference antara lain sebagai berikut :

  1. Video Input contohnya wabcamp atau kamera video.
  2. Video Output contohnya monitor, proyektor atau televisi.
  3. Audio Input contohnya mikrofon
  4. Audio Output contohnya speaker atau headset,
  5. Data Tranfer contohnya jaringan telephone analok atau digital, internet, LAN, WAN atau MAN.

Di internet banyak sekali layanan yang menyediakan fitur video converence, seperti Facebook, Google, Whatsapp, Line, Zoom, Skype dan masih banyak lagi yang lain. Dari beberapa layanan yang ada di internet ada yang dapat sobat gunakan secara gratis ada juga yang berbayar, tentunya fitur – fitur yang ditawarkan sesuai dengan harga yang dipatok.

Dari sini sobat pasti sudah memiliki gambaran mengenai pengertian video conference, dan dibawah ini beberapa fungsi video conference yang bisa kita rangkum.

Apa fungsi Video Conference ?

1. Untuk Perorangan / Individu

Dengan menggunakan teknologi video conference, komunikasi jarak jauh dengan kerabat atau teman menjadi lebih dekat dan menambah keakraban. Selain itu kita juga akan terbantukan dalam berkomunikasi secara non verbal.

2. Untuk Kegiatan Masyarakat

Fungsi video conference dalam kegiatan bermasyarakat sangat banyak, seperti untuk bertukar kabar dan informasi, melakukan kegiatan kemasyarakatan secara online, bahkan melakukan kegiatan ibadah.

3. Dalam Bidang Pendidikan

Fungsi video conference dalam dunia pendidikan juga cukup banyak, seperti untuk melakukan pendidikan jarak jauh, melakukan rapat koordinasi di lembaga pendidikan atau antar lembaga dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Dalam Bidang Pemerintahan

Video conference juga sangat diperlukan dalam bidang pemerintahan, kebanyakan untuk mengadakan rapat koordinasi dan penyampaian informasi.

5. Dalam Bidang Kesehatan

Video conference juga memiliki peranan yang penting dalam bidang kesehatan, kita dapat melakukan konsultasi secara online dengan dokter atau pakar kesehatan tanpa perlu datang ke klinik kesehatan atau rumah sakit.

6. Dalam Bidang Bisnis

Video conference juga sangat membantu bagi para pemilik bisnis dan perusahaan, kita dapat melakukan rapat bisnis, bertemu dengan mitra atau kolega tanpa perlu bertatap muka langsung, sehingga akan menghemat biaya perjalanan.

Itulah ulasan mengenai apa itu video conference, semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan seputar teknologi dan komputer berikutnya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke akun sosial media yang sobat miliki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *