Home KomputerHardware Apa Itu Hub ? Berikut Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Apa Itu Hub ? Berikut Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

by admin
0 comment 7 views

Pengertian Hub | Berbicara masalah teknologi jaringan, banyak sekali hal – hal yang perlu kita ketahui, utamanya mengenai perangkat – perangkat yang nanti kita gunakan untuk membangun sebuah jaringan. Bagi sobat komputer yang sudah banyak makan garam didunia jaringan tentu tidak akan asing dengan perangkat yang dinamakan Hub. Akan tetapi bagi yang masih awam, tentu akan timbul pertanyaan, apa itu Hub ? dan apa fungsi Hub dalam sebuah jaringan ?.

Untuk itulah pada ulasan kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan yang khusus membahas mengenai perangkat jaringan yang satu ini. dan tentu banyak digunakan baik untuk membangun jaringan lokal. Ok dari pada kita berlama – lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Hub ? Berikut Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Hub

Gambar-Hub

Pengertian Hub

Pengertian Hub adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer atau lebih dalam sebuah sistem jaringan sehingga dapat melakukan komunikasi dan bertukar data. Biasanya Hub memiliki banyak port ethernet dan masing – masing perangkat yang terhubung pada port tersebut akan tersambung pada sebuah jaringan LAN. Perangkat – perangkat yang bisa dihubungkan ke Hub sebenarnya tidak terbatas pada komputer saja, perangkat – perangkat lain seperti printer, router, modem dan lain sebagainya dapat kita hubungkan dengan Hub, asalkan pada perangkat tersebut memiliki port ethernet yang bisa digunakan.

Biasanya Hub digunakan untuk membangun sistem jaringan dengan topologi star, dimana hub sendiri berperan sebagai concentrator pada jaringan dengan topologi star. Peran Hub pada sebuah jaringan komputer sebenarnya tidak hanya sebagai penghubung antar perangkat tetapi juga sebagai penguat sinyal pada kabel UTP. Pada sebuah Hub tidak memiliki Physical addressing atau MAC addressing sehingga data yang ditransmisikan tidak dapat dipilah sehingga collision tidak dapat dihindari.

Fungsi Hub

Secara garis besar fungsi Hub adalah sebagai penghubung perangkat – perangkat komputer dalam sebuah jaringan, akan tetapi beberapa fungsi hub secara spesifik adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai penerima sinyal dari satu perangkat komputer dan mentransmisikannya ke perangkat komputer lainnya.
  2. Sebagai penghubung antar perangkat komputer dalam sebuah jaringan.
  3. Penyedia fasilitas penambah dan pengurang perangkat – perangkat yang terhubung dalam jaringan.
  4. Menambah kekuatan signal pada kabel UTP.
  5. Sebagai sentral manajemen jaringan lokal.

Cara Kerja Hub

Dalam sebuah jaringan hub berkerja pada lapisan physical layer dengan cara menerima data dari perangkat komputer yang terhubung pada port-nya. Kemudian data yang diterima tersebut dikirim ke perangkat – perangkat lain yang terhubung ke port hub tersebut. Perangkat jaringan ini ( Hub ) tidak bisa mendeteksi kemana data yang diterima dikirim sehingga data akan disebar kesemua perangkat yang terhubung pada perangkat Hub, meskipun pada akhirnya hanya ada satu perangkat yang dapat memproses data yang dikirim tersebut. Berbeda dengan Switch yang mampu mendeteksi tujuan data akan dikirim, oleh sebab itu sering terjadi overload bandwith pada jaringan yang menggunakan Hub sebagai concentratornya.

Dari sini sobat pasti sudah memahami apa itu Hub ?, fungsi Hub dan cara kerja Hub itu sendiri. Semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi untuk sobat komputer yang baru saja mengenal dunia jaringan. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan berikutnya.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Sobat. Setuju Selanjutnya