Apa Itu Mainboard ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Fungsi Mainboard | Komputer merupakan perangkat elektronik yang sudah banyak dimiliki oleh berbagai kalangan. Kalau dulu kita menganggap komputer merupakan barang mewah, dewasa ini komputer merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki untuk menunjang pekerjaan kita sehari - hari.

Seperti yang kita ketahui bersama, didalam sebuah komputer terdapat banyak sekali perangkat elektronik dengan fungsi yang berbeda - beda, salah satunya adalah Mainboard. Bagi sobat yang belum memahami apa itu Mainboard. Artikel dibawah ini dapat sobat jadikan referensi pengetahuan mengenai komputer. Baik dari pada berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Mainboard ? Berikut Pengertian dan Fungsi Mainboard

Gambar-Mainboard-jadul

Pengertian Mainboard

Pengertian Mainboard adalah sebuah papan sirkuit elektronik utama komputer yang digunakan untuk meletakan komponen - komponen elektronik lain seperti Processor, RAM, VGA, dan lain sebagainya. Didalam Mainboard sendiri terdapat beberapa chip controler yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, selain itu ada beberapa soket - soket dan slot - slot yang digunakan untuk memasang komponen - komponen lainnya.

Fungsi Mainboard

Fungsi Mainboard adalah sebagai penghubung antar hardware seperti Processor, RAM, VGA, Mouse, Keyboard, Lan Card dan lain sebagainya. Selain itu Mainboard juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data pada sebuah komputer.

Mainboard pertama kali dibuat serta diperkenalkan Apple sekitar tahun 1977 untuk perangkat komputer Apple II karena sebelumnya ( Apple I ) memiliki bentuk yang cukup rumit. Pada waktu itu pendiri Apple Stive Jobs dan Wozniak memikirkan untuk meletakan komponen - komponen komputer kedalam papan kusus sehingga lebih ringkas.

Setelah berhasil melakukan pengembangan dan mengimplementasikannya pada produk Apple II, banyak perusahaan - perusahaan seperti AMI, DFI, Orchid Tech, Elitegroup, Huppauge dan Micronic, mulai memproduksi perangkat Mainboard dan memasarkannya.

Kemudian sekitar tahun 1980 - 1990 perkembangan Mainboard cukup meningkat, terbukti dengan mulai diintegrasikannya Mainboard dengan port - port untuk Keyboard, Mouse, Floppy Drive dan lain sebagainya. Setelah itu pada tahun 2000 mulailah pengintegrasian beberapa komponen seperti Lan Card dan VGA Card jadi satu dengan perangkat mainboard.

Untuk saat ini Mainboard sudah ada beberapa jenis, seperti Mainboard AT / AT Baby, ATX, BTX, dan ITX, tentunya dari beberapa jenis yang ada memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing. Seperti adanya sirkulasi pendingin yang lebih baik pada jenis Mainboard BTX, tetapi ukurannya lebih besar dari pada jenis yang lainnya. Beberapa komponen seperti Soket CPU, RAM, VGA, Northbridge dan Southbridge, IC Bios, Port I/O dan beberapa komponen lainnya sudah menyatu pada satu perangkat yang dinamakan Mainboard.

Dari sini sobat komputer pastinya sudah mengetahui pengertian Mainboard dan juga fungsinya, Semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi dan komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :