Apa Itu Switch ? Berikut Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Pengertian Switch | Pada artikel sebelumnya sebelumnya kita telah membahas mengenai topologi jaringan, yang mana pada artikel tersebut ada pembahasan singkat mengenai topologi star. Untuk membangun sebuah jaringan dengan topologi star, sobat komputer perlu menyiapkan perangkat yang digunakan sebagai concentrator, salah satunya adalah perangkat jaringan Switch.

Apa itu Switch ? dan apa fungsi Switch ?, Ulasan dibawah ini akan memberikan beberapa gambaran mengenai pengertian Switch lengkap dengan fungsinya. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Switch ? Berikut Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Gambar-Perangkat-Switch

Pengertian Switch

Pengertian Switch adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan ( concentrator ). Berbeda dengan Hub, Switch memiliki cara kerja yang lebih terarah, pertukaran data pada perangkat ini baik itu pada saat menerima, memproses dan mengirim data, langsung pada alamat yang dituju. Switch mampu mendeteksi tujuan data akan dikirim sehingga mampu mencegah terjadinya collision pada pengiriman data.

Pada model OSI Layer, Switch berkerja pada lapisan Data Link dan Network hal ini dikarenakan perangkat jaringan yang satu ini selain berfungsi sebagai concentrator, Switch juga mampu membuat fungsi routing menggunakan alamat MAC Address.

Fungsi Switch

Secara garis besar fungsi Switch adalah sebagai concentrator pada jaringan komputer dengan topologi Star, akan tetapi sebenarnya switch sendiri memiliki fungsi utama yang jauh lebih komplek dari sekedar concentrator, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Address Learning

Switch memiliki kemampuan untuk mencatat alamat MAC Address dari perangkat jaringan yang terhubung dengan dirinya. Ketika data yang dikirim diterima oleh Switch, dia akan mencatat alamat MAC Address pengirim dan kemudian mempelajari kemana data tersebut akan diteruskan.

2. Meneruskan / Menyaring Data Frame

Selain memiliki kemampuan untuk mencatat alamat MAC address dari perangkat - perangkat komputer yang terhubung dengan dirinya, Switch juga mampu menyaring dan meneruskan paket data yang diterima ke alamat yang menjadi tujuan, ke alamat MAC address mana dan port berapa. Dengan kemampuan seperti ini maka data yang dikirim tidak akan mengalami tabrakan.

3. Looping Avoidance

Fungsi Switch yang satu ini bermanfaat ketika sebuah data yang diterima tidak dikenali tujuannya, hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat mengkoneksikan kabel pada port - port Switch. Sehingga terjadi looping ( data hanya berputar - putar pada port - port Switch. Hal ini dapat sobat cegah dengan memblok atau menutup salah satu port yang terkoneksi ke parangkat lainnya. Sehingga data yang diterima dapat diteruskan ke alamat tujuan.

Cara Kerja Switch

Secara garis besar Switch memiliki cara kerja sama dengan HUB, hanya saja perangkat yang satu ini memiliki kemampuan lebih dibandingkan hub, maka tidak heran apabila harga Switch lebih mahal dari pada harga Hub. Cara kerja Switch yaitu perangkat ini akan menerima data dari perangkat lain yang terhubung dengan dirinya. Kemudian Switch akan melihat dan mencocokan alamat MAC Address tujuan dengan data tabel yang dimilikinya.

Kemudian Switch akan menciptakan sebuah koneksi logika dengan port yang terhubung ke perangkat tujuan. Sehingga data yang dikirim hanya diarahkan pada port yang dituju dan port yang lain tidak dapat menerima data tersebut. Hal ini berdapak pada pengurangan terjadinya tabrakan data pada jaringan yang menggunakan Switch sebagai concentrator.

Itulah ulasan mengenai pengertian Switch lengkap dengan fungsi dan cara kerja Switch. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan komputer dan teknologi berikutnya.