Apa Itu Router ? Berikut Pengertian Dan Fungsi Router

Pengertian Router | Berbicara masalah teknologi komputer jaringan, ada banyak sekali perangkat jaringan yang mendukung kinerja dari sebuah jaringan komputer. Bagi sobat komputer yang dulu pernah belajar komputer jaringan, pengertian dan fungsi router tentu sudah melekat erat di memori sobat, akan tetapi bagi sobat yang masih awam dalam dunia jaringan pastinya akan menjadi pertanyaan sebenarnya apa itu router, dan apa fungsi router itu sendiri.

Akan tetapi sobat tidak perlu kawatir, karena pada kesempatan kali ini Utopicomputer akan mengulas secara lengkap pengertian router dan fungsi router dalam dunia teknologi komputer jaringan yang banyak diimplementasikan pada jaringan - jaringan MAN dan WAN. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Router ? Berikut Pengertian Dan Fungsi Router

Pengertian Router

Gambar-Router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menganalisis dan kemudian mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Dalam hal ini, alat ini mampu untuk menentukan sumber paket data dan tujuan paket data akan dikirim walaupun tujuan transmisi berada pada jaringan yang sama ataupun berbeda. Bisa dikatakan router merupakan sebuah alat penghubung antar jaringan komputer. Dengan menggunakan Router kita dapat dengan mudah dan efesien mengelola jaringan lokal ataupun jaringan WAN.

Pada awalnya router sendiri didesain untuk melakukan encrypsi data dengan bentuk layaknya komputer mini, akan tetapi seiring perkembangannya, Router telah bertransformasi sehingga mampu untuk melakukan pengiriman data dengan cepat serta dapat mentransmisi dan memanajemen paket data.

Perangkat jaringan yang satu ini banyak sobat temukan pada jaringan - jaringan berbasis TCP/IP, yang mana sistem kerja dari router sendiri berada pada lapisan 3 model jaringan OSI yaitu lapisan network. Sehingga perangkat ini didesain untuk dapat mendefinisikan alamat - alamat IP, membuat header paket - paket data dan mengirimkan paket data ke tujuannya.

Secara umum Router dapat dikonfigurasi dengan dua cara, yaitu statis dan dinamis. Router statis merupakan Router yang secara manual dikonfigurasi oleh administrator jaringan. Sedangkan Router dinamis merupakan Router yang secara otomatis memiliki dan mengkonfigurasi tabel Routing. Kedua jenis routing ini memiliki kelebihan dan kekurangnnya.

Dari sini sobat pasti sudah paham pengertian Router ? Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan fungsi router, diharapkan sobat komputer sudah dapat memahami benar pengertian router diatas, agar nanti tidak kebingungan kedepannya. Dan dibawah ini merupakan fungsi router yang dapat kita simpulkan.

Fungsi Router

Seperti ulasan diatas, Router berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan komputer sehingga jaringan - jaringan yang terhubung dapat saling berkomunikasi walau jaringan yang sobat hubungkan memiliki alamat IP dan arsitektur yang berbeda. Sobat tentu bertanya - tanya apa beda Router dengan Switch / Hub ?. Kalau bisa kita gambarkan dengan sebuah perumahan, Switch merupakan sebuah gang dimana dalam sebuah gang tersebut terdapat beberapa rumah yang memiliki nomer urutan tertentu. Sedangkan Router merupakan penghubung antar gang tersebut.

Secara sederhana perangkat Router memiliki 2 buah kartu jaringan, dimana kartu jarigan yang pertama dihubungkan ke jaringan yang satu, sementara yang kedua dihubungkan ke jaringan yang lainnya. Banyaknya jaringan yang terhubung pada sebuah router tergantung pada jumla kartu jaringan yang dimiliki oleh router tersebut. Semakin banyak jumlah kartu jaringan yang ada, maka semakin banyak pula jaringan - jaringan komputer yang nanti dapat kita hubungkan dalam satu router, walaupun kita juga dapat menghubungkan banyak jaringan dengan beberapa router yang saling berhubungan.

Implementasi Routing dapat sendiri dapat sobat lakukan untuk menghubungkan jaringan sebuah perusahaan atau instansi yang memiliki banyak devisi. Sehingga dapat menjamin efektivitas penggunaan jaringan pada perusahaan atau instansi tersebut tanpa mengesampingkan privasi jaringan LAN dari masing - masing devisi.

Dari sini sobat komputer pastinya sudah memahami pengertian Router dan fungsi Router itu sendiri itu sendiri. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi dan komputer.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :