Apa Itu Bandwidth ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

  • Whatsapp

Pengertian Bandwidth | Dewasa ini perkembangan internet semakin hari semakin pesat, bahkan adanya internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua kalangan masyarakat. Salah satu istilah yang cukup erat kaitannya dengan kecepatan internet adalah Bandwidth. Tidak semua orang memahami istilah ini utamanya bagi kalangan yang baru belajar mengenai teknologi internet dan jaringan komputer. Akan tetapi sobat tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulas secara lengkap apa itu Bandwidth dan apa saja fungsi Bandwidth. Oke dari pada kita berlama – lama, langsung saja pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Bandwidth ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan sebuah kapasitas maksimal jalur data pada sebuah ethernet yang digunakan untuk lalu lintas paket data dengan kemampuan maksimal tertentu dalam melakukan proses pengiriman dan penerimaan data per detik, selain itu Bandwidth juga dapat diartikan sebagai jumlah kecepatan arus data dalam satuan bit per second ( bps ).

Bandwidth banyak diibaratkan sebagai sebuah jalan raya, sedangkan data yang dikirim diibaratkan sebagai kendaraan yang lalu lalang melewatinya. Semakin lebar sebuah jalan raya akan mempengaruhi jumlah kendaraan yang melewatinya, semakin banyak jumlah kendaraan maka akan berpengaruh pada kecepatan laju lalu lintas pada jalan tersebut. Jadi semakin besar Bandwidth maka semakin besar pula data yang dapat dikirim, selain itu banyaknya jumlah jumlah data akan berpengaruh terhadap kecepatan lalu – lintas data.

Dari ulasan diatas sobat pastinya sudah dapat gambaran mengenai pengertian Bandwidth lalu apa saja fungsi Bandwidth bagi kita sebagai administrator jaringan, berikut selengkapnya.

Fungsi Bandwidth

Dalam dunia jaringan, Bandwidth memiliki peran yang cukup penting, terlebih apabila kita menginginkan kualitas koneksi jaringan yang stabil, beberapa fungsi Bandwidth diataranya sebagai berikut :

1. Untuk Mengatur Besarnya Tranfer Data

Sebagai seorang administrator jaringan, kita kadang memerlukan pembatasan terhadap besarnya data yang dapat ditransfer. Hal ini cukup penting agar supaya trafik yang tinggi dapat dikurangi dalam kurun waktu tertentu. Trafik yang cukup tinggi dalam kurun waktu lama dapat mempengaruhi kinerja dari sebuah jaringan karena kapasitas Bandwidth yang tersedia tidak mampu untuk menampungnya.

2. Membagi Kecepatan Transfer Data

Selain untuk mengatur besarnya transfer data, fungsi Bandwidth juga sebagai pembagi kecepatan transfer data, sehingga data yang didistribusikan dapat dibagi secara adil ke seluruh pengguna jaringan sehingga tidak saling berebut Bandwidth antar pengguna.

Pengguna biasanya akan berebut Bandwidth pada saat mereka melakukan download file dengan ukuran yang cukup besar, sehingga pengguna lainnya tidak kebagian Bandwidth dalam jaringan tersebut yang ditandai dengan lambatnya koneksi atau bahkan sampai tidak terhubung sama sekali.

3. Sebagai Ukuran Jalur Lalu – Lintas Data

Fungsi Bandwidth yang satu ini berlaku hampir disemua sistem jaringan komputer, baik itu yang menggunakan media transmisi kabel atau gelombang radio utamanya pada sistem pendistribusian jaringan. Banyak dari kita menggunakan Bandwidth sebagai patokan untuk memilih sebuah penyedia layanan internet atau yang disebut dengan provider. Semakin besar Bandwidth yang ditawarkan oleh penyedia layanan tersebut, maka bisa kita jamin layanan yang diberikan akan juga baik.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian Bandwidth lengkap dengan fungsi – fungsi Bandwidth dalam sebuah teknologi jaringan dan internet. Semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Jangan lupa untuk share artikel ini ke akun sosial media yang sobat miliki dan sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *