Apa Penyebab Komputer / Laptop Lemot [ Lambat ] ?

  • Whatsapp

Penyebab Komputer Lemot | Memiliki komputer atau laptop sudah sebuah keharusan bagi sebagian kalangan, utamanya bagi seorang pelajar dan profesional untuk membantu menyelesaikan pekerjaan – pekerjaannya. Memang tidak bisa dipungkiri, di era teknologi sekarang ini, keberadaan laptop atau komputer sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan – persaingan yang semakin hari semakin ketat.

Akan tetapi, memiliki sebuah komputer atau laptop perlu perawatan yang rutin, agar tidak mengganggu pekerjaan kita. Salah satu masalah yang sering terjadi pada perangkat komputer atau laptop adalah komputer lemot atau lambat. Penyebab laptop lemot banyak sekali faktornya, dan pada kesempatan kali ini saya akan merangkum faktor – faktor apa saja penyebab komputer Lambat. Ok dari pada kita berlama – lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Penyebab Komputer / Laptop Lemot [ Lambat ]

1. Komputer Terinfeksi Virus Atau Malware

Penyebab komputer lambat atau lemot yang paling umum adalah terinfeksi virus atau malware. Kenapa demikian karena virus komputer adalah sebuah program yang mampu menggandakan dirinya, sehingga menyebabkan beban komputer menjadi lebih berat, dan yang paling parah merusak program – program dan komponen – komponen yang diperlukan untuk kinerja komputer tersebut.

2. Kekurangan Memori

Kekurangan memori merupakan salah satu faktor penyebab komputer lemot atau lambat. Hal ini biasanya disebabkan banyaknya program – program yang dijalankan oleh pengguna. sehingga beban komputer menjadi lebih berat.

3. Sistem Operasi Atau Aplikasi Tidak Sesuai Dengan System Requirment

Banyak pengguna komputer utamanya di Indonesia tidak memperhatikan system requirment dari sebuah sistem operasi atau aplikasi, Mereka banyak menginginkan sistem operasi atau aplikasi yang di install dikomputer adalah versi – versi terbaru yang menawarkan fitur lebih lengkap dan tampilan enak di pandang tampa melihat spesifikasi komputer atau laptop yang dimiliki, hal ini menyebabkan laptop atau komputer menjadi lambat atau lemot.

4. Terlalu Banyak Program Security Yang Berjalan

Penyebab laptop lemot berikutnya biasanya adalah terlalu banyaknya program security yang dipasang dan berjalan pada laptop atau komputer. Memang memasang aplikasi antivirus atau anti malware merupakan hal wajib untuk keamanan komputer kita, akan tetapi apabila terlalu banyak program yang dipasang akan menyebabkan laptop menjadi lambat, hal ini disebabkan aplikasi – aplikasi antivirus atau anti malware terus melakukan scaning meskipun kelihatannya tidak berkerja.

5. Terlalu Banyak Program StartUp

Program StartUp merupakan sebuah program yang otomatis berjalan, ketikan komputer dihidupkan. Program ini biasanya berjalan secara beckground dan tidak terlihat oleh pengguna, semakin banyak program startup yang berjalan tentu menyebabkan penggunaan sumber daya komputer semakin banyak pula.

6. Komputer Mengalami Over Heat

Penyebab laptop lambat atau lemot juga bisa dikarenakan suhu processor, memori, VGA dan harddisk terlalu panas, sehingga menyebabkan menurunnya kinerja komponen – komponen komputer tersebut. Hal ini biasanya disebabkan oleh kipas pendingin laptop atau komputer yang kurang berfungsi secara maksimal atau banyaknya debu yang menempel pada komponen – komponen tersebut.

7. Temporary File Membengkak

Penyebab komputer lambat juga bisa terjadi karena temporary file terlalu banyak. Hal ini dikarenakan pada saat kita membuka sebuah program untuk mengerjakan tugas, komputer akan membuat sebuah file temporary yang tersimpan di harddisk. Semakin lama tentu file – file ini semakin banyak dan memenuhi ruang harddisk komputer yang kita miliki.

8. Masalah Yang Terjadi Pada Harddisk

Penyebab laptop lemot atau lambat juga sering terjadi karena masalah – masalah pada harddisk komputer, seperti Harddisk low space, Harddisk error / bad sector, Harddisk yang terfragmentasi dan Harddisk yang sudah lama dan rpm-nya menurun.

Itulah ulasan menganai apa penyebab laptop lambat, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya. Jangan lupa untuk share artikel – artikel dari utopicomputers ke akun media sosial yang sobat miliki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *