Harga Kabel Coaxial Lengkap Dengan Jenis Dan Fungsinya

Harga Kabel Coaxial | Pada artikel sebelumnya Utopicomputer telah memberikan ulasan mengenai macam - macam kabel jaringan serta konektornya, disitu juga disebutkan salah satu jenis kabel jaringan adalah kabel Coaxial. Secara umum jenis kabel ini banyak disebut dengan istilah kabel BNC, Coax dan ada juga yang menyebutnya dengan nama kabel sesumbu.

Kabel Coaxial juga dikenal cukup handal dalam mentransmisikan data dengan menyalurkannya melalui medan listrik. Selain itu kabel Coaxial juga dikenal sebagai kabel yang mampu membagi signal broadband atau signal berfrekuensi tinggi.

Gambar-Kabel-Coaxial

Baca Juga :

Harga Kabel Coaxial Lengkap Dengan Fungsi Dan Jenisnya

Dalam dunia jaringan komputer, fungsi kabel coaxial adalah untuk membangun sebuah jaringan yang menggunakan topologi Bus atau topologi Ring, dalam penggunaannya sobat memerlukan konektor jaringan yang disebut dengan konektor BNC. Selain itu kabel Coaxial juga banyak digunakan untuk antena televisi, kabel CCTV  dan banyak lagi yang lainnya.

Dipasaran ada beberapa jenis kabel Coaxial yang tentunya memiliki kelebihan masing - masing dengan harga yang relatif murah sekitar Rp. 5.000 - 10.000 permeternya dan dibawah ini jenis - jenis kabel Coaxial lengkap dengan harga terbaru.

Kabel Coaxial Thinnet

Jenis kabel Coaxial ini bisa disebut juga dengan Kabel RG-58, memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data sejauh 185 meter dengan Impedansi Terminator sebesar 50 Ohm. Jenis kabel Coaxial ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu mudah digunakan untuk intalasi dalam ruangan dan juga mudah untuk dihubungkan ke komputer. Apabila sobat komputer ingin mengetahui harga kabel Coaxial jenis Thinnet ini sobat dapat mengeceknya disini.

Kabel Coaxial Thicknet

Jenis kabel Coaxial ini banyak juga yang menyebut dengan Kabel RG-8, kabel ini memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data sejauh 500 meter, dengan Indepansi Terminator sebesar 50 Ohm. Apabila sobat perhatikan bentuk fisiknya, kabel Coaxial jenis Thicknet memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jenis kabel Thinnet, untuk itu kabel ini sangat cocok sekali apabila digunakan untuk Backbone Jaringan.

Sementara untuk menghubungkannya dengan komputer, sobat memerlukan Transceiver sebelum melakukannya. untuk itu dalam proses intalasinya jenis kabel ini lebih sulit apabila dibandingkan dengan jenis kabel Coaxial Thinnet. Apabila sobat komputer ingin memiliki kabel ini sobat dapat mengecek harga kabel Coaxial jenis Thicknet disini sebelum membelinya.

Dalam penggunakannya kabel Coaxial hanya mampu untuk mentransfer data dengan kecepatan 10 Mbps, hal ini menyebabkan jenis kabel ini mulai ditinggalkan untuk keperluan instalasi jaringan komputer, terlebih dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Itulah ulasan mengenai harga kabel coaxial lengkap dengan fungsi dan jenis - jenisnya, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada ulasan mengenai teknologi komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :