Apa Itu Kartu Jaringan ? Berikut Pengertian Dan Fungsi LAN Card

Fungsi Kartu Jaringan | Pada artikel sebelumnya Utopicomputers telah mengulas beberapa perangkat jaringan komputer yang sering digunakan, seperti perangkat HUB, Router, Modem dan lain sebagainya. Dan pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai pengertian kartu jaringan, sudah tau belum apa itu kartu jaringan ? bagi sobat komputer yang banyak belajar mengenai teknik komputer jaringan pastinya sudah tidak asing dengan perangkat yang satu ini, akan tetapi bagi sobat komputer yang baru belajar komputer jaringan, artikel dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi pengetahuan untuk sobat komputer sekalian. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Kartu Jaringan ? Berikut Pengertian Dan Fungsi LAN Card

Pengertian LAN Card ( Kartu Jaringan )

Kartu Jaringan merupakan sebuah perangkat jaringan yang digunakan sebagai penghubung antara komputer dengan kabel jaringan. Perangkat ini juga banyak yang menyebutnya sebagai LAN Card, NIC Card, Network Card dan juga Ethernet Card. Biasanya kartu jaringan berbentuk kartu ekspansi dan dapat dipasang pada slot PCI Mainboard komputer.

Pada perangkat LAN Card ini biasnya kita akan menemukan port jaringan dan juga lampu indikator, Port jaringan yang terdapat pada kartu jaringan jenisnya tergantung dari media transmisi yang digunakan, apabila sobat komputer menggunakan kabel UTP maka kartu jaringan yang sobat gunakan harus memiliki port RJ 45, apabila sobat komputer menggunakan kabel Coaxial maka diperlukan LAN Card dengan konektor BNC. Sedangkan apabila sobat komputer menggunakan fiber optik maka kartu jaringan yang digunakan harus memiliki port FC / SC atau port fiber yang lainnya.

Fungsi LAN Card ( Kartu Jaringan )

Secara umum fungsi kartu jaringan adalah sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan LAN dan secara spesifik fungsi LAN Card atau kartu jaringan adalah sebagai berikut :

1. Pengirim dan Penerima Data 

Fungsi kartu jaringan yang pertama adalah sebagai pengirim dan penerima data dari komputer lain, dengan adanya kartu jaringan data yang dikirim lewat kabel jaringan akan dapat diproses oleh komputer.

2. Mengubah Paket Data Paralel ke Serial

Fungsi LAN Card yang utama adalah sebagai pengubah paket data paralel ke serial dan sebaliknya, Data yang dikirim antar perangkat jaringan biasanya berbentuk data paralel, sehingga memerlukan converter agar komputer dapat dengan mudah dan cepat dalam memprosesnya.

3. Penterjemah Data kedalam Bentuk Bit

Data yang dikirim melalui media transmisi bisanya berbentuk Bit agar proses pengirimannya dapat dilakukan dengan cepat. Agar komputer dapat menerima data yang dikirim oleh perangkat jaringan lain, diperlukan sebuah penterjemah data, disinilah fungsi dari kartu jaringan diperlukan untuk menterjemahkan data dari dan kedalam bentuk bit.

Itulah ulasan mengenai apa itu LAN Card lengkap dengan fungsinya, semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi bagi sobat komputer yang belum memahami pengertian Lan Card dan juga fungsinya. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi jaringan komputer berikutnya dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini ke akun media sosial yang sobat miliki.

Saya adalah seseorang yang suka mempelajari teknologi yang berhubungan dengan komputer, seperti hardware, software, jaringan dan juga internet. Memiliki dedikasi dan komitmen tinggi untuk sebuah perubahan baik dimasa depan.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :