Apa Itu VPN ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Pengertian VPN | Memiliki sebuah jaringan komputer yang aman dan jauh dari ancaman serangan merupakan dambaan bagi banyak administrator jaringan. Hal ini memang sangat dibutuhkan karena ancaman keamanan pada sistem jaringan dan internet cukup banyak dan dapat menyerang sewaktu - waktu. Untuk itu diperlukan adanya jaringan pribadi ( Private ) yang memiliki tingkat keamanan yang cukup memadai yang dikenal dengan VPN. Apa itu VPN ? dan apa fungsi VPN ?, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai pengertian VPN lengkap dengan fungsinya. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topiknya.

Baca Juga :

Apa Itu VPN ? Berikut Pengertian dan Fungsi VPN

VPN ( Virtual Private Network ) adalah sebuah koneksi antar jaringan komputer secara pribadi dengan menggunakan jaringan internet ( jaringan public ) sebagai penghubungnya. Tujuan dari VPN sendiri untuk membuat sebuah jaringan antar gedung, kantor, secara aman dan dapat diakses secara remote. Seiring perkembangannya, dewasa ini VPN banyak dipakai untuk mengakses internet secara aman di seluruh dunia.

Secara sederhana sebelum sobat komputer mengakses sebuah website di internet, komputer sobat akan melewati server ISP dimana semua lalu lintas data akan dapat diketahui oleh ISP tersebut. Sedangkan apabila sobat komputer menggunakan VPN untuk mengakses sebuah website di internet, data yang dikirim akan di enkripsi terlebih dahulu oleh server VPN sehingga lalu lintas data hanya diketahui oleh komputer client dan server VPN. Sehingga ada beberapa alasan kenapa kita menggunakan VPN diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengekripsi aktivitas sobat pada saat mengakses sebuah halaman situs di internet.
  2. Pada saat sobat komputer menggunakan Wifi publik, sobat dapat mengakses halaman situs di internet secara aman.
  3. Aktifitas sobat dalam mengakses internet tidak dapat diketahui oleh orang lain.
  4. Lokasi pada saat sobat mengakses internet dapat disembunyikan.
  5. Konten yang di blokir pada kawasan wilayah geografis tertentu akan terbuka.

Akan tetapi penggunaan VPN juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya, beberapa kekurangan penggunaan VPN antara lain sebagai berikut :

  1. Penggunaan internet menjadi lebih lambat.
  2. VPN memiliki koneksi yang kurang stabil dibandingkan koneksi internet tanpa menggunakan VPN.
  3. Untuk menyiapkannya membutukan konfigurasi yang agak rumit.
  4. Memiliki batasan pengguna.

Dengan kata lain VPN merupakan sebuah media dalam jaringan internet untuk mengamankan koneksi yang sobat komputer lakukan, baik itu data pribadi, lokasi geografis dan lain sebagainya. Meskipun memiliki banyak kelebihan dari penggunaan VPN, kekuranggannya pun juga ada tentunya. Untuk itu penggunaan VPN perlu diperhitungkan, kapan kita perlu menggunakan VPN.

Itulah ulasan mengenai pengertian VPN lengkap dengan fungsinya, semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Jangan lupa untuk like dan share artikel dari Utopicomputers ke akun media sosial yang sobat miliki. Untuk berbagi informasi kepada teman - teman sobat. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan seputar teknologi komputer berikutnya.