Pengertian dan Macam – Macam Jenis Server di Dunia Komputer

Pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan mengulas mengenai Pengertian dan Macam - Macam Jenis Server di Dunia Komputer. sudah pernah mendengar apa itu komputer server dan apa fungsi dari komputer server itu sendiri ?. bagi sobat komputer yang sudah berkecimpung dalam dunia jaringan komputer pastinya sudah mengetahui dan sudah bisa menjabarkan pertanyaan tersebut, tetapi bagi yang masih awam ulasan berikut ini semoga bisa menambah pengetahuan sobat mengenai dunia jaringan komputer. ok kita langsung saja pada topik permasalahan.

Pengertian Komputer Server

Gambar Komputer Server

Komputer server merupakan sebuah komputer yang didesign khusus baik dari segi hardware maupun dari segi software yang digunakan sebagai penyedia layanan untuk kebutuhan akan permintaan komputer client dalam sebuah jaringan. Biasanya komputer server mempunyai tugas penting dalam jaringan komputer sebagai pengatur lalu lintas data serta penyedia resource untuk digunakan oleh komputer - komputer client.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, komputer server sendiri dituntut untuk memiliki spesifikasi hardware yang tinggi dibandingkan dengan komputer - komputer client seperti kecepatan processor, kapasitas hardisk dan juga ukuran memory yang digunakan. Tidak hanya itu, software yang digunakan harus mempunyai fitur - fitur khusus dan juga tahan terhadap serangan, baik itu dari dalam jaringan maupun dari luar jaringan.

Sistem Operasi Server

Untuk menunjang kinerja dari sebuah Komputer Server maka dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus yang memang didesign untuk server, dibawah ini adalah beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Windows

Perusahaan Microsoft mempunyai beberapa produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server. beberapa contoh produknya adalah Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, WIndows 2008 server dan Windows Server 2013

2. Novel Netware

Sistem operasi server Novel Netware merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa produknya adalah NetWare 286 2.x, NetWare 3.x, NetWare 4.x, NetWare 5.x, NetWare 6.0, NetWare 6.5 dan Open Enterprise Server

3. Mac OS

Mac Os merupakan sebuah produk unggulan dari Apple.Inc. Apple sendiri juga mempunyai produk sistem operasi server, beberpa contoh dari produk dari Apple adalah Mac OS X Server 1.0 (Rhapsody), Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server), Mac OS X Server 10.1 (Puma Server), Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server), Mac OS X Server 10.3 (Panther Server), Mac OS X Server 10.4 (Tiger Server), Mac OS X Server 10.5 (Leopard Server), Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server), Mac OS X 10.7 (Lion Server), OS X 10.8 (Mountain Lion Server), OS X 10.9 (Mavericks Server) dan OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0)

4. Linux

Produk Linux server sangat beragam, karena setiap pengembang menyediakan produk yang dikususkan untuk server, jadi disini hanya disebutkan pengembang dari sistem operasi berbasis Linux saja. beberapa contoh dari Distro Linux yang bisa sobat gunakan untuk server adalah Debian, Arch Linux, Fedora, OpenSUSE, Slackware, dan masih banyak lagi yang lain.

Itulah beberapa macam sistem operasi yang bisa sobat gunakan untuk membangun sebuah server.

Baca Juga :

Macam - Macam Jenis Server

Komputer server sendiri sebenarnya ada beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dari server itu sendiri, dibawah ini merupakan beberapa macam jenis server yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer.

1. SSH Server ( Secure Shen )

SSH Server merupakan komputer server yang dipasang sebuah aplikasi khusus sehingga kita bisa mengendalikan atau mengirimkan perintah eksekusi kepada server tersebut dari jarak jauh ( remot ). aplikasi SSH ini biasanya menggunakan port standart 21.

2. DNS ( Domain Name System )

DNS Server merupakan sebuah server yang dipasang sebuah aplikasi agar supaya dapat berfungsi untuk menterjemahkan sebuah nama domain ke IP address, jadi sobat tidak perlu mengingat nomer ip sebuah komputer, cukup mengingat nama domain dari komputer tersebut. Biasanya DNS Server menggunakan port 53 dalam pengaplikasiannya.

3. WEB Server

Web Server merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan aplikasi khusus agar bisa digunakan untuk melayani permintaan HTTP/HTTPS dari komputer client dan mengirimkan kembali data yang diminta dalam bentuk dokument html (web), Web Server juga bisa didefinisikan sebagai komputer yang berfungsi untuk menyimpan file - file halaman website. Biasanya Web Server menggunakan port 80 untuk akses menggunakan protokol http dan port 443 untuk akses menggunakan protokol https.

4. DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)

Sebuah komputer server dengan aplikasi khusus dan berfungsi untuk memanagement pengalokasian alamat IP dalam sebuah jaringan. Dengan adanya server ini sobat tidak usah melakukan pengisian alamat IP pada masing - masing komputer client, karena akan diberikan secara otomatis oleh server ini. Port yang digunakan untuk DHCP adalah port 67 atau 68.

5. Mail Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi aplikasi yang berfungsi untuk mendistribusikan file - file atau data informasi sebagai respons atau permintaan yang nantinya dapat dikirim via email, juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol). Port yang digunakan untuk Mail Server adalah 110 ( IMAP ) , 143 ( POP ) , 25, 2525 ( SMTP )untuk akses dengan protokol http, 993 ( IMAP ) , 995 ( POP ), 465 ( SMTP ) untuk akses dengan protokol https.

6. Proxy Server

Proxy server merupakan sebuah komputer atau aplikasi komputer yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan sebuah komputer dalam jaringan LAN dengan jaringan internet. Proxy server juga bisa disebut dengan istilah Gateway Server atau sebuah gerbang yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar. Tidak hanya itu, server ini juga mempunyai kemampuan untuk securty dan penyimpana riwayat halaman website yang telah sobat kunjungi sebelumnya, jadi akan menghemat penggunaan bandwith nantinya. biasanya port yang digunakan untuk proxy server adalah port 8080.

7. Samba Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi dan berfungsi untuk melayani permintaan sharing atau tukar menukar data antara dua komputer client yang berbeda sistem operasinya misalnya Linux dan Ms. WIndows. Port yang digunakan untuk Samba Server adalah 137 dan 139.

8. FTP Server

Sebuah komputer server yang digunakan untuk sharing file atau tukar menukar data pada jaringan server atau client yang support TCP/IP. port yang digunakan untuk mentranfer data menggunakan protokol FTP adalah port 21.

9. Database Server

Database server merupakan sebuah komputer dan dilengkapi dengan aplikasi yang berfungsi untuk menyediakan layanan penyimpanan Database. port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

Tips Merawat Komputer Server

Karena komputer server mempunyai tugas yang cukup berat dan biasanya bekerja selama 24 jam nonstop. Apabila sobat menjadi seorang administrator server, perawatan Komputer Server merupakan suatu hal yang tidak boleh disepelahkan, berikut ini adalah tips yang bisa sobat terapkan untuk merawat Komputer Server agar kinerjanya tetap optimal.

1. Membersihkan secara rutin dari debu dan kotoran.

2. Memperhatikan fungsi software - software dari server itu sendiri, terutama software yang berhubungan dengan keamanan.

3. Melakukan backup data dan defragmentasi file secara rutin minimal sobat lakukan seminggu sekali.

Itulah ulasan mengenai pengertian, macam - macam jenis dan fungsi komputer server serta tips merawat server yang utopicomputers bagikan, semoga ulasan tadi bisa bermanfaat bagi sobat komputer sekalian.

  Save

Artikel Terkait :

Komentar :