Hal Yang Tidak Perlu Diunggah Atau Dimasukan Di Media Sosial

Media Social | Apa yang sobat komputer unggah ke media sosial selama satu hari ini ? Apakah unggahan sobat bisa membahagiakan orang lain atau justru membuat hidup sobat berurusan dengan hukum ? Ya, sekadar foto, cuitan, atau sebuah tulisan singkat yang ada di media sosial, ternyata bisa memberikan pengaruh buruk untuk hidup sobat looo. Meskipun sobat merasakan tidak ada yang salah dengan segala hasil unggahan sobat di media sosial, nyatanya hal itu justru bisa membahayakan diri sobat. Itulah mengapa, sobat perlu menghindari mengunggah beberapa hal di media sosial. Hal - hal apa saja yang sebaiknya tidak perlu sobat unggah di media social ? Ayo, baca ulasan berikut ini:

Hal Yang Tidak Perlu Diunggah Atau Dimasukan Di Media Sosial

Aktivitas Berlibur

Melakukan aktivitas berlibur adalah dambaan semua orang. Berlibur bisa menghilangkan rasa penat dan membuat pikiran kembali bersemangat. Rasa ingin menunjukkan ekspresi kesenangan saat berlibur tentu selalu ada. Biasanya foto pemandangan, perjalanan hingga swafoto adalah aktivitas yang biasanya ditunjukkan di media sosial.

Sobat hanya perlu memiliki paket internet berkualitas seperti Telkomsel dan dengan mudah mengunggah foto-foto atau tulisan terkait liburan di media sosial. Sayangnya, jika sobat ingin melakukan hal tersebut, maka ada baiknya sobat bisa menahan diri.

Mengunggah aktivitas berlibur ternyata bisa membahayakan diri sobat dan orang - orang sekitar sobat. Pasalnya, dengan foto-foto yang menunjukkan aktivitas berlibur, orang lain bisa mengetahui aktivitas sobat secara real time. Jika ada orang yang berniat jahat, maka sobat akan terkena getahnya.

Guna menghindari hal tersebut, unggahlah aktivitas berlibur sobat ke media sosial setelah sobat benar-benar berada di rumah. Dengan begitu, orang lain tidak bisa melakukan hal buruk yang mungkin terjadi saat sobat berlibur,  seperti perampokan di rumah.

Baca juga :

Memanfaatkan Fitur Geotagging

Geotagging atau melakukan check in di media sosial ternyata juga bisa menimbulkan hal yang buruk untuk hidup sobat. Tanpa sobat sadari, internet bisa merekam lokasi yang sobat datangi dan tandai dengan geotagging di media sosial.

Sobat bisa menggunakan fitur ini pada beberapa media sosial seperti Facebook, Path, Twitter atau Instagram. Hanya dengan modal pulsa dan memiliki paket internet. Jika kamu tidak memilikinya, sobat bisa melakukan pembelian dari halaman Traveloka Indonesia atau aplikasi Traveloka, langsung dari genggamanmu.

Hanya saja, jika ada orang yang berniat jahat, maka orang tersebut bisa dengan mudah melacak lokasi dan melakukan hal yang buruk. Inilah yang menjadi alasan mengapa sobat tidak perlu melakukan check in di media sosial. Meskipun terlihat keren, tapi sobat tentu tidak menginginkan hal yang buruk terjadi, bukan?

Foto Barang Mahal

Mengunggah foto barang mahal yang baru saja dibeli, mungkin jadi aktivitas yang seru bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Ya, foto ponsel terbaru, mobil, rumah, pakaian yang sobat beli di akhir pekan, tidak perlu dipublikasikan kepada publik. Tanpa sobat sadari, hal ini bisa menunjukkan kecemburuan sosial yang bisa berdampak buruk bagi hidup sobat. Selain itu, dengan mengunggah foto-foto tersebut, sobat telah mengundang orang lain yang berniat jahat kepada sobat.

Curhat

Semenjak kehadiran Facebook dan Twitter, banyak orang mulai berani mengutarakan isi hatinya di media sosial. Isi hati dan curhat ataupun kekesalan dan keluhan terhadap seseorang atau suatu hal, bisa dengan mudah dituliskan dalam sebuah status.

Hal ini memang baik dilakukan, selama itu tidak memberikan pengaruh buruk. Misalnya, jangan menuliskan keluhan terkait pekerjaan, urusan rumah tangga, pemerintahan dan sebagainya dengan bahasa yang frontal. Hal ini justru akan merugikan diri sobat dan membawa sobat kepada proses hukum. Apakah sobat mau terlibat dalam hal-hal seperti itu?

Segala Bentuk Pelanggaran

Tentu sobat tahu jika media sosial adalah tempat untuk sobat berbagi kesenangan. Namun, pastikan sobat tidak mengunggah segala hal yang terkait dengan pelanggaran, jika ingin hidup sobat tidak berujung pada masalah. Misalnya, jangan pernah mengunggah barang bukti hasil pelanggaran, baik yang sobat atau orang lain lakukan. Hal ini bisa dengan mudah menyeret sobat ke proses hukum bahkan penjara.

Nah, itulah hal- hal yang tidak perlu diunggah di media sosial. Semakin bijak sobat menentukan apa saja yang layak dipertontonkan ke publik, maka hidup sobat akan semakin tenang dan bahagia. Tidak percaya? Yuk, coba lakukan!

Artikel Terkait :

Komentar :