Apa Itu Proxy Server ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Proxy Server | Internet bukan lagi merupakan barang mewah bagi semua kalangan, keberadaannya menjadi sebuah kebutuhan baik untuk kalangan pribadi maupun instansi. Adanya internet memberikan angin segar untuk sebuah perkembangan di segala bidang kususnya untuk pengetahuan dan pendidikan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai server proxy yang tentu erat kaintannya dengan penggunaan internet.

Apa itu proxy server ?, Bagi sebagian kalangan mungkin akan sedikit asing, karena proxy server kebanyakan digunakan oleh instansi dan penyedia layanan internet publik, untuk pengguna pribadi sangat jarang sekali menggunakan server proxy. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasan mengenai pengertian dan fungsi proxy server.

Baca Juga :

Apa Itu Proxy Server ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Server Proxy

Server proxy adalah sebuah komputer kusus yang bertugas sebagai perantara permintaan komputer client dalam melakukan reguest content - content dari intranet maupun internet. Proxy server diletakan diantara komputer client dan server internet / intranet dan biasanya bertindak sebagai pintu gerbang pada sebuah jaringan lokal.

Pada saat melakukan request, keberadaan server proxy tidak akan terlihat oleh pengguna. Mereka akan beranggapan bahwa request yang mereka lakukan langsung dikirim dari server yang ada di internet maupun intranet. Padahal request - request yang mereka minta sebelumnya terlebih dahulu di tampung dalam server proxy untuk dilakukan evaluasi dan kemudian diteruskan ke server.

Dari server, content akan dikirim ke proxy server untuk dilakukan evaluasi kembali dan kemudian diteruskan ke komputer client. Selain melakukan evaluasi, proxy server juga akan melakukan penyimpanan objek dan data untuk nanti akan dikirim langsung ke client apabila ada request yang sama, tanpa perlu mengambil lagi ke server.

Dari sini sobat komputer pasti sudah sedikit memahami apa itu server proxy dan dibawah ini kita akan ulas beberapa fungsi proxy server yang paling utama.

Fungsi Server Proxy

Bagi sebuah intansi atau penyedia layanan internet dengan jumlah client yang cukup banyak keberadaan proxy server sangan diperlukan, selain sebagai pengaman jaringan, proxy server juga dapat digunakan untuk menghemat penggunaan bandwith. Berikut ini fungsi server proxy yang utama :

1. Sharing Koneksi

Dalam sebuah perusahaan atau instansi biasanya server proxy digunakan sebagai gateway yang mampu melakukan sharing koneksi dan juga membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar atau internet. 

2. Filtering Data

Ancaman dari internet menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh administrator jaringan. Fungsi server proxy salah satunya sebagai data filtering yang mampu memfilter setiap paket data yang masuk ke jaringan lokal. Dengan adanya server proxy, serangan peretas, virus dan malware dapat diminimalisir.

3. Content Caching

Sebuah halaman situs kemungkinan besar akan sering dibuka oleh user yang ada di sebuah jaringan lokal dan tentu tidak efektif apabila halaman tersebut selalu di request dari server internet atau intranet. Fungsi proxy server disini sebagai penyimpan halaman situs yang pernah dikunjungi dalam bentuk cache, sehingga apabila halaman tersebut diakses kembali tidak perlu lagi mengambil dari server dan tentu akan menghemat penggunaan bandwith.

Itulah ulasan mengenai pengertian proxy server langkap dengan fungsi proxy server, semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi dan pengetahuan untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan mengenai teknologi internet berikutnya. Jangan lupa untuk share artikel dari Utopicomputers ke akun media sosial yang sobat punya yaaaaaa.