Apa Itu Intranet ? Berikut Adalah Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Intranet | Sebelumnya sobat komputer telah mengenai pengertian internet lengkap dengan layanan yang ditawarkan, dan pada kesempatan kali ini  Utopicomputers akan memberikan ulasan mengenai apa itu Intranet dan apa saja fungsi intranet. Apabila sobat komputer sudah banyak berkecimpung dalam dunia jaringan pastinya memahami istilah Intranet, akan tetapi bagi yang baru tentu masih bertanya - tanya bukan ?. Ok dari pada berlama - lama mari kita ulas lebih lengkap mengenai pengertian Intranet lengkap dengan fungsinya.

Apa Itu Intranet ? Berikut Adalah Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Intranet adalah sekumpulan jaringan komputer yang cukup besar dan bersifat private yang dihubungkan dengan menggunakan saluran telepon, satelit atau mode komunikasi yang lainnya. Biasanya jaringan intranet digunakan oleh sebuah instansi atau lembaga untuk membagikan informasi rahasia dalam bentuk web base kepada para pegawai atau karyawan, jadi tidak semua orang dapat mengakses intranet hanya orang - orang tertentu yang dapat mengakses intranet sebuah perusahaan atau instansi.

Bagaimana sudah memahami definisi intranet ?, apabila sobat komputer sudah memahami pengertian intranet secara umum, dibawah ini kita akan lanjut ke fungsi intranet. Fungsi intranet adalah sebuah media yang bersifat private digunakan oleh sebuah perusahaan atau instansi untuk menyebarkan atau bertukar informasi baik berupa text, gambar, audio maupun video.

Untuk membangun sebuah intranet sobat komputer harus menyediakan beberapa komponen internet baik itu hardware maupun software. seperti komputer client, server, hub, modem dan juga protokol internet seperti, http, ftp, POP, SMTP dan lain - lain.

Baca Juga :

  1. Apa Itu Jaringan Internet ? Berikut Adalah Pengertian Dan Layanannya
  2. Sejarah, Fungsi Atau Manfaat Internet Dalam Kehidupan
  3. Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Internet Bagi Masyarakat

Penggunaan Intranet

Pada tahun 1995 pertama kali intranet diperkenalkan kepada publik oleh beberapa penyedia jasa layanan jaringan dengan tujuan untuk mempermudah sebuah perusahaan atau instansi untuk menyebarkan informasi para karyawan tanpa kuatir terhadap keamanan informasi yang dikirim. Intranet sendiri telah menggunakan standart komunikasi layaknya internet, jadi fasilitas - fasilitas yang ditawarkan mirip dengan internet tetapi yang membedakan adalah hak akses terhadap layanan ini yang terbatas, hanya orang - orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

Di sebuah perusahaan atau instansi sendiri, intranet biasanya dikolaborasikan dengan sebuah aplikasi berbasis jaringan atau web, sehingga antara karyawan satu dengan yang lainnya dapat menggunakan secara bersama - sama walaupun mereka berada di wilayah yang berbeda. Selain itu banyak juga perusahaan dan instansi yang menggunakan intranet untuk telekonferensi yang memungkinkan karyawan perusahaan atau instansi bisa melakukan rapat tanpa bertatap muka secara langsung.

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu intranet dan fungsi intranet bagi perusahaan atau instansi, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada ulasan teknologi komputer berikutnya.

 

Artikel Terkait :

Komentar :