Cara Menggunakan OK Google Bahasa Indonesia

OK Google Bahasa Indonesia | Hadirnya Google Asisten memberikan kemudahan bagi para pengguna smartphone, tak terkecuali bagi kita yang ada di Indonesia. Hadirnya Google Asisten terbaru yang sudah support dengan bahasa Indonesia dapat kita gunakan hanya dengan memberikan perintah " OK Google, ........... " pada smartphone kita, dan Google akan memberikan informasi yang akan kita butuhkan.

Lalu bagaimana cara menggunakan OK Google bahasa Indonesia ?, apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa menggunakan layanan ini ?. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan lengkap untuk sobat komputer dimanapun berada. Ok dari pada berlama - lama, mari langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Cara Menggunakan OK Google Bahasa Indonesia

Hal pertama yang perlu sobat komputer siapkan untuk dapat menggunakan layanan OK Google bahasa Indonesia adalah menyiapkan perangkat smartphone dengan OS minimal Android 5.0 atau iOS 9.1. Jangan lupa untuk mengupdate aplikasi "Google Search". Kemudian sobat komputer tinggal mengkonfigurasi setelan bahasa ke settingan Bahasa Indonesia agar dapat menggunakan layanan OK Google Indonesia.

Apabila semua sudah sobat lakukan, sobat komputer sudah dapat menggunakan layanan OK Google bahasa Indonesia dengan cara menekan dan menahan tombol " Home ", kemudian ucapkan perintah " OK Google " pada smartphone yang sobat miliki. Lanjutkan dengan mengucapkan kata kunci pencarian dalam bahasa Indonesia, maka Google Asisten akan menjawabnya dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Lalu apa saja yang perlu sobat lakukan apabila perintah OK Google Bahasa Indonesia tidak dapat berkerja pada perangkat smartphone yang sobat miliki ?. 

Hal pertama yang sobat lakukan adalah mengecek fungsi microphone pada perangkat smartphone yang sobat miliki. Pastikan bahwa microphone pada smartphone dapat berkerja dengan baik dan dapat digunakan untuk merekam suara. Apabila sobat komputer menemukan microphone dalam keadaan kotor, bersihkan microphone di smartphone sobat dengan menggunakan kapas atau cotton bud.

Cek pengaturan Bahasa, pengaturan bahasa dapat sobat lakukan dengan menekan tombol " Setting " => " Google " => " Tab Service " Kemudian menu " Search " => " Voice " pilih option " Language ". Pilih bahasa utama dan bahasa cadangan yang digunakan untuk mengaktifkan layanan Google Asisten.

Hal lain yang bisa menyebabkan layanan OK Google bahasa Indonesia tidak dapat digunakan adalah terjadinya crash antara aplikasi Google Asisten dengan aplikasi Voice lainnya, salah satu contoh aplikasi S Voice. Agar aplikasi Google Asisten dapat berfungsi dengan baik nonaktifkan aplikasi Voice lain selain Google Asisten pada perangkat smartphone yang sobat miliki. 

Apabila cara - cara diatas belum juga mengatasi permasalahan, sobat komputer dapat melakukan reset konfigurasi Google Asisten dengan menekan menu " Google " => " Setting " => " Search " => " Voice ", selanjutnya pilih " OK Google " Detection atau Voice Match. Aktifkan toggle " Say OK Google any time " dengan ini sobat akan diarahkan ke pengaturan awal Google Asisten.

Itulah ulasan menganai cara menggunakan OK Google bahasa Indonesia, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya. Jangan lupa untuk mendaftar NewsLatter di Utopicomputers untuk berlangganan artikel terbaru dari situs ini.