Apa Itu Flashdisk ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Flashdisk | Di era teknologi seperti sekarang ini, perkembangan komputer tidak hanya tertuju pada perangkat utama, seperti software aplikasi, sistem operasi, processor, memori RAM dan perangkat utama lainnya. Akan tetapi beberapa media penyimpanan baik itu internal maupun eksternal juga telah mengalami kemajuan yang cukup pesat, salah satu media penyimpanan external yang cukup populer sekarang ini adalah Flashdisk. Apa itu Flashdisk ? dan apa fungsi dari Flashdisk ?

Pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan review mengenai pengertian Flashdisk dan fungsi Flashdisk itu sendiri. Ok dari pada kita berlama - lama, yuk kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Flashdisk ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Gambar-Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah media penyimpanan portable yang menggunakan port USB untuk menghubungkannya dengan perangkat komputer. Perangkat penyimpanan ini cukup kecil karena didalamnya hanya menggunakan chip sebagai komponen penyimpanannya, akan tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, sehingga sangat simpel untuk kita bawa dan kita gunakan.

Tidak seperti Harddisk, Diskket, dan Compact Disk. Flashdisk tidak menggunakan komponen mekanik, semua komponen didalam Flashdisk bekerja menggunakan komponen digital elektrik, sehingga ukuran dari Flashdisk dapat dibuat lebih kecil dari pada Harddisk. Selain itu Flashdisk juga sangat efektif dan efisien untuk kita gunakan, hal ini dikarenakan data yang kita simpan di dalam Flashdisk dapat kita rubah setiap saat dengan cukup mudah.

Fungsi Flashdisk

Secara umum fungsi Flashdisk banyak digunakan sebagai media penyimpanan data external, walaupun ada juga pengguna komputer yang menggunakan Flashdisk untuk menjalankan aplikasi portable dan sebagai alat untuk menginstall sistem operasi komputer. Fungsi Flashdisk juga tidak hanya terbatas pada perangkat komputer dan laptop. Sobat juga dapat menghubungkan Flashdisk dengan perangkat smartphone dan juga musik player untuk membuka data dan memutar koleksi lagu atau film favorit sobat.

Kalau sobat ingat, di era tahun 1990 an, pengguna komputer masih banyak yang menggunakan Disket dan Compact Disk untuk penyimpanan eksternal, walaupun pada masa itu Flashdisk sendiri sebenarnya sudah ditemukan. Penemu Flashdisk merupakan ilmuwan dari negeri sakura bernama Fujio Masuoka. Pada bulan April 1987 Fujio Masuoka memperkenalkan NAND-type flash memory yang merupakan cikal bakal perangkat penyimpanan Flashdisk.

Awalnya perangkat Flashdisk dibuat dengan kapasitas penyimpanan 4 Mbit dan digunakan untuk media penyimpanan kamera digital. Seiring dengan perkembangannya Flashdisk telah mengalami peningkatan tidak hanya dari segi kapasitas penyimpanan tapi juga dari segi design dan ukurannya. Saat ini keberadaan Flashdisk sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kita, banyak dari pengguna komputer yang menggunakan Flashdisk untuk menyimpan data - data penting yang dimiliki.

Bahkan keberadaan Flashdisk sendiri telah menggeser kepopuleran Disket dan Compact Disk yang dulu banyak digunakan. Kapasitas penyimpanan Flashdisk sendiri semakin hari semakin berkembang, banyak dari produsen Flashdisk terkemuka mengembangkan dan memproduksi Flashdisk dengan kapasitas hingga 64 GB bahkan ada juga yang mencapai 128 GB. Dari segi harga, bisa dibilang harga dari Flashdisk tergolong cukup murah dibandingkan dengan perangkat penyimpanan ekternal lain yang memerlukan Drive khusus untuk dapat menggunakannya.

Itulah ulasan mengenai pengertian Flashdisk dan fungsinya, untuk sobat komputer yang belum mengetahui apa itu Flashdisk ? dan apa fungsi Flashdisk itu sendiri. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :