Download Resetter Printer Epson L360 Dan Cara Meresetnya

Download Ressetter Epson L360 | Epson L360 merupakan produk printer yang banyak diminati oleh pengguna rumah sampai dengan kantor. Printer ini merupakan salah satu dari Epson generasi L Series ke tiga yang dipasarkan di Indonesia. Printer Epson L360 banyak diminati karena kehandalan, kualitas dan kecepatan untuk mencetak dokument yang tidak perlu diragukan lagi.

Tetapi harap dimaklumi, barang elektronik pastinya mempunyai masa pemakaian yang harus sobat komputer perhatikan, dan biasanya masalah yang ditemukan pada printer Epson L360 adalah Blinking yang ditandai dengan lampu indikator selalu menyala orange dan printer tidak bisa digunakan untuk melakukan proses cetak.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan mengenai cara reset Epson L360 baik secara manual dan juga menggunakan software. Untuk lebih jelasnya yuk kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga : 

Download Resetter Printer Epson L360 Dan Cara Meresetnya

Sebelum sobat komputer download resetter epson L360 dan kemudian melakukan reset printer, ada beberapa hal yang pelu sobak komputer cek terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencari permasalahan utama printer Epson L 360 mengalami error, bisa jadi permasalahannya tidak perlu melakukan cara reset Epson L360. Adapun beberapa hal yang perlu sobat cek adalah sebagai berikut.

  • Cek tinta, sebelum melakukan reset printer epson L360 ini, pastikan tinta tidak habis. Apabila tinta habis, sobat komputer dapat mengisi terlebih dahulu tinta pada printer Epson L360 yang sobat miliki.
  • Cek cartridge printer, pastikan pemasangannya sudah benar dan tidak ada kotoran yang menempel. Apabila sobat komputer menemukan adanya kotoran yang menempel segera untuk membersikannya, karene cartridge yang kotor akan menyebabkan tidak terdeteksi dan biasanya ditandai dengan blinking.
  • Cek roller printer, pastikan tidak ada kerta yang terjepit pada roller printer epson L360 yang sobat miliki. Adanya kerta yang terjepit juga menyebabkan printer blinking,
  • Cek kabel USB. Sebelum mempraktekan cara reset printer Epson L360 ini, sobat juga perlu untuk mengecek kondisi kabel USB yang menghubungkan komputer dengan printer.

Apabila sobat komputer sudah memastikan bahwa hal - hal diatas aman, tetapi printer Epson L360 yang sobat miliki masih mengalami error, saatnya sobat komputer melakukan reset printer Epson L360. Cara ini bertujuan untuk menghapus data - data yang tersimpan pada chip Epson L360 sehingga kembali seperti pada saat pertama kali sobat membeli printer tersebut. 

Cara Reset Printer Epson L360

Untuk melakukan reset Epson L360 ini ada dua cara yang perlu sobat lakukan, yang pertama melakukannya dengan menggunakan software dan yang kedua secara manual. untuk melakukan reset menggunakan software ikuti langkah - langkah sebagai berikut.

1. Pertama sobat komputer harus download resetter epson L 360 terlebih dahulu pada link ini.

2. Hidupkan printer Epson L360 yang sobat miliki, dan hubungkan ke laptop atau komputer.

3. Kemudian extract software resetter printer Epson L360 hasil download tersebut menggunakan aplikasi Winrar.

4. Jalankan aplikasi Epson Adjustment Program, pada tampilan pertama sobat akan menemukan tombil " Particular AdjustmentMode " klik tombol tersebut.

5. Kemudian lanjutkan dengan memilih model printer, pada step ini sobat pilih model "L360", untuk port pilih "Auto selection". Lanjutkan dengan mengklik tombol OK.

6. Setelah sobat komputer melakukan hal diatas, sekarang sobat dapat melajutkan dengan memilih "Waste ink pad counter " pada list menu program. Kemudian klik tombol OK.

7. Kemudian sobat akan diarahkan pada tampilan seperti gambar dibawah ini. Pada step ini hal yang perlu dilakukan adalah menceklist " Main Pad Counter ". Klik tombol "Check".

8. Masih pada tampilan " Weste Ink Pad Counter ", dan ceklist " Main pad couter " masih kondisi terceklist. Klik tombol " Initialize ". Tunggu beberapa saat, akan muncul perintah untuk memastikan printer. Matikan printer dan klik tombol OK pada program.

9. Setelah itu sobat dapat menghidupkan printer Epson L360 yang sobat miliki. Apabila berhasil maka lampu indikator akan berwarna hijau. tanda bahwa printer siap untuk digunakan. Apabila belum berhasil ulangi lagi proses dari awal. Pastikan semuah sudah terpasang dengan baik.

Cara diatas adalah cara reset printer Epson L360 menggunakan software, apabila sobat kesulitan untuk melakukannya dapat menggunakan cara manual untuk reset printer Epson L360. Berikut langkah - langkahnya.

1. Pastikan printer dalam kondisi mati, cabut kabel power kurang lebih 3-5 menit. 

2. Kemudian tancapkan kabel power ke stop contact, tunggu sampai printer benar - benar menyala sempurna.

3. Tekan tombol resume dan tahan selama 5 menit kemudian lepas. Apabila sobat binggung untuk mencari tombolnya, cari tombol yang ditandai dengan logo tinta. 

4. Ulangi untuk menekan dan tahan tombol resume, dengan waktu kurang lebih 3 menit. kemudian lepaskan.

5. Setelah itu printer Epson L360 yang sobat miliki akan melakukan reset otomatis, tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.

6. Apabila berhasil, maka lampu indikatornya akan berwarna hijau, tanda bahwa printer siap untuk digunakan.

Itulah ulasan mengenai cara reset Epson L360. semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan ilmu komputer berikutnya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke akun media social yang sobat punya, agar bisa berbagi ilmu yang bermanfaat.