Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Error Atau Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Error| Selamat datang kembali di Utopicomputers. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara memperbaiki Flashdisk yang rusak atau error. Mungkin sebagai dari sobat komputer yang mampir ke situs ini pernah mengalami kerusakan Flashdisk yang sobat miliki. Hal ini memang menjengkelkan apalagi dalam Flashdisk tersebut ada beberapa data yang cukup penting. Beberapa kasus kerusakan Flashdisk terjadi dikarenakan kecerobohan dalam menggunakan perangkat tersebut seperti langsung cabut dari komputer tanpa melakukan prosedur yang benar. Selain itu kerusakan Flashdisk juga bisa disebabkan oleh inveksi virus yang ada pada komputer sobat. Dan untuk memperbaikinya artikel mengenai cara memperbaiki Flashdisk yang error atau rusak ini mungkin dapat membantu sobat. Ok kita langsung pada topik masalahnya.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Atau Error

Menggunakan Tools Computer Management

Cara memperbaiki Flashdisk yang rusak dengan menggunakan tools computer management tergolong simple, karena tools ini sudah terpasang pada komputer sobat yang terinstal sistem operasi Windows. Tools ini digunakan apabila Flashdisk yang sobat punya mengalami masalah seperti Flashdisk tidak terbaca di Windows Explorer. berikut langkah melakukannya.

Tancapkan Flashdisk pada USB komputer yang sobat punya, kemudian sobat dapat menjalankan program RUN, kemudian ketikan compmgm.msc lanjutkan dengan menekan tombol Enter. Setelah program computer management muncul sobat dapat memilih storage dan kemudian pilih disk management.

Disini sobat dapat menemukan komputer telah mendeteksi flashdisk yang error tersebut, kemudian sobat dapat melakukan klik kanan kemudian pilih create partition dan klik Format. Setelah proses selesai Flasdisk yang error tadi sudah siap digunakan.

Cara memperbaiki Flashdisk yang error dengan Tools Computer Management ini mempunyai kekurangan yakni data yang tersimpan akan terhapus semua.

Menghapus Write Protected

Cara memperbaiki Flashdisk yang rusak yang satu ini dapat dilakukan apabila Flashdisk yang sobat memiliki tidak dapat diformat. Apabila sobat mengalaminya sobat dapat menghapus file Write Protected yang tersimpan pada flashdisk sobat. Caranya adalah ?

Jalankan Program RUN dengan menekan tobol windows + R, setelah itu ketikan Regedit pada kolom Program RUN dan tekan enter. Dari sini sobat akan menemukan aplikasi Registry Editor, kemudian sobat dapat memilih menu Edit dan pilih Find ( Bisa juga menggunakan tombol CTRL + F pada keyboad ). ketikan write protected pada kolom pencarian dan klik tombol Find Next. Setelah sobat menemukan file write protected sobat dapat menghapusnya dengan menu Edit pilih Delete.

Setelah proses selesai sobat dapat merestart komputer atau laptop sobat, dan temukan perbedaanya.

Baca Juga :

Cek Disk Dengan Command Prompt

Cara memperbaiki Flashdisk yang error yang satu ini terbilang simple dan terbukti dapat mengatasi kerusakan pada Flashdisk, bagaimana caranya ?. Hal pertama yang dapat sobat lakukan adalah menekan tombol Windows + R ( menjalankah program RUN ) kemudian ketik cmd dan tekan Enter. setelah itu sobat komputer dapat membuka posisi direktory Flashdisk ( Apabila Flashdisk berada di F ketikan F: pada command prompt ). Perintah selanjutnya yang sobat jalankan adalah chkdsk/f dan tekan Enter, Dari sini sobat akan mendapatkan peringatan dari komputer Y/N, sobat ketikan saja Y. Tunggu sampai proses selesai dan kemudaian komputer akan melakukan restart. Apabila berhasil flashdisk sobat akan dapat digunakan kembali. Itulah beberapa cara memperbaiki Flashdisk yang rusak atau error, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada.  

Artikel Terkait :

Komentar :