Perbedaan Jaringan Komputer Peer To Peer Dan Client Server

Jaringan Komputer Peer To Peer Dan Client Server | Di dalam teknologi jaringan komputer kebutuhan akan design sebuah jaringan memang sangat diperlukan untuk menunjang kemudahan dalam penggunaan dari komputer itu sendiri, hal tersebut juga perlu pertimbangan dari aspek biaya untuk mendesign dan membuat sebuah jaringan komputer yang cocok dengan kebutuhan sobat komputer sekalian.

Kalau sebelumnya utopicomputer sudah mengulas mengenai Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer, Pada kesempatan kali ini utopicomputer akan mengulas mengenai jaringan komputer berdasarkan fungsinya, dimana jaringan tersebut dibedakan menjadi dua yaitu jaringan komputer Peer To Peer Dan Client Server. penerapan jenis jaringan pun bisa sobat temukan baik di instansi sekolah, perusahaan, pemerintahan maupun jaringan komputer yang ada di rumah - rumah. diharapkan nantinya sobat komputer dapat memilih jenis jaringan apa yang nantinya cocok untuk sobat. ok kita langsung saja ke pokok permasalahan.

Jaringan Komputer Peer To Peer Dan Client Server

1. Jaringan Peer To Peer

Pengertian dari jaringan Peer to Peer atau bisa disebut dengan Peer-to-peer network itu sendiri merupakan sebuah jaringan yang didalamnya terdiri dari beberapa komputer dan biasanya jaringan jenis ini hanya terdiri tidak lebih dari 10 komputer serta 1 atau 2 printer. dalam sebuah jaringan peer to peer tidak ada komputer yang difungsikan khusus misalnya salah satu digunakan sebagai server dan yang lainnya di gunakan sebagai client, sistem jaringannya pun hanya mengutamaan pada penggunaan program, printer atau data secara bersama - sama. setiap user bertanggung jawab terhadap resource komputer mereka dengan cara pembuatan nama user, membuatan shere data dan juga memberi ijin untuk mengakses data yang di shere tersebut. tiap - tiap user juga bertanggung jawab mengenai backup data pada masing - masing komputer yang mereka pegang.

Berikut ini adalah contoh gambar dari jaringan peer to peer

Apabila sobat komputer mempunyai beberapa komputer di rumah sobat jenis jaringan ini sangat cocok sekali digunakan, selain cara pembuatanya yang mudah, untuk perawatanyapun juga sangat gampang dilakukan. sobat tinggal menyediakan perangkat HUB, Network Card dan kabel jaringan beserta RJ 45 nya. berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari jaringan Peer To Peer itu sendiri

Kelebihan Jaringan peer to peer :

  1. Tidak membutuhkan biaya yang besar untuk pembuatanya karena tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi.
  2. Tidak membutuhkan software server baik sistem operasi maupun aplikasinya.
  3. Tidak membutuhkan administrator khusus yang profesional untuk merawat jaringan tersebut.
  4. Kedudukan dan hak akses dari masing - masing komputer adalah sama dalam jaringan sehingga apabila terjadi gangguan dari salah satu komputer tidak mengganggu kinerja jaringan tersebut.

Kekurangan dari jaringan peer to peer :

  1. Jaringan ini tidak cocok untuk dipakai pada skala besar karena untuk pengadministrasiannya tidak terkontrol
  2. Semua mesin yang sharing resource tidak mempengaruhi performa.
  3. Perlu pelatihan kepada setiap user untuk dapat menjalankan tugas administrative
  4. Dari segi keamanan jaringan ini sangat rentan terhadap serangan dari luar tergantung dari masing - masing user untuk keamanannya.
Baca juga :

2. Jaringan Client Server

Pengertian dari jaringan Client Server sendiri merupakan sebuah jaringan yang mempunyai dua komponent utama yaitu komputer client dan komputer server.

Komputer Server sendiri merupakan sebuah komputer yang didesign khusus baik dari segi hardware maupun dari segi software, untuk memberikan layanan kepada komputer client, baik itu berupa shering data, hak akses atau juga bisa memberikan layanan multi service seperti mail serverm, file server atau web server. Komputer Client sendiri merupakan komputer yang digunakan untuk menerima layanan yang disediakan oleh komputer server, biasanya spesifikasi dari komputer client lebih rendah dari pada komputer server.

Jadi kesimpulanya adalah Jaringan Client Server merupakan sebuah jaringan di mana pada jaringan tersebut terdapat satu komputer yang didesign dan sudah didedikasikan untuk digunakan menjadi server (Dedicated-Server), dan komputer - komputer yang lainnya digunakan sebagai klien.

Berikut ini adalah gambar dari jaringan client server :

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang ada pada jaringan komputer client server.

Kelebihan Jaringan Client-Server :

  1. Layanan yang diberikan lebih baik dari pada jenis jaringan peer to peer.
  2. Untuk mengatur jaringan ini lebih mudah, karena kontrol dapat dikendalikan secara terpusat walaupun dalam sekala besar
  3. Peletakan data serta fasilitas menjadi tersentral
  4. Untuk menikatkan performa jaringan hanya dibutuhkan upgrade komputer server

Kekurangan jaringan client-server :

  1. Membutuhkan tenaga administrator yang profesional dan handal untuk merawat jaringan tersebut.
  2. Membutuhkan spesifikasi khusus yang nantinya digunakan untuk komputer server.
  3. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat jaringan ini lebih besar dari pada jaringan peer to peer.
  4. Kehandalan jaringan tergantung pada komputer server.

Bagaimana sudah tau sekarang mengenai apa itu jaringan komputer peer to peer dan apa itu jaringan client server. Dari ulasan diatas kita dapat menyimpulkan perbedaan dari kedua jenis jaringan tersebut, adapun perbedaan dari kedua jenis jaringan tersebut adalah sebagai berikut :

Perbedaan Jaringan Client Server dan Jaringan Peer to Peer

1. Jaringan Komputer Peer to Peer :

  1. Setiap pengguna dapat berhubungan ke jaringan.
  2. Penginstalan dan pemeliharaan dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat.
  3. Tingkat keamanan rendah dibandingkan dengan jenis jaringan client server.
  4. Tempat penyimpanan file tidak terpusat.
  5. Biaya operasional lebih rendah dibandingkan dengan jenis jaringan client server.
  6. Keamanan diatur oleh setiap pengguna.

2. Jaringan Komputer Client Server :

  1. Penyimpanan file terpusat.
  2. Hanya pengguna yang mendapat izin dari server yang dapat mengakses jaringan.
  3. Penginstalan dan pemeliharaan lebih rumit.
  4. Keamanan diatur secara terpusat oleh server.
  5. Tingkat keamanan dapat diatur setinggi mungkin.
  6. Biaya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jaringan client server.

Itulah ulasan mengenai jenis jaringan berdasarkan fungsinya ( Perbedaan Jaringan Komputer Peer To Peer Dan Client Server ), semoga ulasan tadi bermanfaat bagi sobat komputer sekalian, sehingga sobat bisa membangun jaringan komputer sendiri baik dirumah tempat kerja sobat, sekian ulasan dari utopicomputer terima kasih.

Save

Save

Artikel Terkait :

Komentar :