Perbedaan Gambar Vector Dan Bitmap, Apa Saja Yaaaa ?

Vektor Dan Bitmap | Selamat datang kembali disitus Utopicomputers, pada ulasan sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu vektor ? dan apa itu bitmap ?. Sebagai seseorang yang berprofesi sebagai desain grafis tentunya harus memahami kedua jenis desain tersebut, terlebih lagi mengenai perbedaannya. Hal ini perlu untuk kita kuasai agar nanti kita dapat membuat sebuah desain grafis yang cocok seperti yang kita inginkan.

Lalu apa saja perbedaan gambar vektor dan bitmap ? pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai beberapa hal yang membedakan antara keduanya. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Saja Perbedaan Gambar Vector Dan Bitmap

Gambar-Vektor-dan-Bitmap Susunan

Dilihat dari susunan yang membentuk sebuah design, gambar vektor dan bitmap memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Gambar vektor disusun dari objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis. Sedangkan pada gambar bitmap, gambar disusun dari objek yang berbentuk pixel atau titik - titik warna.

Ukuran File

Apabila dilihat dari ukuran filenya, perbedaan gambar bitmap dan vektor sangat terlihat. Gambar bitmap memiliki ukuran relatif lebih besar dibandingkan dengan gambar vektor. Jadi apabila sobat komputer menyimpan desain gambar dalam media penyimpanan seperti harddisk atau flashdisk. Gambar jenis vektor akan sedikit memakan ruang harddisk dibandingkan dengan gambar bitmap.

Kualitas Gambar Saat di Perbesar atau di Perkecil

Perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap juga bisa kita lihat dari kualitas gambar saat di perbesar dan diperkecil. Gambar vektor tidak akan berubah kualitasnya walaupun diperbesar berkali - kali lipat. Berbeda dengan gambar bitmap, apabila sobat memperbesar atau memperkecilnya, tampilan gambar akan pecah. Hal ini dikarenakan susunan yang membentuk kedua jenis gambar tersebut.

Kegunaan

Perbedaan vektor dan bitmap berikutnya bisa kita ketahui dari kegunaannya. desain vektor biasanya digunakan untuk gambar - gambar yang bersifat ilustrasi, sedangkan gambar bitmap digunakan untuk gambar - gambar yang bersifat nyata.

Sifat

Perbedaan gambar bitmap dan gambar vektor juga dapat kita ketahui dari sifatnya, kualitas gambar bitmap dipengaruhi oleh resolusi gambar, semakin besar resolusi gambar bitmap maka kualitas gambar akan semakin bagus. akan tetapi gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar, berapapun resolusi dari gambar vektor, gambar yang dihasilkan akan sama.

Format File

Perbedaan bitmap dan vektor berikutnya juga dapat kita lihat dari format filenya. Gambar bitmap menggunakan format file antara lain JPEG, JPG, BMP, PNG, GIF dan TIFF. Sedangkan gambar vektor biasanya menggunakan format file CDR, AI, DWG, SVG dan lain - lain.

Proses Untuk Menampilkan Ke Monitor

Selain beberapa hal diatas, perbedaan lain dari gambar vektor dan bitmap juga dapat dilihat dari kecepatan proses dalam menampilkan ke layar monitor. Gambar vektor memiliki proses yang lebih lama untuk ditampilkan ke layar monitor dibandingkan dengan gambar bitmap. Hal ini karena susunan gambar yang banyak memakan ruang memori RAM pada komputer.

Itulah ulasan mengenai beberapa perbedaan antara gambar bitmap dan gambar vektor semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan kita dalam bidang desain grafis, Ikuti terus artikel dari kami jangan lupa untuk share artikel ini ke akun media sosial sobat yaaaa.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :