Pengertian Topologi Mesh Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Mesh | Selamat datang kembali di Utopicomputers, pada ulasan sebelumnya sobat sudah mengetahui apa itu topologi tree. dan untuk kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan mengenai topologi mesh, apa itu topologi mesh ? berikut pengertian topologi mesh serta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian topologi jaringan mesh adalah sebuah bentuk koneksi antar perangkat dimana masing - masing perangkat terhubung langsung dengan perangkat lain yang berada dalam satu jaringan. Topologi mesh juga dapat sobat sebut dengan nama topologi jala.

Pada topologi mesh perangkat - perangkat yang terhubung ke jaringan dapat berkomunikasi secara langsung ( dedicated links ), hal ini memungkinkan proses pengiriman data akan berjalan lebih cepat untuk dilakukan. Untuk itu topologi jaringan mesh dapat sobat komputer gunakan untuk membangun jaringan yang tidak terlalu besar.

Gambar-Topologi-Mesh

Baca Juga :

Pengertian Topologi Mesh Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Dalam pembuatan model topologi jaringan mesh ini, biasanya para teknisi akan menggunakan rumus n(n-1)/2 untuk menghitung jumlah kabel yang nanti akan digunakan. N sendiri merupakan jumlah komputer yang nantinya akan dihubungkan dalam jaringan. Sementara untuk menghitung port I/O yang ada dalam jaringan tersebut menggunakan rumus ( n - 1 ).

Sobat komputer dapat mengetahui ciri - ciri dari sebuah jaringan yang menggunakan topologi mesh, dengan melihat model dari jaringan tersebut, diataranya :

  1. Perangkat - perangkat yang dihubungkan dengan model topologi mesh akan saling terhubung satu dengan lainnya.
  2. Topologi mesh memerlukan kabel yang cukup banyak untuk menghubungkan node satu dengan yang lainnya.
  3. Setiap node pada topologi jaringan mesh memiliki 2 port input / output.
  4. Konfigurasi pada setiap node berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Itulah ciri - ciri topologi mesh yang dapat sobat gunakan untuk menganalisis sebuah jaringan komputer.

Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Mesh

Pada setiap model topologi jaringan pasti memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya, Dibawah ini akan diuraikan mengenai kelebihan dan kekurangan topologi jaringan mesh.

Kelebihan Topologi Mesh

  1. Komunikasi data lebih cepat, hal ini dikarenakan topologi ini memiliki hubungan langsung antara perangkat satu dengan yang lainnya.
  2. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu node, tidak berpengaruh pada node - node yang lainnya.
  3. Keamanan dalam pengiriman data lebih terjamin, karena dalam proses pengirimannya terjadi secara langsung.
  4. Apabila terjadi kerusakan pada jaringan, akan dapat diidentifikasi dengan mudah.

Itulah beberapa kelebihan topologi mesh, sehingga topologi ini patut untuk dijadikan pilahan dalam membuat sebuah sistem jaringan komputer.

Kekurangan Topologi Mesh

  1. Untuk membuat sebuah jaringan komputer dengan menggunakan model topologi jaringan mesh, akan membutuhkan jumlah kabel dan port I/O yang banyak.
  2. Untuk instalasi dan mengkonfigurasi jaringan lebih sulit dibandingkan dengan model topologi jaringan yang lain.
  3. Memerlukan ruang yang lebih besar untuk membangun sebuah jaringan komputer dengan topologi mesh.

Itulah beberapa kekurangan topologi jaringan mesh, sehingga dapat menjadi pertimbangan sebelum membangun sistem jaringan komputer dengan menggunakan model topologi mesh.

Itulah ulasan mengenai topologi jaringan mesh lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk dijadikan referensi. Sampai jumpa lagi pada ulasan teknologi komputer berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :