Pengertian Dan Bagian Motherboard Serta Produsen Merek Mainboard Terbaik

Pernahkah sobat komputer mendengar istilah Mainboard atau Motherboard ?. Bagi sobat yang sudah banyak berkecimpung di dunia komputer, pastinya tidak asing dengan istilah tersebut. Dan kali ini utopicomputers akan mengulas mengenai komponent komputer yang satu ini, mulai dari pengertian, fungsi serta daftar merek Motherboard terbaik yang ada di pasaran. ok, dari pada berlama - lama mari kita ulas satu persatu.

Pengertian dan Fungsi Motherboard

Motherboard atau bisa juga dibilang mainboard merupakan sebuah papan utama yang digunakan untuk meletakan dan menghubungkan komponent - komponent komputer. Misalnya, memory, processor, VGA, LAN Card dan lain - lain. Didalam Motherboard terdapat beberapa chip yang berfungsi untuk mengontrol lalu lintas data pada Motherboard itu sendiri.

Motherboard memiliki bagian - bagian yang mendukung fungsi dari Motherboard itu sendiri, bagian -  bagian tersebut dikelompokan menjadi dua yaitu bagian input dan output biasa disingkat I/O, yang kesemuanya berbentuk socket dan slot. beberapa contoh dari socket dan slot yang ada didalam Motherboard antara lain socket processor, slot memory, slot peripheral, konektor IDE, Port I/O dan lain - lain. Dari kesemuanya tersusun dalam sebuah papan yang disebut Motherboad ini.

Bagian - Bagian Motherboard

1. Socket CPU

Soket Processor digunakan untuk meletakan processor pada motherboard, soket ini terdiri dari banyak pin - pin yang berjajar dengan rapi. Bagian motherboard yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting terhadap lalu lintas data yang baerjalan didalam sebuah perangkat komputer. terdapat bermacam - macam jenis socket CPU yang sekarang ini ada diantaranya DIP, PLCC, Socket 1 - 8, Super Socket 7, Slot 1 - 2, Socket 463 / Socket NexGen, Socket 587, Socket A, Socket B, Socket 370, Socket 462/ Socket A, Socket 423, Socket 478/Socket N, Socket 495, PAC418, Socket 603, PAC611, Socket S1, Socket 754, Socket 940, Socket 479, Socket 939, LGA 775/Socket T, Socket 563, Socket M, LGA 771/Socket J, Socket S1, Socket AM2, Socket F/ , Socket L (Socket 1207FX), Socket AM2+, Socket P, Socket 441, LGA 1366 / Socket B, rPGA 988A/Socket G1, Socket AM3, LGA 1156/Socket H , Socket G34, Socket C32, LGA 1248, LGA 1567, LGA 1155/Socket H2, LGA 2011/Socket R, rPGA 988B/Socket G2, Socket FM1, Socket AM3+, Socket FM2, LGA 1150/Socket H3 dan Socket G3/ Socket G3, banyak banget ternyata yaaaaaaa.

Hal yang perlu diperhatikan apabila sobat ingin mengganti processor dengan processor yang baru adalah sobat harus melihat jenis  socket CPU yang sobat miliki, karena apabila tidak cocok processor tidak akan bisa dipasang pada perangkat Motherboard sobat.

2. Slot RAM

Bagian Motherboard yang satu ini berfungsi untuk meletakan memori / RAM. Slot ini juga memiliki jenis - jenis yang bermacam - macam. Berdasarkan jumlah pinnya Slot Ram dibedakan menjadi FPM DRAM, EDO RAM, BEDO RAM, SD RAM, RD RAM, DDR SDRAM dan DDR ( DDR sendiri ada beberapa jenis lagi DDR 1, DDR 2, DDR 3, DDR 4 ). sama seperti socket CPU, Dalam memilih RAM sobat juga harus memperhatikan Slot RAM yang ada pada Motherboard sobat, karena apabila tidak sejenis, maka RAM yang sobat punya tidak akan bisa terpasang dan berfungsi normal.

3. Konektor IDE dan Floppy

IDE ( Integrated Device Electronics ) merupakan konektor yang digunakan untuk memasang perangkat yang mendukung konektor IDE, seperti CDRoom dan Hard Disk, sedangkan Konektor Floppy digunakan untuk memasang perangkat seperti Floppy Disk, untuk memasang komponen tersebut digunakan kabel data berbentuk lebar dan tipis.

4. Konektor SATA

SATA ( Serial ATA / Serial Advanced Technology Attachment ) merupakan konektor yang berfungsi sebagai port data, fungsinya hampir sama dengan Konektor IDE, tetapi bentuknya lebih ramping dan kecepatan transfer datanya pastinya lebih cepat dari pada Konektor IDE.

5. North Bridge Dan South Bridge Controller

North Bridge adalah sebuah Chip yang berfungsi untuk mengontrol kinerja prosesor, kartu grafis, memori utama, dan bahkan southbridge, karena itu Nord Bridge merupakan bagian Motherboard yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah komputer. Sedangkan South Bridge merupakan Chipset yang bertugas untuk mengontrol komponent - komponent lain yang tidak ditangani oleh North Bridge seperti socket IDE, USB, mengontrol mouse dan keyboard, menjembatani ISA dan PCI , dukungan Plug and Play, fitur power management dan perangkat lain.

6. Konektor Power

Konektor Power merupakan bagian dari Motherboard yang digunakan untuk menghubungkan Motherboard itu sendiri dengan PSU ( Power Supply ), ada dua jenis konektor power yang ada sekarang ini yaitu konektor tipe AT dan tipe ATX. Untuk membedakan jenis dari konektor AT dan ATX, sobat bisa melihatnya dari bentuknya, apabila konektor tersebut terpisah menjadi dua bagian berarti konektor itu termasuk jenis AT, dan apabila konektor pada Motherboard tersebut menjadi satu header berarti konektor tersebut termasuk jenis ATX.

7. Baterai CMOS

Baterai CMOS digunakan untuk mensupply daya ke Motherboard, dengan tujuan agar data waktu, tanggal serta beberapa data pengaturan penting lainnya dapat tersimpan, bahkan pada waktu komputer dimatikan, CMOS kependekan dari Complementer Metal Oxyde Semiconductor atau bisa disebut dengan BIOS CMOS.

8. Sistem Panel Connector

Sistem Panel Connector berfungsi untuk menghubungkan Motherboard dengan tombol - tombol dan lampu indikator pada casing komputer. seperti tombol power, restart, lampu power dan lampu hardisk.

9.  Slot Expansi

Slot Expansi berfungsi sebagai tempat untuk meletakan beberapa komponent tambahan pada Motherboard yang biasanya berbentuk kartu, misalnya modem, LAN Card, VGA Card dan lain sebagainya. Beberapa jenis Slot yang termasuk Slot Expansi diantaranya, ISA (Industry Standard Architecture), VESA local bus, PCI (Peripheral Component Interconnect), AGP (Accelerated Graphics Port), USB (Universal Serial Bus), 1394 dan PC Card.

10. Port I/O

Merupakan sekumpulan port yang terdapat pada Motherboard yang berfungsi sebagai jalur input / output. Port ini terbagi menjadi beberapa jenis antara lain, Port Serial / Com 1 & Com 2, Port Parallel, Port PS2, Port USB, Port VGA, Port Audio dan Port LAN.

Itulah beberapa komponen dari Motherboard berserta fungsi - fungsinya, dan dibawah ini akan kita ulas beberapa Merek dari Motherboard yang ada di pasaran saat ini.

Baca Juga :

Daftar Merek Motherboard Terbaik

1. ASUS

Merek Motherboard yang satu ini dikenal sebagai pemimpin dari produk Motherboard yang ada dipasaran Asia saat ini, yang menguasai hampir 40 % dari pangsa pasar Motherboard yang ada di Asia, dan menyandang predikat sebagai “Best Motherboard Brand” dalam kurun waktu enam tahun berturut - turut. Kestabilitas, kemampuan overclock, serta efisiensi energi, merupakan fitur unggulan dari merek Motherboard yang satu ini. markas besar Asus berada di Beitou District, Taipei, Taiwan.

2. GIGABYTE

Gigabyte Technology Co Ltd didirikan pada tahun 1986 oleh Pei-Cheng Yeh dan bermarkas di Xindian District, New Taipei City, Taiwan. Fitur utama dari Gigabyte adalah Ultra-Durable motherboards, yang memiliki design unik. Gigabyte menduduki peringkat ke-17 diajang "Taiwan's 2010 Top 20 Global Brands"

3. MSI

MSI merupakan kependekan dari Micro-Star International yang merupakan produsen motherboard asal Taiwan, berdiri pada tahun 1986 dengan markasnya berada di Distrik Zhonghei, Taipei, Taiwan. Produk - Produk MSI kebanyakan mempunyai design yang kecil dan simpel serta mempunyai kecepatan putaran FAN yang sangat tinggi. menjadikan Motherboard ini tidak mudah panas.

4. EVGA

Merupakan produsen Mainboard asal Amerika yang sekaligus produsen kartu grafis Nvidia. Didirikan pada bulan Juli 1999 dan berkantor pusatnya berada di Brea, California - Amerika. untuk masalah kinerja dari Motherboard EVGA tidak usah ditanya lagi, sangat mengagumkan. kebanyakan produk yang dihasilkan oleh EVGA mempunyai design ramping sehingga tidak banyak memakan ruang casing komputer.

5. INTEL

Dan yang terakhir ini yang bikin greget, Intel Corporation adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Santa Clara, California. Intel juga merupakan salah satu perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, berdiri pada tanggal 18 Juli 1968. Dari segi produk Motherboardnya tentunya kualitas dan performanya bisa diandalkan. Berbagai produk unggulan lain dari Intel diantaranya Bluetooth chipsets, Flash memory, Microprocessors, Motherboard, Lan Card, Handphone, Harddisk dan Processor

Itulah ulasan singkat mengenai Pengertian Dan Bagian Motherboard Serta Produsen Merek Mainboard Terbaik, semoga ulasan tadi bisa bermanfaat bagi sobat komputer sekalian.

Save

Artikel Terkait :

Komentar :