Macam – Macam Control Panel Web Hosting VPS Terbaik

Web Hosting Control Panel | Bagi sobat komputer yang masih pemula dalam menggunakan web hosting VPS akan merasa kesulitan untuk memanagement sebuah server hosting apalagi sistim operasi yang di gunakan adalah OS Linux. hal ini disebabkan karena VPS sendiri merupakan layanan hosting yang membutuhkan pengetahuan dan perintah - perintah yang sangat ribet untuk mensetup server yang kita punya. Berbeda apabila kita menggunakan layanan share hosting yang dalam penanganan server sudah disiapkan oleh penyedia layanannya dan kita tinggal menggunakannya saja.

Sebenarnya ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk bisa memanagement server VPS Linux dengan mudah. Kita hanya memerlukan beberapa perintah dasar yang digunakan untuk instalasi yaitu dengan menggunakan Panel Web Hosting. berikut ini utopicomputer akan mengulas mengenai macam - macam panel hosting untuk VPS Linux, agar sobat bisa menggunakan layanan VPS dengan mudah tentunya. Apabila sobat memasang aplikasi panel hosting, maka secara otomatis sobat juga akan memasang aplikasi Apache, PHP, MySQL, PostgreSQL, Perl, BIND (DNS) serta aplikasi pendukung lainya, yang kesemuanya itu digunakan untuk keperluan web hosting.

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan sebenarnya apa itu Panel Hosting. Panel Hosting merupakan sebuah aplikasi yang berbasis Web yang berfungsi untuk mengontrol aplikasi - aplikasi yang diperlukan untuk proses hosting sebuah website. menu - menu yang ditampilkan sudah user friendly. jadi sobat tidak perlu mengetikan perintah - perintah yang digunakan untuk memanagement atau mengadministrasi VPS Linux sobat. adapun macam - macam panel hosting untuk sistem operasi linux antara lain sebagai berikut.

Macam - Macam Control Panel Web Hosting VPS Linux Terbaik

1. Cpanel

Cpanel merupakan sebuah kontrol panel web hosting untuk sistem operasi linux, panel ini sangat mudah digunakan apalagi untuk pemula. Agar dapat menggunakannya, sobat harus mengeluarkan biaya untuk membeli lisensinya, panel hosting ini memiliki tiga struktur pengguna antara lain : Administrator, reseller ( agent ) dan pengguna. panel ini bisa sobat pasang pada distro Linux diantaranya Debian ( Serta Turunannya ), Red Had ( Serta Turunannya ) dan FreeBSD. selain itu Cpanel juga bisa digunakan untuk hosting multi domain. Apabila sobat ingin mencobanya klik disini.

2. Plesk

Plesk juga merupakan kontrol panel hosting berbayar yang tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Linux, FreeBSD dan juga Windows, panel ini juga sangat mudah digunakan dalam mengadministrasi sebuah server VPS, tetapi kekurangan dari kontrol panel ini dibandingkan dengan kontrol panel lainya adalah dari segi kecepatannya, hal ini dipengaruhi oleh banyak fitur yang disediakan pada kontrol panel Plesk. Plesk juga bisa digunakan untuk menampung file - file situs yang berbeda nama domainnya dengan cara menggunakan fitur virtual host. Untuk mencoba panel hosting ini sobat komputer bisa mengunjungi situs resminya disini.

3. ISP Config

ISP Config adalah salah satu panel hosting yang bisa didapatkan dengan gratis. Panel VPS Linux yang satu ini sudah termasuk antara lain Apache, FTP, SQL , BIND DNS, Database dan Virtual Server, ISP Config juga mendukung aplikasi web server Nginx. Selain itu panel VPS Linux ini juga dilengkapi dengan fitur multilinguage. Apabila sobat komputer mempunyai VPS dengan sistem operasi Linux seperti Debian, Open Suse, Ubuntu, CentOS dan Fedora, Panel web hosting ini bisa menjadikan pilihan yang tepat. Apabila sobat ingin mencobanya bisa mendownloadnya disini.

Baca Juga :

4. ZPanel

Zpanel juga merupakan salah satu panel hosting gratis ( Sekarang berbayar ) yang dapat digunakan untuk VPS Linux, Panel web hosting ini terbilang cukup lengkap dan juga mudah sekali digunakan. Tampilannya yang sangat simple menjadikan panel web hosting ini banyak sekali digunakan oleh banyak web master di seluruh dunia. Selain itu untuk menjalankan panel web hosting ini hanya dibutuhkan memori RAM sekitar 50Mb sampai dengan 80 Mb saja. jadi cukup ringan sekali. Apabila sobat komputer ingin menggunakannya sobat bisa mencobanya disini.

5. Sentora Panel

Web hosting control panel yang satu ini merupakan regenerasi dari Zpanel yang sudah diakuisisi oleh Hostwinds LLC. Jadi jangan heran apabila tampilannya mirip sekali dengan Zpanel. Fitur yang ada di Sentora tidak jauh beda dengan Zpanel, Beberapa fitur yang ditawarkan adalah fitur Multi Client, Quota Management, Reseller dan lain sebagainya yang sangat mendukung sekali dalam memanagement server VPS kita. Apabila sobat ingin menggunakannya sobat bisa mendownloadnya disini.

6. EHCP

Easy Hosting Control Panel merupakan panel VPS open source yang memiliki fitur tidak kalah lengkap dengan panel VPS diatas. Dan perlu diketahui bahwa EHCP merupakan panel web hosting yang pertama kali ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Beberapa fitur seperti Multi-server Dan Multi-MySQL, Auto install scripts, Automated backup/restore dan beberapa fitur lainya melengkapi panel hosting yang satu ini. Untuk mencoba EHCP sobat komputer bisa mendownloadnya disini.

7. Virtualmin

Virtualmin merupakan salah satu control panel web hosting yang cukup populer digunakan oleh Web Master di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan fitur yang ditawarkan sangat lengkap untuk memanagement server kita. Selain itu, untuk mendapatkan kita tidak dipungut biaya alias gratis dan dalam penggunaannya juga sangatlah mudah karena tampilanya yang sangat simpel. Apabila sobat komputer ingin mencoba merasakan sensasi menggunakan Virtualmin sobat bisa mendownloadnya disini.

Sebenarnya masih banyak lagi control panel yang bisa sobat gunakan oleh sobat komputer, akan tetapi ulasan ini sudah mewakili control panel yang belum diulas. Itulah ulasan mengenai control panel web hosting vps terbaik yang bisa didapat secara gratis dan berbayar, semoga ulasan diatas bisa menambah pengetahuan untuk sobat komputer sekalian.

Artikel Terkait :

Komentar :