Pengertian Cybersecurity Insurance Asuransi Untuk Komputer / Internet

Pada kesempatan kali ini utopicomputers akan mengulas mengenai pengertian Asuransi Cybersecurity,  yang merupakan produk Asuransi yang memang dikhususkan untuk mengurangi kerugian yang disebabkan oleh kejahatan cyber. seiring perkembangan dunia teknologi utamanya internet yang sangat tajam dan dampak - dampak yang ditimbulkan pun tidak hanya positif tetapi juga rawan dengan dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang paling ditakutkan oleh kalangan pengusaha adalah kejahatan Cyber.

Gambar Asuransi Cyber

Apa itu Kejahatan Cyber ?

Kejahatan Cyber ( Cybercrime ) merupakan tindak penyalagunaan atau perlawanan terhadap hukum dengan memanfaatkan komputer sebagai alat untuk melakukannya, tindakan ini marak sekali dilakukan terlebih dengan ketersediaan akses internet yang mudah dan murah, sehingga dapat memicu munculnya perilaku yang sangat merugikan orang lain. dengan adanya Asuransi Cybersecurity, para pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi komputer sangatlah terbantukan. gimana, keren kan ?

Pengertian Asuransi Cyber

Asuransi Cybersecurity memang dirancang untuk bisa meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh berbagai kejadian cyber, termasuk gangguan usaha, pelanggaran data, atau bisa karena disebabkan kerusakan pada jaringan. tetapi belum banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang Asuransi yang menyediakan produk Asuransi Cybersecurity. hal ini disebakan karena sulitnya menentukan premi dari Asuransi Cyber sendiri. banyak pertanyaan yang muncul karena ketidakpastian apakah organisasi yang mengajukan Asuransi akan mengalami serangan atau tidak, sampai - sampai sebuah assosiasi dari Amerika - NAIC ( National Association of Insurance Commissioners ) sangat menganjurkan kepada pihak penyedia Asuransi untuk meninjau calon nasabahnya, apakah organisasi atau perusahaan itu telah melakukan beberapa langkah mitigasi risiko, salah satu contohnya adalah memasang firewall, anti virus dan lain sebagainya.

Di Amerika Asuransi Cyber bukan merupakan hal yang baru, ini karena tingkat resiko Cybercrime yang  sangat tinggi, tetapi berbeda dengan negara - negara di Eropa yang perkembangannya tidak seperti di Amerika, tetapi bisa dipastikan kedepan negara - negara di Eropa juga akan mengarah ke arah sana, karena menaiknya tingkat kejahatan Cyber yang terjadi di negara - negara Eropa tersebut.

Beberapa tokoh IT di Indonesia memaparkan pentingnya Asuransi Cyber untuk mengurangi resiko tindak kejahatan di dunia maya, dan untuk di Indonesia sendiri memang sulit untuk mempromosikan produk Asuransi Cyber, hal ini dikarenakan tingkat kejahatan cyber di Indonesia masih belum tinggi dibandingkan dengan negara - negara di luar negeri. tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa perusahaan Asuransi telah membuat ancang - ancang untuk mengarah ke arah sini.  memang tidaklah mudah untuk menghitung bagaimana Asuransi ini dapat berjalan seperti halnya Asuransi Jiwa dan juga Export - Import, karena perkembangan dari teknologi komputer sendiri yang sangat cepat. dan untuk mempelajari mengenai acuan yang nantinya digunakan sebagai penentu produk Asuransi Cyber, ilmu dibidang komputer atau IT tidaklah cukup, sehingga beberapa perusahaan Asuransi kembali berfikir ulang bagaimana menyediakan produk Asuransi Cyber ini.

Penyedia Asuransi Cyber

Sementara ini perusahaan yang menyediakan paket Asuransi Cyber adalah (AGCS) Allianz Global Corporate & Speciality, yang merupakan perusahaan asal negara Jerman dengan menyandang predikat sebagai perusahaan jasa keuangan terbesar ke 25 versi majalah Forbes.  resiko yang bisa ditanggulangi oleh paket asuransi dari Allianz ini seperti adanya serangan peretas yang menimbulkan dampak produksi terhenti dalam kurun waktu beberapa hari, atau apabila ditemukan reputasi perusahaan terkait pencemaran dari pihak lain dengan menggunakan media teknologi IT.

Perusahaan ini berani menawarkan produk Asuransi Cyber semenjak kejadian skandal pembocoran rahasia Negara oleh Edward Snowden. tidak hanya itu perusahaan yang bergerak dalam duni Game " SONY ", juga sempat mengalami kerugian yang lebih parah, dengan kejadian pembobolan data portal online "Playstation 3" yang menyebabkan pencurian data - data pribadi dan kartu kredit para membernya.

Baca Juga :

Produk dari Allianz tidak hanya menanggulangi kerugian yang disebabkan oleh serangan dari luar, tetapi juga bisa menanggulangi kerugian yang disebabkan oleh pelanggannya sendiri, seperti hanya kerugian yang disebabkan oleh pekerja yang kurang ahli dalam bidang IT. sehingga menimbulkan kemacetan system dalam kurun waktu berhari - hari. contoh lainya adalah apabila ada perusahaan penyimpanan data penting di "Cloud Computing" kemudian data - data yang disimpan tidak dapat diakses, perusahaan ini bisa menjamin dengan mengganti jaminan yang telah dijanjikan oleh provider  Cloud Computing itu.

Untuk tinggi penawaran premi dari masing - masing perusahaan yang akan menjaminkan keamanan komputernya sangatlah berbeda, hal ini di pengaruhi oleh seberapa besar perusahaan tersebut dan seberapa besar pula sistem yang nantinya akan diamankan. akan tetapi perusahaan seperti perbankan masih belum tersentuh oleh Asuransi ini. karena mungkin produk Asuransi ini masih terbilang baru, dan sangat butuh untuk mempelajari system yang ada dalam dunia perbankan.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Cybersecurity Insurance Asuransi Untuk Komputer / Internet, semoga ulasan diatas bisa menambah pengetahuan dan informasi untuk sobat komputer sekalian.

Artikel Terkait :

Komentar :