Macam – Macam Jenis Kabel Jaringan Dan Konektornya

Jenis Kabel Jaringan | Apabila sobat komputer sering bergelut dalam dunia jaringan komputer, sobat pastinya telah mengenal mengenai macam - macam kabel jaringan dan juga konektor yang digunakan. Akan tetapi bagi sobat yang belum mengenalnya tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan review lengkap mengenai kabel jaringan dan konektor yang digunakan. Ok dari pada berlama - lama mari kita ulas lebih lengkap.

Apa itu kabel jaringan ?, pengertian kabel jaringan adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan satu dengan perangkat jaringan lainnya yang dapat dibedakan dengan karakteristiknya.

Apabila sobat bandingkan dengan menggunakan teknologi Wireless, menggunakan kabel jaringan memiliki kelebihan tersendiri, diataranya biaya yang dibutuhkan lebih murah, lebih stabil dalam mentransmisikan data walaupun dalam cuaca buruk dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi kekurangan menggunakan kabel jaringan antara lain, instalasi yang lebih lama, terlihat kurang rapi dan juga perlu perlindungan khusus agar kabel terjaga dan awet.

Baca Juga :

Macam - Macam Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Konektornya

Kabel jaringan komputer memiliki berbagai macam jenis dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, kondisi jaringan, protokol dan topologi jaringan yang digunakan. Ada 3 macam kabel jaringan yang dapat sobat gunakan untuk membangun sebuah jaringan antara lain :

Kabel Jaringan Jenis Coaxial

Jenis kabel jaringan biasanya digunakan untuk membangun jaringan dengan Topologi Bus dan Topologi Ring, dalam penggunaannya kabel Coaxial menggunakan konektor BNC dan T Conektor apabila digunakan untuk membangun topologi Bus. Kabel Coaxial terdiri dari kawat tembaga yang dilapisi oleh isolator, konduktor dan kemudian dibagian luar dari kabel jaringan Coaxial dibungkus dengan menggunakan bahan PVC.

Dewasa ini jenis kabel jaringan Coaxial telah banyak ditinggalkan, hal ini dikarenakan kabel ini memiliki jangkauan yang terbatas dalam menghantarkan paket data, selain itu kabel jaringan ini dinilai kurang flexibel dalam penggunaannya. Berkurangnya jaringan yang menggunakan topologi Bus dan Ring juga menjadi penyebab ditinggalkannya jenis kabel jaringan ini dalam membangun sebuah jaringan komputer.

Kabel Jaringan Jenis Twisted Pair

Jenis kabel jaringan ini memiliki bentuk berpasangan dan setiap pasangan saling berlilitan membentuk spiral. Secara umum kabel jaringan jenis Twisted Pair paling banyak sekali digunakan, hal ini dikarenakan banyaknya teknisi jaringan yang memilih membangun jaringan komputer dengan model topologi star, selain itu perangkat - perangkat jaringan yang diproduksi banyak sekali yang mendukung jenis kabel jaringan Twisted Pair.

Dipasaran kabel Twisted Pair memiliki tiga jenis yang dapat sobat pilih sesuai dengan kebutuhan diataranya Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ), FTP ( Foiled Twisted Pair ) dan STP ( Shielded Twisted Pair ). Sedangkan Konektor yang biasa digunakan untuk jenis kabel ini menggunakan konektor RJ 45. Dari ketiga jenis kabel Twisted Pair tersebut kabel UTP yang paling banyak digunakan, hal ini dikarenakan harga dari kabel ini cukup murah dibandingkan dengan jenis kabel Twisted Pair lainnya.

Kabel Jaringan Fiber Optik

Jenis kabel jaringan ini terdiri dari dari kumpulan serat - serat fiber yang dinilai lebih flexibel dari pada kabel Twisted Pair. Sedangkan konektor yang digunakan pada kabel jenis ini antara lain Fiber Connector, Subsciber Connector, Straight Tip, Biconic, LC, D4, SMA dan E200.  Awalnya jenis kabel jaringan ini hanya digunakan untuk keperluan - keperluan khusus salah satu contohnya untuk membangun jaringan backbone pada jaringan perusahaan - perusahaan besar. Akan tetapi seiring perkembangannya Fiber Optik digunakan juga untuk keperluan pembangunan jaringan secara umum.

Jenis kabel jaringan ini dinilai mampu untuk mentransmisikan data dengan kecapatan tinggi, selain itu fiber optik juga dinilai tahan terhadap gelombang radio sehingga dinilai sebagai jenis kabel jaringan terbaik diantara kedua jenis kabel jaringan yang ada. Akan tetapi untuk membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabel Fiber Optik, diperlukan dana yang lumayan besar, karena harga dan juga biaya instalasinya cukup mahal.

Itulah ulasan mengenai macam - macam kabel jaringan dan juga konektor yang digunakan, semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada, sampai jumpa lagi pada ulasan teknologi komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :