Insurtech Membeli Asuransi Dengan Mudah Secara Digital

  • Whatsapp

Membeli Asuransi Digital | Di Indonesia masih terdapat banyak orang yang kekurangan akses ke perbankan dan layanan jasa keuangan lainnya, termasuk asuransi. Untuk itu, insurance technology atau insurtech kini hadir mengubah industri asuransi secara radikal dan positif melalui inovasi teknologi digital. Insurtech merupakan sebuah kolaborasi antara berbagai produk asuransi dengan teknologi untuk membantu masyarakat mengakses perlindungan asuransi, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi mobil dan asuransi lainnya dengan lebih cepat, mudah dan terjangkau.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan perubahan pola perilaku konsumen, kehadiran insurtech semakin bisa mempermudah dan memperluas akses masyarakat terhadap asuransi, salah satunya asuransi jiwa.

Terkini, industri asuransi jiwa memanfaatkan platform digital mulai tampak dalam pemasaran produk asuransi yang dikaitkan investasi (PAYDI) atau unit-linked sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Banyak perusahaan asuransi jiwa juga melakukan digitalisasi layanan atau bekerja sama dengan platform digital dalam rangka mempermudah klaim. Beberapa perusahaan juga melakukan peningkatan orientasi kesehatan nasabah secara online lewat konsultasi. Bagi Sobat komputer yang tertarik untuk asuransi jiwa, kunjungi Lifepal sekarang, marketplace asuransi terlengkap dan terbesar di Indonesia.

Baca Juga

Cakupan dalam Insurtech

Penyelenggara insurtech terdiri dari lembaga jasa keuangan dan atau pihak lain yang melakukan kegiatan di sektor jasa keuangan, berbentuk badan hukum berupa perseroan terbatas atau koperasi. Kebanyakan insurtech yang telah aktif berperan, didominasi marketplace atau aggregator, intermediary seperti broker atau agent, juga perusahaan asuransi yang telah menggelar layanan digital.

Dengan insurtech dan digitalisasi, perusahaan asuransi dapat memberikan akses yang luas ke masyarakat, menyediakan produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan, serta meningkatkan literasi keuangan dan asuransi masyarakat.

Manfaat Insurtech

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa masyarakat dapatkan dari insurtech:

  1. Mendapatkan akses asuransi yang lebih mudah

Lewat insurtech, akses terhadap produk perlindungan asuransi jadi lebih mudah. Pelanggan cukup mengunduh aplikasi yang disediakan oleh pengembang untuk memilih beragam proteksi yang dituju sesuai dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing.

  1. Premi relatif terjangkau

Lewat platform digital satu ini, pelanggan juga bisa memilih paket asuransi sesuai dengan kemampuan. Sehingga, Sobat komputer bisa menikmati manfaat(benefit) dari perlindungan asuransi dengan harga lebih terjangkau.

  1. Proses klaim lebih mudah

Sobat akan lebih dipermudah untuk melakukan proses klaim asuransi jika sewaktu-waktu hal buruk menimpa Sobat atau keluarga. Pasalnya, insurtech memiliki kapabilitas membantu pelanggan melakukan klaim asuransi kepada provider yang digunakan. Jika terdapat dokumen yang kurang, cukup melengkapi dokumen tersebut dan sisanya akan dibantu oleh tim yang berpengalaman.

  1. Memiliki mitra yang terpercaya dan handal

Menggunakan insurtech, maka Sobat akan dilayani oleh para mitra atau agen yang berkompeten di bidangnya. Dengan begitu, kalau suatu saat konsumen membutuhkan informasi mengenai polis yang dimiliki, para mitra agen siap memberikan informasi dengan lengkap.

  1. Meningkatkan literasi keuangan

Insurtech berperan untuk meningkatkan literasi masyarakat bukan hanya di bidang asuransi, melainkan juga di bidang finansial.

Cara Kerja Insurtech

Terdapat berbagai pilihan jenis asuransi. Ada asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi jiwa, asuransi properti, asuransi perjalanan, dan sebagainya. Calon nasabah hanya perlu mengisi data diri secara online, lalu klik bandingkan untuk mendapatkan berbagai pilihan asuransi yang manfaatnya dapat sesuai dengan kebutuhan calon nasabah. Setelah itu, polis asuransi akan dikirimkan melalui email secara langsung setelah melakukan pembayaran.

Dapat dikatakan, konsep pembelian asuransi ini mirip dengan konsep pembelian tiket atau hotel secara online. Namun, yang namanya asuransi tentu akan selalu ada premi yang perlu dibayarkan tiap bulannya sesuai dengan ketentuan yang disetujui. Besar premi ini disesuaikan dengan jenis, waktu, dan besar perjanjian uang pertanggungan yang akan diberikan nantinya.

Ingat ya, jangan sampai Sobat lupa untuk membayar preminya karena jika terjadi, maka premi yang sudah dibayarkan sebelumnya akan hangus dan secara otomatis Sobat sudah tidak terdaftar lagi pada asuransi tersebut. Selain itu, buat perencanaan keuangan dalam bentuk anggaran yang dibuat sebulan sebelumnya agar pembayaran premi bisa dilakukan dengan lancar karena dibeli sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.