Download Software Aplikasi CBT Untuk Ujian UNBK

Download Aplikasi UNBK | Selamat datang kembali di situs Utopicomputers, apabila sebelumnya kita telah mengulas mengenai perangkat komputer yang digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer. Akan tetapi dalam pelaksanaan UNBK sendiri, sekolah tidak hanya menyiapkan perangkat komputer dan jaringan. Mereka juga perlu untuk menyiapkan beberapa software pendukung yang terinstal di komputer server ataupun client. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai software - software CBT yang digunakan pada pelaksanaan UNBK. Ok kita langsung pada topiknyanya.

Baca Juga :

Download Aplikasi CBT Untuk Ujian UNBK

Aplikasi Server UNBK

Server UNBK merupakan sebuah komputer virtual yang berjalan pada sistem operasi lain ( Windows Server, Windows 7/8, Ubuntu ). Hal ini diperlukan agar dapat mempermudah teknisi sekolah untuk mensetting komputer yang digunakan sebagai server. Selain itu keamanan dan kerahasiaan data dapat terjaga dan mengurangi kecurangan - kecurangan selama pelaksanaan UNBK.

Pihak sekolah diberikan sebuah virtual harddisk ( VHD ) yang sudah berisi aplikasi UNBK berbasis website dan sudah tersetting dengan baik. Merekan hanya perlu menyiapkan aplikasi pendukung yang terinstall baik di komputer server. Software - software UNBK yang terpasang di komputer server meliputi :

1. VM Virtual Box

Virtual Box merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah virtualisasi, Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Server UNBK merupakan sebuah komputer virtual yang dapat dibuat salah satunya dengan menggunakan aplikasi Virtual Box.  Dengan menggunakan aplikasi ini sobat dapat membuat beberapa virtual server, misalnya untuk keperluan simulasi, gladi bersih dan juga pelaksanaan ujian dengan server yang berbeda.

Selain dapat digunakan di sistem operasi windows, Virtul Box juga dapat digunakan pada sistem operasi lain seperti Mac OS, Linux dan juga Solaris. Apabila sobat komputer ingin mempunyai aplikasi Virtual Box V-5.2.0, sobat komputer dapat download aplikasi server UNBK ini disini.

Selain sobat memerlukan aplikasi server UNBK ( Virtual Box ) sobat juga membutuhkan VHD dari Kemdiknas yang dapat sobat download disini ( VHD UNBK 2018 ) Untuk dapat menjalankan pada Virtual Box gunakan password = P4ssw0rd ).

2. Browser Google Chrome

Google Chrome digunakan untuk mengakses server lokal UNBK dalam dalam bentuk web base, hal ini dikarenakan kita tidak diberikan otoritas penuh untuk mengakses sistem operasi server UNBK. Pihak Kemdiknas hanya memberikan akses kepada teknisi sekolah untuk membuka halaman web yang dilengkapi dengan fitur - fitur sinkronisasi data saja. Sobat dapat download Google Chrome Standalone disini.

Demi keamanan dan menjaga kerahasiaan, Kemdiknas tidak mengijinkan halaman sinkronisasi diakses langsung dengan menggunakan Google Chrome. Sobat perlu menggunakan aplikasi ExamBrowser Server yang sudah disetting dengan Google Chrome sebagai Browsernya.

3. ExamBrowser Server

Aplikasi UNBK yang satu ini didevelop oleh Kemdiknas sebagai alat sinkronisasi data peserta dan soal server lokal dengan server pusat. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini diperlukan software Google Chrome, karena sebenarnya software ini hanya sebagai pengunci akses data pada komputer server. Apabila sobat komputer belum menginstall aplikasi browser Google Chrome maka akan terjadi Error. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini sobat dapat download software CBT ExamBrowser Server disini.

4. NetFramework

Aplikasi UNBK ExamBrowser hanya dapat digunakan pada Sistem Operasi Windows, beberapa komputer kadang tidak bisa menjalankannya. Hal ini dikarenakan komputer yang digunakan belum terinstall NetFramework, apabila sobat komputer mengalami hal yang sama, sobat komputer perlu mengistall aplikasi NetFramework yang dapat sobat download disini.

Aplikasi Client UNBK

Selain memasang software UNBK pada komputer server, sobat yang bertugas sebagai teknisi sekolah, perlu menginstall aplikasi UNBK pada komputer Client. Adapun software aplikasi Client UNBK yang perlu diinstall adalah sebagai berikut.

1. Google Chrome

Sama seperti komputer server, pada komputer client juga perlu diinstall aplikasi browser Google Chrome, hal ini dikarenakan soal - soal ujian nantinya disajikan dalam bentuk halaman web, sehingga perlu menggunakan web browser untuk mengaksesnya. Akan tetapi tidak semua Web Browser dapat digunakan, Kemdiknas sudah mempercayakan pada aplikasi Google Chrome untuk keperluan UNBK ini. Akan tetapi untuk dapat menggunakannya sobat perlu menginstall ExamBrowser Client dari Kemdiknas untuk dapat mengakses soal - soal ujian. Sobat dapat mendownload Google Chrome Standalone disini.

2. ExamBrowser Client

Aplikasi UNBK ExamBrowser Client dibuat untuk mengakses soal - soal ujian dari sisi Client, untuk dapat menggunakannya perlu dipadukan dengan browser Google Chrome. Apabila sobat komputer ingin mensetting aplikasi ini klik setting gunakan password 123345 , arahkan browser pada direktori Google Chrome. Download aplikasi CBT Exambrowser Client disini.

3. NetFramework

Sama seperti komputer server, apabila pada komputer Client terjadi error saat menjalankan Aplikasi UNBK yang mana error tersebut disebabkan oleh belum terinstallnya aplikasi NetFramework, sobat dapat menginstall aplikasi NetFramework terlebih dahulu yang bisa sobat dapatkan disini.

Utulah ulasan mengenai software aplikasi UNBK yang dapat sobat download secara gratis, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer sekalian. Sampai jumpa lagi pada ulasan teknologi komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :