Cara Menjual Logo, Icon, Design Grafis Dan Template Presentasi Di Internet

Cara Jual Design Di Internet | Banyak sekali orang yang mampu untuk membuat sebuah design grafis atau logo yang bagus akan tetapi dari segi marketingnya tentu tidak semuah orang tau bagaimana cara bisnis design grafis yang mudah ?. Apabila sobat komputer mempunyai kemampuan dalam design grafis baik itu menggunakan CorelDraw, Photoshop, Illustrator atau bahkan Power Point, setelah membaca artikel ini sobat harus membuka kembali kemampuan tersebut dan mengasah lebih dalam lagi.

Graphicriver merupakan sebuah situs jual beli atau marketplace design yang sangat populer, disini kita dapat menjual atau membeli berbagai macam design grafis yang tentu semuanya mempunyai design yang unik dan profesional. Jadi apabila sobat mempunyai sebuah karya berupa Logo, Icon, Design Grafis maupun Template Presentasi yang dibuat secara iseng -iseng, jangan takut untuk mencoba menjajakan karya sobat disini dan meraup dollar tentunya.

Cara Menjual Logo, Icon, Design Grafis Dan Template Presentasi Di Internet

 

Untuk bisa kita menjual design di Internet melalui Graphicriver ada beberapa langkah yang harus disiapkan agar bisa di approve, Yang pertama adalah sobat harus mendaftar terlebih dahulu situs Graphicriver disini . Kemudian sobat harus menyiapkan Logo, Icon, Design Grafis ataupun Template Presentasi yang akan sobat jual. Disini akan diberi contoh untuk menyiapkan design logo yang akan kita jual yang dibuat dengan Adobe Ilustrator dan cara menjual design grafis di Internet melalui GraphicRiver.

1. Menyiapkan File Utama / Main Files

Logo yang akan dijual memiliki 1 logo utama dan 2 logo alternatif yang harus disimpan dalam file utama. Logo tersebut WAJIB disimpan dalam format files *.EPS V 10 dengan syarat sebagai berikut :

  1. Collor Setting CMYK : sobat bisa mensetingnya dengan cara Klik menu File > Document Color Mode > CMYK color.
  2. Tidak ada Open Part : Untuk mengetahuinya bisa melakukan langkah berikut. Pilih semua objek, kemudian klik Window => Document Info => Menu Objects.
  3. Hilangkan Grid dan Guides
  4. Setting Kerning ( 0 ) : caranya klik Window > Type > Character, ubah kerning auto menjadi 0
  5. Jangan Layer di Hide atau di Lock

Setelah semua sudah beres tinggal disimpan dalam format file *EPS V10. kemudian sertakan juga file alternatif yang disimpan format file *.cdr ( CorelDraw ) atau *.ai ( Illustrator ). Kedua file tersebut diletakan di file utama.

2. Menyiapkan Help Files

Untuk mempermudah pembeli apabila akan mengedit logo yang kita jual kita harus menyertakan informasi mengenai font dan link untuk mendapatkan font yang kita gunakan, simpat informasi tersebut dalam file help.txt.

3. Menyiapkan Images Preview, Thumbnail Dan Preview Image Set

Ukuran gambar yang digunakan untuk Images Preview ( lebar : 590px dan tinggi : menyesuaikan ), Thumbnail ( lebar 80 px dan tinggi 80px ) Dan Preview Image Set ( lebar 850px dan tinggi 850px ). Semua file tersebut disimpan dalam format file JPG.

4. Menyimpan Dalam Bentuk ZIP

Kemudian langkah berikutnya yang bisa sobat lakukan adalah mengkompres semua file yang telah dibuat dengan format ZIP atau RAR. Hal ini dimaksut untuk mempermudah kita dalam mengupload logo, icon atau Design Grafis yang akan kita jual nantinya. dengan susunan sebagai berikut :

Baca Juga : GIMP Aplikasi Atau Software Editing Gambar Gratis

5. Mengupload File ke GraphicRiver

Setelah sobat komputer membuat account disini sekarang sobat bisa login di GraphicRiver, Kemudian arahkan kursor ke menu username = > pilih Upload. Seperti gambar dibawah ini.

Kemudian sobat pilih kategori graphics Logo Templates dan setelah itu klik tombol next.

Tahap berikutnya adalah memasukan nama dan deskripsi graphics. Buatlah se deskriptif mungkin agar terkesan profesional informatif dan menarik. hal ini penting agar logo desing grafis yang kita buat bisa diterima untuk dijual. Untuk panduan lebih jelasnya bisa membacanya disini.

Untuk bagian files sobat bisa mengupload file satu per satu sesuai kolom yang disediakan, kemudian setelah selasai klik option untuk menyeleksi file berdasarkan typenya.

Pada bagian kategory attribut berikan informasi file sesuai dengan file yang kita buat tadi seperti contoh dibawah ini.

Tambahkan tag dan pesan kepada reviewer agar bisa design yang dijual dapat dikenali dengan cukup mudah. Setelah itu sobat klik tombol Approve.

Setelah semuanya sudah selesai tinggal berdoa saja agar design grafis yang dijual tidak di Reject. Design yang mengalami Reject diakibatkan tidak memenuhi kualitas standart di pasar Graphicriver. Jadi apabila sobat komputer mengalami penolakan tersebut perlu meningkatkan kualitas design yang sobat hasilkan.

Itulah ulasan mengenai cara menjual design di Internet, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk sobat komputer yang jago dalam design grafis, dan bagi yang belum jago bisa belajar lagi dengan penuh dengan semangat. Sampai jumpa lagi di ulasan berikutnya.

 

Artikel Terkait :

Komentar :