Cara Memperbaiki Komputer Rusak / Error ( Blue Screen Of Death ) ?

Cara Memperbaiki Komputer Error | Komputer rusak atau error ( Blue Screen ) tentu sangat menyebalkan, terlebih apabila kita sedang dikejar pekerjaan yang menumpuk. Hal ini tentu juga pernah sobat alami bukan ?. Faktor yang menyebabkan kerusakan pada komputer sebenarnya sangat beragam, seperti serangan virus, masuknya debu kedalam CPU, listrik yang tidak stabil atau juga cara penggunaan yang tidak sesuai.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan mengenai cara memperbaiki komputer rusak yang menampilkan Blue Screen pada monitor. Cara ini dapat sobat lakukan sendiri dirumah dengan menyiapkan beberapa perlengkapan seperti obeng, kuas, vacum cleaner, software diagnotic dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya. Ok dari pada berlama - lama mari kita ulas lebih lanjut.

Gambar-Komputer-Error

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Komputer Rusak / Error ( Blue Screen Of Death ) ?

Cara memperbaiki komputer Blue Screen ini membutuhkan ketelitian, karena faktor yang menyebabkan kerusakan ini sangat banyak. untuk itu sobat perlu melakukan pemeriksaan komponen - komponen dibawah ini.

Lakukan Pemeriksaan Secara Umum Pada Komputer

Cara memperbaiki komputer Blue Screen dapat sobat mulai dengan melakukan pemeriksaan secara umum. Pemeriksaan komputer secara umum dapat sobat lakukan dengan memeriksa kebersihan CPU, dan apabila terdapat banyak debu pada CPU, sobat dapat membersihkan terlebih dahulu sebelum melakukan Troubleshooting selanjutnya. Sobat dapat menggunakan alat seperti kuas, vacum cleaner dan apabila sangat diperlukan sobat dapat menyemprotkan electrical contact cleaner pada komponen - komponen CPU.

Kemudian sobat dapat melanjutkan pada pemeriksaan komponen pendingin, pastikan kipas processor, power supply dan kipas VGA berputar normal, sehingga suhunya dapat normal. Sobat juga perlu memeriksa pemasangan komponen CPU pada motherboard seperti Processor, VGA, Memori, konektor IDE / SATA dan juga konektor power Supply. Pastikan pemasangannya benar dan apabila diperlukan sobat dapat melepas dan memasangnya kembali.

Apabila sobat komputer memasang komponen baru misalnya VGA Card, sobat dapat melepasnya terlebih dahulu, untuk memastikan komponen tersebut support atau tidak pada perangkat CPU. Bisa jadi komponen itu adalah penyebab Blue Screen pada komputer sobat.

Jalankan Komputer Dengan Mode "Safe Mode "

Cara memperbaiki komputer error Blue Screen dapat sobat lakukan dengan menjalankan sistem operasi Windows pada mode " Safe Mode ". Untuk masuk pada mode " Safe Mode " sobat dapat menekan tombol F8 pada keyboard pada saat komputer booting. Setelah sobat sudah berhasil masuk pada mode " Safe Mode " sobat dapat melakukan troubleshooting berikut.

Scan Virus, Spayware Dan Malware dengan menggunakan software Anti Virus. apabila diperlukan sebelum melakukan proses scan virus, sobat dapat melakukan Uninstall program Anti Virus terlebih dahulu kemudian memasang kembali software Anti Virus terbaru, dan pastikan database engine telah diperbaharui.

Scan dengan tools Blue Screen Diagnonotic. Ada beberapa tools yang dapat sobat gunakan untuk melakukan scan, diataranya adalah perintah CHKDSK pada command prompt atau Defragmentasi Hardisk ( Untuk memeriksa kerusakan harddisk ), Windows Memory Diagnostic ( Untuk memeriksa kondisi memori komputer ), WhoCrashed atau BlueScreenView ( Untuk mengetahui penyebab Blue Screen pada komputer )

Lakukan proses Unistall pada driver yang mengalami error, sobat dapat memeriksannya dengan masuk pada jendela Computer Management = > Device Manager. Sobat dapat memeriksa apakah disana ada komponen yang ada tanda seru. Biasanya komponen yang ada tanda seru adalah komponen yang baru diinstall atau di update.

Selain itu apabila memang diperlukan sobat dapat juga melakukan proses restore dengan tools System Restore untuk mengembalikan pada settingan normal. Caranya sobat dapat mengklik Start => All Program => Accessories => System Tools => System Restore.

Melakukan Repair Sistem Operasi Windows

Cara memperbaiki kerusakan komputer Blue Screen dapat juga dilakukan dengan merepair sistem operasi Windows, hal ini dapat dilakukan apabila sobat sudah yakin tidak ada hardware yang bermasalah. Blue Screen juga dapat terjadi akibat adanya file Windows yang corrupt. Dan apabila sangat diperlukan sobat dapat juga melakukan install ulang sistem operasi Windows pada komputer sobat.

Itulah ulasan mengenai cara memperbaiki komputer rusak yang menampilkan Blue Screen pada monitor, somoga ulasan tersebut dapat bermanfaat untuk sobat komputer sekalian dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada ulasan berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :