Cara Investasi, Membeli Atau Menanam Saham Secara Online

Cara Investasi Saham | Pemanfaatan teknologi internet memang sangat luas sekali cakupannya utamanya dalam bidang bisnis, dan salah satu cara bisnis dengan menggunakan fasilitas komputer yang terhubung ke internet adalah menanam saham secara online. Pada kesempatan kali ini utopicomputers akan mengulas mengenai bisnis yang satu ini, semoga bisa menjadikan rujukan untuk sobat komputer sekalian, ok sekarang kita mulai dengan definisi dari saham itu sendiri.

Pengertian Saham sendiri adalah sebuah surat berharga yang menunjukan kepemilikan badan atau seseorang terhadap suatu perusahaan, surat berharga tersebut dikeluarkan oleh emiten atau perusahaan yang biasanya berbentuk PT ( Perseroan Terbatas ). Saham juga menunjukan bahwa seseorang yang mempunyainya merupakan pemilik dari sebagian dari perusahaan tersebut. Bentuk dari saham sendiri biasanya berupa kertas yang didalamnya menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut merupakan seseorang yang juga memiliki perusahaan yang menerbitkannya.

Untuk menunjang pengetahuan sobat sebelum berinvestasi saham, sobat komputer harus mengetahui jenis - jenis saham. Jenis saham sendiri ada dua yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa menunjukan bahwasanya pemilik surat saham tersebut merupakan pemilik sebenarnya dari perusahaan tersebut. Sementara untuk saham preferen menunjukan bahwasanya pemilik surat saham tersebut memiliki hak istimewa dalam pembayaran deviden jika dibandingkan dengan pemilik saham biasa.

Cara Investasi Atau Menanam Saham Secara Online

1. Membuka Rekening Saham

Sama seperti apabila sobat komputer ingin membuka rekening tabungan di Bank, apabila kita akan bermain saham kita terlebih dahulu harus membuat sebuah rekening. Cuman bedanya apabila kita akan membuat rekening saham kita tidak pergi ke Bank melainkan pergi ke perusahaan sekuritas atau biasanya disebut Broker / Pialang. Perlu di ingat tidak ada biaya untuk membuat rekening saham dan pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki software online tranding yang mudah digunakan, sobat hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh pihak pialang serta menyerahkan beberapa dokument yang dimita seperti fotocopy KTP, NPWP, Buku Tabungan dan 5 buah materai 6000.

2. Deposit Dana

Kemudian setelah sobat komputer selesai membuat rekening saham, biasanya perusahaan sekuritas akan mengirimkan email konfirmasi yang didalamnya berisikan data PIN, username, password dan juga nomer rekening. Setelah itu sobat bisa memasukan deposit dana investor yang bisa dilakukan melalui transfer via teller bank, internet banking atau lewat ATM.

3. Memasang Aplikasi Online Trading

Aplikasi online Trading biasanya sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat sobat komputer mendaftar rekening saham. Software ini bisa di download secara gratis dan biasanya sudah disediakan dalam versi PC ataupun mobile , jadi sobat bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan sobat. kemudian sobat bisa login dengan menggunakan ID yang telah dikirim melalui email konfirmasi. Fitur dari software online trading biasanya memuat fasilitas - fasilitas seperti melihat deposit dana, info perusahaan, pembelian saham, penjualan saham dan lain - lain.

4. Cara Jual Beli Saham

Untuk melakukan transaksi jual beli saham sobat komputer bisa melakukannya dengan mengklik menu jual / beli ( Buy / Sell ). Dan apabila sobat ingin melakukan transaksi pembelian pilih tab beli ( Buy ). kemudian masukan PIN sobat, kode saham yang akan sobat beli ( biasanya ada 4 huruf ). setelah semuanya sudah terisi kemudian sobat komputer bisa memasukan harga saham yang akan dibeli ( Pembelian minimal adalah 1 lot / 100 lembar saham ). Untuk penjualan saham sobat komputer tinggal memilih tab sell dan apabila sobat ada keuntungan dari penjualan saham tersebut, saldo akan langsung masuk pada rekening saham sobat.

Baca Juga :

Tips Jual Beli Saham

1. Menguasai Strategi

Agar sobat bisa mendapatkan untuk tentu saja sobat komputer harus menguasai strategi dalam berinvestasi saham, hal ini sangat penting karena akan menentukan kesuksesan sobat kedepannya. Strategi yang dimaksut adalah sobat harus bisa menentukan waktu yang tepat kapan sobat harus membeli dan menjual saham.

2. Melakukan Analisa

Analisa yang dimaksut disini adalah mengumpulkan beberapa informasi mengenai perusahaan seperti prospek perusahaan, profile, berita pasar modal dan juga laporan keuangan.

3. Update Informasi

Naik turunnya ekonomi di negara kita banyak berpengaruh pada naik turunnya harga saham, untuk itu sobat perlu sekali melakukan update informasi mengenai naik turunnya perekonomian di negara kita, selain itu sobat harus sering memantau nilai saham yang sobat miliki.

Itulah ulasan mengenai cara investasi, membeli atau menanam saham secara online, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

 

Artikel Terkait :

Komentar :