Bagaimana Cara Mendapatkan VPS Gratis Dari OpenShift ?

Cara Mendapatkan VPS Gratis | Mempunyai sebuah server sendiri merupakan hal yang sangat di idam - idamkan oleh banyak pemilik website, kenapa demikian ? hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa dari situs web yang mereka miliki. Akan tetapi harga sewa server sendiri cukup mahal, dan alternatifnya adalah menggunakan layanan VPS gratis dari OpenShift untuk website yang kita miliki.

Apa itu OpenShift ? OpenShift merupakan sebuah layanan cloud computing yang menyediakan berbagai macam aplikasi web seperti seperti PHP, apache2,Python, Java, MySQL, Mongodb, Postgressql, Django dan masih banyak lagi yang lain. Sehingga kita dapat menyimpan website kita dan menjalankannya disini. OpenShift sendiri dikembangkan oleh perusahaan yang cukup ternama yaitu Red Had.

Kapasitas penyimpanan yang disediakan juga lumayan bersar, untuk versi VPS gratis dari OpenShift, sobat akan mendapatkan kapasitas penyimpanan 1 GB dengan kecepatan tranfer data 25 Mb/s. ini sudah mampu untuk menampung 1500 UV/hari. Lalu bagaimana cara mendapatkan VPS gratis dari OpenShift ?. dibawah ini akan kita ulas lebih lengkapnya.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Mendapatkan VPS Gratis Dari OpenShift ?

Membuat Aplikasi di OpenShift

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mendaftar vps gratis dari OpenShift klik disini. Setelah sobat telah mendaftar layanan di OpenShift, sobat komputer akan diarahkan pada halaman aplikasi seperti gambar dibawah ini dan disini sobat dapat memulainya dengan cara membuat aplikasi baru, Klik "Create your first application now".

Kemudian sobat dapat menambahkan aplikasi PHP kedalam VPS gratis OpenShift agar nantinya dapat menjalankan halaman website yang sobat punya. Disini sobat dapat memilih versi PHP yang akan sobat komputer gunakan, karena OpenShit telah menyediakan banyak versi aplikasi PHP. Selanjutnya sobat dapat menambahkan Public Url yang nanti dapat sobat komputer gunakan untuk mengakses layanan VPS gratis dari OpenShift. lanjutkan dengan mengklik " Create Application ", Apabila ada notifikasi dari OpenShift sobat dapat melanjutkannya dengan mengklik " Not now, continue ".

Tahab berikutnya cara mendapatkan VPS gratis dari OpenShift adalah menambahkan aplikasi MySQL dan phpMyAdmin, sobat komputer dapat menambahkan aplikasi MySQL dengan mengklik " Add MySQL 5.5", dan kemudian klik "Add Cartrdige", Sementara untuk menambahkan phpMyAdmin sobat dapat mengklik "Add phpMyAdmin 4.0", lalu klik " Add Cartridge ".

Setelah proses instalasi aplikasi sudah selesai, sobat komputer akan diberikan informasi penggunaan kapasitas harddisk, user dan password MySQL pada layanan VPS gratis dari OpenShift. Untuk keperluan hosting website, ketiga aplikasi tersebut sudah cukup sobat gunakan dan tidak perlu menambahkan aplikasi yang lain, hal ini perlu diperhatikan agar penggunaan kapasitas harddisk tidak melebihi kuota.

Membuat SSH Keys OpenShift

Kemudian tahap berikutnya mengenai cara mendapatkan VPS gratis dari OpenShift adalah membuat SSH Keys, yang nantinya sobat gunakan untuk mengakses aplikasi yang sudah dibuat. Disini sobat memerlukan aplikasi tambahan pada komputer sobat yaitu Putty ( Download ), Ruby ( Download ) dan Git ( Download ). Perlu sobat ketahui dalam mengistall Ruby, sobat perlu mencentang " Add Ruby executables to your PATH ". Sementara dalam menginstall Git aktifkan "Adjust your PATH Environment " dengan cara klik " Use Git from the Windows Command Prompt ", agar nantinya dapat mengaksesnya dengan Command Prompt.

Setelah sobat telah mengistall ketiga aplikasi tersebut, saatnya untuk membuatk SSH Keys. Sobat komputer dapat menjalankan " Command Prompt " pada komputer sobat, kemudian ketikan perintah " git install rhc ". Kemudian sobat dapat login dengan menggunakan perintah " rhc setup ". Masukan alamat hostname " Enter the server hostname: |openshift.redhat.com| ".  kemudian sobat dapat memasukan alamat Email dan Password OpenShift yang sobat miliki.

Setelah itu sobat akan mendapatkan konfirmasi " Generate a token now " ketikan " Yes ", kemudian sobat akan mendapatkan konformasi lagi " Upload Now ? ", ketikan "Yes" dan tekan Enter. Tahap berikutnya adalah memasukan nama untuk key " Provide a name for this key: ".

Setelah sobat melakukan langkah - langkah tersebut sobat dapat menggenerate akun SSH Key dengan menggunakan aplikasi PuttyGen. Buka PuttyGen (All Programs/Putty). Klik Conversions => Import key. Dari sini sobat sudah mempunyai akun SSH ke OpenShift.

Login Ke VPS OpenShift

Setelah sobat komputer sudah melakukan step by step cara mendapatkan VPS gratis dari OpenShift, sekarang sobat dapat menggunakan VPS tersebut untuk keperluan hosting web. Jalankan Putty => Klik Connection/SSH/Auth, Upload private key yang tadi telah sobat generate.

Kemudian kembali ke menu Session pada Putty, masukan alamat host OpenShift sobat, klik open pada aplikasi Putty, Sekarang sobat sudah masuk ke server VPS sobat, dan memulai mengupload data - data sobat ke VPS OpenShift. Sementara untuk logi ke Phpmyadmin sobat dapat masuk di http://alamatsobat.rhcloud.com/phpmyadmin

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara mendapatkan VPS gratis dari OpenShift, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada.

Artikel Terkait :

Komentar :