Bagaimana Cara Mencegah Komputer Dari Virus Ransomware Wanna Cry ?

Virus Ransomware Wanna Cry | Pada artikel sebelumnya Utopicomputers telah mengulas mengenai apa itu virus Ransomware Wanna Cry ? dan bagaimana cara mengatasinya, Untuk melanjutkan antisipasi sobat terhadap serangan virus Ransomware Wanna Cry ini, kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan bagaimana cara mencegah komputer dari serangan virus Ransomware Wanna Cry ini.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Virus Ransomware Wannacry telah melumpuhkan sistem komputer yang ada di sejumlah Instansi di Indonesia, tidak hanya itu beberapa komputer pribadi juga tidak luput dari serangan virus yang cukup ganas saat ini. Untuk itu sobat dapat mengantisipasi penyebaran Virus Ransomware Wannacry, jangan sampai komputer sobat menjadi korban berikutnya.

Apabila sobat belum mengalami masalah pada komputer sobat akibat serangan virus Ransomware Wannacry atau sobat sudah menjadi korban keganasan dan ingin mengantisipasi agar tidak terulang kembali, artikel dibwah ini mungkin dapat dijadikan referensi sobat untuk mengantisipasi serangan Virus Ransomware Wannacry. Ok dari pada berlama - lama, kita langsung pada topik cara mencegah virus Ransomware Wanna Cry.

Baca Juga :

 

Bagaimana Cara Mencegah Komputer Dari Virus Ransomware Wanna Cry ?

Hal - hal yang perlu sobat lakukan untuk mencegah serangan virus Ransomware Wanna Cry adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan backup data secara rutin, kemudian sobat komputer simpan data backup dalam media peyimpanan external, Apabila memungkinkan sobat juga dapat melakukan enkripsi data sobat agar tidak kuatir bila nantinya data tersebut dicuri oleh orang lain.
  2. Komputer yang diserang virus Ransomware Wanna Cry adalah komputer - komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, jadi untuk mencegah komputer sobat dari serangan virus Ransomware Wanna Cry alangkah baiknya melakukan update patch atau hotfix terbaru dari Microsoft.
  3. Lihat konfigurasi perlindungan pada komputer sobat, apabila belum optimal maka konfigurasi perlindungan komputer dengan optimal, agar terhindar dari serangan virus Ransomware Wannacry ini.
  4. Berhati - hati dalam menerima dokumen attachment pada email, dan untuk mencegah komputer sobat dari serangan virus Ransomware Wanna Cry, sobat dapat cek macro pada settingan komputer sobat dan menonaktifkannya.
  5. Sobat juga dapat menambahkan Mail Security pada sistem komputerisasi yang sobat punya, untuk menghindari serangan virus Ransomware Wanna Cry tersebar melalui email.
  6. Update Antivirus sobat secara teratur, jangan lupa untuk menggunakan Antivirus premium agar dapat jaminan keamanan yang maksimal, hindari penggunaan antivirus bajakan pada komputer sobat.
  7. Aktifkan fitur Fire Wall pada komputer sobat, apabila memungkinkan gunakan pula server khusus untuk mencegah virus Ransomware Wanna Cry masuk dalam jaringan yang sobat kelola.
  8. Sobat dapat melakukan DepScant melalui sistem management Antivirus pada seluruh komputer yang sobat punya.
  9. Gunakan Sistem Operasi Linux utamanya pada komputer server untuk mencegah infeksi virus Ransomware Wanna Cry, karena virus Ransomware Wanna Cry belum mampu untuk menyerang komputer yang berbasis Linux.
  10. Untuk meminimalisir penyebaran Virus Ransomware Wannacry, alangkah baiknya sobat menonaktifkan layanan RDP connection, apabila tidak memungkinkan sobat komputer dapat membuat rules yang lebih strict.

Itulah ulasan bagaimana cara mencegah komputer dari Virus Ransomware Wanna Cry ?, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat utuk sobat komputer sekalian. Sampai jumpa lagi pada ulasan mengenai perkembangan teknologi komputer selanjutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :