Bagaimana Cara Kerja Dan Mengatasi Malware Ransomware Wannacry ?

Cara Mengatasi Malware Ransomware | Dunia teknologi sekarang ini lagi gempar dengan berita - berita kerusakan sistem komputerisasi yang dimiliki oleh instansi layanan umum. Beberapa instansi rumah sakit dan perusahaan di dunia telah diserang dengan malware Ransomware Wannacry, termasuk beberapa rumah sakit dan kantor - kantor yang ada di Indonesia juga tidak luput dari serangan virus yang satu ini.

Apa itu Ransomware Wannacry ? Ransomware Wannacry merupakan sebuah malware yang masuk dalam sebuah sistem komputerisasi dan mengenkripsi seluruh file yang ada di komputer sehinga tidak dapat dibuka oleh penggunanya. Malware ini tidak hanya menyerang komputer - komputer klien akan tetapi juga menyerang komputer - komputer server tempat menyimpan data - data penting yang dimiliki instansi yang diserang.

Sementara Malware Ransomware Wannacry menyerang komputer - komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, dan menurut informasi yang didapat Utopicomputers, malware ini masih dikembangkan untuk menyerang sistem operasi lainnya termasuk sistem operasi berbasis mobile.

Gambar-malware-Ransomware-Wannacry

Lalu bagaimana cara kerja Ransomware Wannacry ini ? dan bagaimana cara mengatasinya. dibawah ini akan diulas sedikit informasi mengenai cara kerja Ransomware Wannacry dan cara mengatasinya.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Kerja Dan Mengatasi Malware Ransomware Wannacry ?

Cara Kerja Malware Ransomware Wannacry

Apabila komputer sobat mengalami masalah - masalah dibawah ini, kemungkinan besar komputer sobat terkena Malware Ransomware Wannacry.

1. Program Dan Tools Tidak Berfungsi

Malware ini akan melumpuhkan beberapa program atau tools yang ada pada registry komputer, sehingga apabila komputer sobat mengalaminya, bisa jadi komputer sobat terinfeksi Malware Ransomware Wannacry ini.

2. Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi

Malware Ransomware Wannacry akan mematikan fungsi keyboard dan mouse sehingga sobat tidak akan bisa menggunakan perangkat I/O tersebut. Tombol keyboard yang aktif hanyalah tombol keyboard angka dan enter.

3. Adanya Pesan Peringatan

Pesan peringatan yang disampaikan oleh Malware Ransomware Wannacry adalah pengakuan bahwa yang melakukannya semuanya adalah para penegak hukum, tidak hanya itu sobat akan diminta untuk melakukan pembayaran agar supaya komputer sobat dapat terbebas dari Malware Ransomware Wannacry.

Bagaimana Cara Mengatasi Ransomware Wannacry

Untuk dapat mengatasi Malware Ransomware Wannacry ada beberapa tahapan yang sobat harus lakukan. diantaranya sebagai berikut.

1. Putus Jaringan Internet Sementara

Apabila komputer sobat diproteksi dan tidak dapat menggunakannya, hal pertama yang sobat lakukan adalah memutus jaringan internet, kemudian menghidupkan ulang komputer yang sobat gunakan.

2. Update Sistem Operasi

Malware Ransomware Wannacry sementara menyerang komputer - komputer yang menggunakan sistem operasi Windows utamnya Windows XP, jadi apabila sobat menggunakan sistem operasi Windows maka disarankan untuk melakukan update sistem operasi Windows sobat.

3. Install Aplikasi AntiMalware

Cara mengatasi Malware Ransomware Wannacry berikutnya adalah mengistall software AntiMalware, salah satu software antivirus yang mengembangkan teknologinya untuk menangkal Malware Ransomware Wannacry adalah ESET AntiVirus.

4. Waspada Dalam Membuka Situs - Situs Download

Sobat dapat menghindari tautan - tautan yang mencurigakan di Internet, dan kebanyakan tautan ini ada pada situs - situs yang membagikan software - software bajakan. Jadi sobat perlu waspada apabila mengunjungi situs - situs tersebut agar terhindar dari serangan Malware Ransomware Wannacry.

5. Lakukan Restore Data Komputer

Langkah ini diperluan apabila sobat komputer mengalami masalah pada data - data komputer sobat, sobat dapat mencoba dahulu menggunakan restore tools bawaan windows terlebih dahulu, dan apabila belum bisa diatasi, sobat dapat menggunakan software restore recovery.

Itulah ulasan mengenai cara kerja Ransomware Wannacry serta cara mengatasi Malware Ransomware Wannacry. semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer sekalian.

Artikel Terkait :

Komentar :