Asuransi Terbaik untuk Pekerja yang Menghabiskan Banyak Waktu di Depan Komputer

  • Whatsapp

Kebiasaan menatap layar komputer hingga duduk terlalu lama dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan kita. Karena itu, diperlukan asuransi kesehatan terbaik untuk kita yang mengalaminya.

Seperti diketahui, para pekerja kantoran terbiasa menatap lama dan duduk lama di depan layar monitor. Padahal, kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari itu lama-lama akan memberikan efek buruk untuk kesehatan kita. Beragam keluhan, mulai dari nyeri punggung, mudah lelah, dan pusing kerap menjadi masalah yang tidak bisa dihindari.

Belum lagi, gaya hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga menjadi penyebab pekerja kantoran mudah terserang beragam penyakit. Berikut ini adalah cara terbaik untuk Anda pekerja kantoran menghadapi kondisi tersebut:

Baca Juga :

Cek Kesehatan Secara Berkala

Menjaga kesehatan sama pentingnya merawat kendaraan pribadi setiap bulannya. Karena itu, meski tubuh sobat merasa sehat, sobat wajib mengecek kesehatan secara berkala. Bila tubuh sakit, Sobat komputer mau tidak mau harus melakukan perawatan medis demi tubuh kembali sehat untuk siap bekerja dan melakukan aktivitas harian.

Maka itu, sangat penting untuk Sobat memiliki asuransi kesehatan terbaik yang senantiasa melindungi diri sobat dari beragam risiko penyakit yang menyerang

Miliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Menjadi pekerja memang banyak risikonya. Akan tetapi, risiko tersebut dapat dihadapi dengan asuransi kesehatan terbaik yang bisa Sobat miliki. Tentu saja, asuransi jenis ini sangat cocok untuk Sobat yang berstatus sebagai karyawan.

Seperti diketahui, setiap jenis asuransi kesehatan memiliki premi hingga manfaat perlindungan yang berbeda-beda. Semakin besar manfaat hingga fasilitas yang Sobat peroleh, maka akan semakin besar pula premi yang harus dibayar.

Berikut ini  juga manfaat asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya, yang terdiri dari:

  • Asuransi rawat inap
  • Asuransi rawat jalan
  • Melahirkan
  • Kacamata
  • Gigi
  • General chek up.

Asuransi Rawat Jalan

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) asuransi rawat jalan adalah asuransi yang dapat menjadi pengganti biaya biaya pengobatan, akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan di rumah sakit (RS) atau menginap, sehingga hanya rawat jalan dan berobat jalan saja. Layanan asuransi rawat jalan umumnya berasal dari tambahan manfaat asuransi rawat inap yang sudah dimiliki.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Rawat Jalan

Berikut ini adalah hal-hal wajib diketahui untuk sobat komputer yang ingin memiliki asuransi rawat jalan:

1. Waktu pendaftaran

Waktu pendaftaran asuransi rawat jalan terbaik dilakukan ketika sobat sedang sehat. Sebaiknya jangan mendaftar asuransi rawat jalan ketika, sobat atau keluarga yang didaftarkan, tengah sedang mengalami sakit atau kondisi kesehatannya menurun.

Pasalnya, perusahaan asuransi akan membebankan premi yang lebih besar kepada klien yang mendaftar saat tengah sakit. Atau bisa jadi menolak kerja sama lantaran, berpotensi akan merugikan perusahaan asuransi, maka dari itu sebaiknya daftarlah ketika kondisi sehat.

2. Sesuaikan Manfaat

Pihak asuransi biasanya memiliki banyak fitur unggulan untuk nasabahnya. Banyaknya fitur tentu untuk bersaing dengan perusahaan lain perihal tawaran layanan yang menggiurkan dan paling cocok untuk nasabah.

Untuk itu, sebaiknya dalam memilih asuransi rawat jalan, sebelumnya bandingkan dulu beberapa asuransi yang ditawarkan. Perhatikan manfaat yang paling pas untukmu dan keluarga serta tentu saja sesuai dengan kesanggupan finansial.

Mulai dari apakah asuransi akan menanggung anggota keluarga atau tidak, apakah bersifat murni asuransi, atau ada kelengkapan investasi seperti reksadana.

3. Perhatikan syarat rawat inap

Kamu perlu melihat bagaimana syarat rawat inap di sebuah instansi kesehatan saat kita sakit nanti. Meski ada di urutan empat dalam artikel ini, namun poin ini cukup penting, karena berguna untuk memastikan penanganan apa saja yang akan di-cover oleh pihak asuransi. Selain itu juga akan terlihat mana yang akan menjadi pertanggungan kita sendiri.

Jadi tidak semua jenis layanan akan di-cover oleh pihak asuransi, maka dari itu pastikan kamu mendapatkan penjelasan lebih detail dari agen asuransi.

4. Memiliki Rekanan Rumah Sakit Yang Luas

Asuransi rawat jalan sudah pasti memiliki banyak rekanan rumah sakit. Agar lebih memudahkan kita dalam melakukan klaim dan rawat jalan, sebaiknya pilih asuransi yang rekanan rumah sakitnya banyak dan mudah diakses.

5. Menerapkan sistem cashless

Pilihlah asuransi rawat jalan yang menerapkan sistem cashless, sehingga sobat komputer tak perlu menalangi terlebih dahulu biaya perawatan kesehatan mereka di rumah sakit. Adapun sistem reimbursement yaitu menerapkan metode penggantian biaya yang dikeluarkan klien setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Sistem reimbursement mewajibkan klien melakukan klaim terpisah, dengan menunjukkan kuitansi pembayaran di rumah sakit.

6. Ada double claim

Sebelum membeli produk asuransi rawat jalan, perhatikan dulu apakah apakah asuransi yang akan kamu pilih dapat dapat melayani double claim.

Jangan sampai sobat rutin bayar premi setiap bulan, tetapi selalu ditolak saat mau klaim hanya karena biaya tersebut telah tercover oleh asuransi pemerintah/pihak lain.

7. Cara mengakhiri kontrak asuransi

Asuransi merupakan solusi jangka panjang, namun terkadang bisa saja di tengah kurun waktu perjanjian kamu ingin mengakhiri kontrak dengan perusahaan asuransi. Pertimbangannya banyak, misal tidak cocok dengan pelayanannya, atau ingin menggunakan asuransi dari pihak lain.

Guna mempersiapkan kejadian tersebut, maka sebaiknya sebelum sobat komputer menandatangani kontrak asuransi, pelajari terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut memberikan kemudahan untuk mengakhiri kontrak. Jangan sampai malah muncul kesulitan bahkan hingga merugikan sobat pada saat ingin memutuskan kontrak.

Manfaat yang ditawarkan asuransi rawat jalan berupa kemudahan klaim atau ganti rugi ketika sobat tengah menjalani pengobatan, bahkan tanpa batas waktu. Dalam berbagai kasus, penggunaan asuransi rawat jalan akan lebih maksimal dan bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini karena pada dasarnya ketika kita sakit, maka kita lebih sering mendatangi rumah sakit dan mendapatkan pengobatan tanpa menjalani rawat inap.

Sebagian besar orang justru memilih untuk tetap pulang dan menjalani pemulihan di rumah, hal ini mungkin lebih baik dan membuat mereka merasa nyaman.

Sekarang, sobat komputer sudah tahu betapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk menunjang aktivitas pekerjaan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.