Apa Penyebab Laptop Cepat Panas ? Berikut Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas | Laptop merupakan sahabat untuk sebagian kalangan, utamanya para designer, programer dan para blogger. Tak jarang laptop yang mereka gunakan sampai mengalami masalah seperti mengalami hang atau crash yang diakibatkan laptop panas.

Sebenarnya masalah seperti ini juga sering sobat komputer alami bukan ?. Hal ini dikarenakan kebersihan laptop kurang diperhatikan dan penggunaannya yang berlebihan. Untuk dapat mengatasinya tentunya sobat harus mengetahui apa penyebab laptop cepat panas ? sehingga nanti sobat dapat mengatasi permasalah tersebut.

Pada kesempatan kali ini Utopicomputers mencoba merangkum penyebab - penyebab laptop cepat panas ? dan sekaligus membagikan cara mengatasi laptop panas, sehingga sobat akan dapat memperhatikan penggunaan dan perawatan laptop yang sobat miliki. ok dari pada berlama - lama mari kita langsung saja ke TKP.

Gambar-Laptop-Cepat-Panas

Baca Juga :

Apa Penyebab Laptop Cepat Panas ? Berikut Cara Mengatasinya

1. Kipas Pendingin Kotor

Penyebab laptop cepat panas yang satu ini tentu banyak dialami oleh pengguna laptop yang malas membersikan laptop mereka, Dan untuk mengatasinya, sobat perlu membersihkan laptop secara rutin utamanya pada kipas pendingin laptop. Sebelum menggunakannya alangkah baiknya bersihkan terlebih dahulu meja atau alas yang digunakan untuk meletakan laptop, sehingga debu yang ada di meja tidak terhisap kipas pendingin dan mengotorinya. Sobat juga dapat menambahkan aksesoris Vacuum Cooler untuk dapat menjaga kebersihan kipas pendingin laptop.

2. Menggunakan Laptop Diatas Bantal Atau Kasur

Menggunakan laptop di atas kasur atau bantal mungkin sering sobat lakukan, tapi perlu sobat ketahui bahwa penggunakan laptop di atas kasur atau bantal menyebabkan sirkulasi udara laptop menjadi terganggu dan menjadikan laptop cepat panas. Untuk itu alangkah baiknya apabila sobat komputer memberi alas yang datar agar sirkulasi udara menjadi lancar.

Sobat dapat juga menambahkan aksesoris seperti cooling pad untuk meletakan laptop, sehingga menambah ruang dan memperlancar sirkulasi udara, walaupun digunakan diatas kasur.

3. Kipas Laptop Mati

Sebagian pengguna laptop tidak menyadari akan hal ini, dan menyebabkan laptop menjadi panas. Untuk itu sobat perlu memperhatikan kondisi kipas masih hidup atau sudah mati. Cara mengatasi laptop panas karena kipas mati ini dapat sobat lakukan hanya dengan mengganti kipas laptop dengan yang baru.

4. Thermal Pasta Mengering

Penyebab laptop cepat panas yang satu ini juga banyak terjadi, hal ini dikarenakan penggunaan laptop yang cukup lama sampai berjam - jam, Sehingga menyebabkan processor berkerja lebih ekstra. Suhu processor yang cukup panas tersebut dapat mengeringkan Thermal Pasta pada processor yang fungsi sebenarnya menghantarkan panas dari chip processor.

Cara mengatasi laptop panas yang disebabkan oleh Thermal Pasta mengering, hanya dapat sobat lakukan dengan cara membongkar laptop dan mengganti Thermal Pasta dengan yang baru.

5. Langsung Menutup Laptop Setelah Selesai Digunakan

Hal ini juga dapat menjadi penyebab laptop cepat panas, untuk itu alangkah baiknya setelah sobat menggunakan laptop dan mematikannya, biarkan layar laptop terbuka terlebih dahulu beberapa saat, agar laptop menjadi dingin. Kecuali apabila sobat menggunakannya pada ruangan dingin atau ber AC.

Itulah beberapa penyebab laptop cepat panas, dan bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada ulasan berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :