Apa Itu Software Close Source ? Berikut Pengertian Dan Contohnya

Software Close Source | Selamat datang kembali disitus Utopicomputers, pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan contoh software open source, dimana pada artikel tersebut sobat komputer pastinya telah memahami dengan seksama apa yang dimaksut dengan software open source. Untuk melanjutkan pembahasan mengenai macam - macam software komputer, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan review mengenai apa itu close source ? dan apa saja contoh dari software close source. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Gambar-Software-Close-Source

Apa Itu Software Close Source ? Berikut Pengertian Dan Contohnya

Baca Juga :

Pengertian Close Source

Software Close Source adalah sebuah software dengan kode sumber tertutup untuk umum, pengguna tidak dapat melihat dan memodifikasi kode - kode pemrograman software jenis ini, sehingga pengembangan dari software close source hanya dapat dilakukan oleh si pemilik kode software tersebut. Pemilik software close source dapat juga membagikan kode sumber software yang dimiliki melalui lisensi, sehingga meskipun orang lain memiliki kode sumber software tersebut ada aturan - aturan tertentu untuk dapat menggunakan dan memodifikasi kode sumbernya.

Dalam proses publikasi, software close source biasanya dipublikasikan tanpa kode sumber, sehingga pengguna hanya memperoleh software yang sudah di compil dalam bentuk binari program. Pengguna tidak diberikan akses untuk membuka kode sumber software walaupun software tersebut didistribusikan dengan gratis.

Contoh Software Close Source

  • Microsoft Windows : Merupakan sebuah sistem operasi keluaran microsoft yang cukup populer ditelinga pengguna komputer dimanapun berada. Dengan fitur - fitur yang menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, menjadikan sistem operasi yang satu ini banyak diminati oleh banyak pengguna komputer.
  • IOS : Merupakan sebuah sistem operasi seluler yang dikembangkan dan didistribusikan oleh perusahaan multinasional Apple. Inc. Sistem operasi yang satu ini juga tidak kalah populer dikalangan pengguna smartphone diseluruh penjuru dunia.
  • Microsoft Office : Merupakan salah satu contoh software close source yang juga cukup populer dikalangan pengguna komputer. Software ini menawarkan kemudahan dan fitur yang cukup lengkap untuk keperluan perkantoran.
  • Adobe Photoshop : Merupakan sebuah software yang banyak digunakan untuk editing foto, software ini juga merupakan software yang cukup populer dikalangan pengguna komputer, utamanya bagi yang menyukai desain grafis.
  • Pinnacle Studio : Adalah salah satu contoh software close source yang banyak digunakan untuk editing video, software ini merupakan salah satu software favorit bagi dikalangan editor multimedia.
  • 3D Studio Max : Merupakan sebuah software 3D modeling dan animasi yang cukup populer, software ini di buat oleh Autodesk Media & Entertainment, salah satu perusahaan software yang cukup terkemuka didunia.
  • Corel Draw : Merupakan salah satu contoh software close source yang digunakan untuk editor gambar vektor. Software ini dikembangkan oleh perusahaan pengkat lunak Corel.
  • Winamp : Merupakan salah satu software pemutar media yang dikembangkan oleh NullSoft, software ini cukup populer dikalangan pengguna komputer, karena fitur - fitur yang ditawarkan cukup lengkap.
  • AVG : Merupakan salah satu contoh software close source yang dibuat dan didistribusikan oleh  AVG Technologies. Software ini sangat ampuh untuk membersikan komputer dari serangan virus - virus ganas.

Itulah ulasan mengenai pengertian software close source lengkap dengan beberapa contohnya, semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi bagi sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :