Apa Itu Photoshop ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Fungsi Photoshop | Bagi seorang fotografer Photoshop bukanlah sebuah istilah yang asing ditelinga, keberadaan salah satu software editing foto yang satu ini cukup banyak diminati oleh fotografer mulai dari fotografer pemula bahkan sampai fotografer profesional. Bagi sobat komputer yang belum begitu mengenal apa itu Photoshop ? artikel dibawah ini mungkin dapat memberikan sebuah pandangan bagi sobat untuk memahami pengertian Photoshop lengkap dengan fungsinya. Ok dari pada kita berlama - lama langsung menuju ke topiknya yuuk.

Baca Juga :

Apa Itu Photoshop ? Pengertian Dan Fungsi Adobe Photoshop

Gambar-Adobe-Photoshop

Pengertian Photoshop

Adobe Photoshop atau dikenal dengan Photoshop merupakan salah satu software editing foto atau bitmap yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems. Software ini pertama dirilis sekitar tahun 1990 tapatnya pada tanggal 19 Februari 1990. Software ini bersifat komersil jadi apabila sobat komputer ingin menggunakan software ini membutuhkan lisensi resmi dari pengembang aplikasi dalam bentuk serial key.

Adobe Photoshop dirancang untuk dapat digunakan pada sistem operasi windows dan Mac OS. sementara apabila sobat komputer ingin menggunakan pada sistem operasi Linux membutuhkan sebuah perangkat lunak tambahan seperti CroseOver atau Wine. Fitur Photoshop juga sangat lengkap dan mampu untuk menerima beberapa model warna seperti RGB, CMYK, Lab Color, Grayscale, Bitmap dan Duotone.

Sementara untuk format file, Photoshop mampu untuk membuka dan menyimpan gambar dengan format jpg, jpeg, PNG, gif, dan format rester lainnya. Akan tetapi Photoshop juga memiliki format file khusus yang menjadi ciri khas software ini, antara lain PSD, PSB dan PDD.

Sejarah Photoshop

Pada awalnya Photoshop dikembangkan oleh seorang programer asal Amerika Serikat bernama Thomas Knoll yang pada waktu ini masih menjadi mahasiswa PhD di Universitas Michigan. Thomas Knoll menulis sebuah program yang mampu untuk menampilkan gambar grayscale pada perangkat komputer Mac Os. Dari situ, saudara Thomas Knoll yang bernama John Knoll menyarankan agar program tersebut disempurnakan menjadi program editing gambar penuh yang kemudian diberi nama ImagePro.

Setelah melakukan banyak pengembangan dalam kurun waktu satu tahun, Thomas Knoll menggati nama software ImagePro menjadi Photoshop. Selang beberapa saat Thomas kemudian memperkenalkan program yang dia buat kepada direktur seni Adobe bernama Russell Brown. Dan setelah melakukan demonstrasi, Adobe tertarik untuk membeli lisensi dan mendistribusikan software Photoshop.

Fungsi Photoshop

Secara umum fungsi Adobe Photoshop hanya sebagai software editing gambar dengan tipe bitmap. beberapa fitur yang ditawarkan oleh software ini cukup lengkap dan sangat mudah untuk digunakan. Agar dapat menggunakan software Photoshop ini, sobat komputer dituntut untuk mengenal fungsi dari tools - tools yang telah disediakan. Setelah sobat memahami dan mampu untuk menggunakannya, sobat tinggal menggalih kreatifitas seni agar mampu menghasilkan editing foto yang Waaaw.

Apabila fungsi Photoshop kita jabarkan dengan lebih terperinci lagi, banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan software yang satu ini. diantaranya sebagai berikut :

  • Menggabungkan dua foto menjadi satu.
  • Menambah atau menghapus objek pada sebuah foto.
  • Memperhalus foto.
  • Merubah ukuran foto.
  • Merubah format foto.
  • Membuat objek baru
  • dll.

Fungsi - fungsi Adobe Photoshop dapat digunakan untuk menghasilkan projek - projek seperti Undangan, Poster, Spanduk, desain web bahkan kita juga dapat menggunakan Photoshop untuk menghasilkan gambar animasi bergerak. Wah ternyata fungsi Photoshop lumayan banyak juga yaaaa.

Sekian ulasan mengenai apa itu Photoshop dan apa fungsi software Photoshop itu sendiri. Semoga ulasan diatas dapat memberikan gambaran untuk sobat komputer untuk dapat memahami dan menggunakan aplikasi editing foto yang satu ini. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :