Apa itu OpenStack ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Pengertian OpenStack | Pernahkah sobat komputer mendengar istilah OpenStack ?. Bagi sobat komputer yang menjadi pengguna Linux, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Akan tetapi bagi sobat komputer yang belum mengetahui apa itu OpenStack ?.

Berbicara OpenStack tentu kita tidak akan lepas dengan teknologi Cloud, karena OpenStack merupakan penyedia layanan software suite yang dirilis di bawah ketentuan Lisensi Apache. Dan untuk lebih lengkapnya dibawah ini Utopicomputers akan memberikan ulasan yang membahas mengenai apa itu Openstack dan fungsi OpenStack itu sendiri, Ok kita langsung ke topik ulasan.

Gambar-Logo-OpenStack

Baca Juga :

Apa itu OpenStack ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

OpenStack adalah sebuah layanan sistem operasi komputasi awan opensource yang dapat digunakan untuk memanagemen sumber daya komputasi besar, penyimpanan dan jaringan di semua datacenter dalam satu tampilan dashboard webbase ( Infrastructure as a service - IaaS ). Fungsi OpenStack ini diharapkan dapat mempermudah para administrator server dan developer untuk berkerja.

Proyek OpenStack sendiri dikelola oleh organisasi non profit OpenStack dan pengembangannya dibawah lisensi Apache 2.0. Organisasi OpenStack sendiri didirikan pertama kali sekitar bulan September 2012, dan hingga saat ini telah ada sekitar 150 perusahaan yang bergabung dengan proyek ini.

Beberapa perusahaan yang bergabung dalam proyek OpenStack ini antara lain Intel, AMD, SUSE Linux, Canonical, Red Hat, Inktank, Cisco, Groupe Banteng,  Dell,  HP, IBM, Ericsson, NEC, Brocade Communications Systems, VMware , dan Yahoo.

Arsitektur Aplikasi OpenStack

Setiap layanan yang ditawarkan OpenStack dapat dijalankan dengan menggunakan aplikasi - aplikasi yang diberi nama - nama cukup unik. Adapun arsitektur aplikasi OpenStack adalah sebagai berikut :

Nama Aplikasi Fungsi
Keystone Identity Service
Glance Image Service
Cinder Block Storage Service
Nova Compute Service
Neutron Networking Service
Swift Object Storage Service
Horizon Dashboard Web Management Service
Trove Database Service
Zaqar Messaging Service
Barbican Key Management Service
Congress Governance Service
Ceilometer Telemetry Service
Sahara Elastic Map Reduce Service
Manila Shared Filesystems Service
Murano Application Catalog Service
Designate Domain Name Service
Ironic Bare-Metal Provisioning Service
Heat Orchestration Service
Magnum Containers Service

Bagimana lengkap bukan aplikasi - aplikasi yang disediakan ?. Apabila sobat komputer ingin menikmati layanan OpenStack secara gratis, sobat dapat mendaftar terlebih dahulu disini.

Rilis OpenStack

Sementara untuk rilis OpenStack yang telah dikeluarkan adalah sebagai berikut :
Nama Kode Rilis Terakhir Status
Austin 21 Oktober 2010 Deprecated
Bexar 3 Februari 2011 Deprecated
Castus 15 April 2011 Deprecated
Diablo 19 Januari 2012 EOL
Essex 12 Oktober 2012 EOL
Folsom 11 April 2013 EOL
Grizzly 20 Maret 2014 EOL
Havana 22 September 2014 EOL
Icehouse 2 Oktober 2014 Security-Supported
Juno 16 Oktober 2014 Stable, Security-Supported

Itulah ulasan mengenai pengertian dan fungsi OpenStack, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada yang ingin mengetahui apa itu OpenStack, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi para ulasan teknologi berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :