Apa Itu Monitor Komputer ? Pengertian, Fungsi Dan Jenis – Jenisnya

Fungsi Monitor | Seperti yang dibahas pada artikel macam - macam perangkat komputer, bahwa salah satu perangkat output dari sebuah komputer adalah monitor. Apakah sobat mengetahui sebenarnya apa itu monitor PC ? dan apa fungsi monitor pada sebuah perangkat elektronik komputer ?. Pada ulasan kali ini akan kita bahas mengenai pengertian monitor dan fungsi monitor pada perangkat PC. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Apa Itu Monitor Komputer ? Pengertian, Fungsi Dan Jenis - Jenisnya

Pengertian Monitor Komputer

Minitor dapat diartikan sebagai sebuah perangkat output komputer yang digunakan untuk menampilkan data grafis yang sebelumnya diproses oleh komputer. Monitor sendiri merupakan salah satu jenis soft-copy device dimana gambar yang ditampilkan merupakan signal elektronik yang dikeluarkan oleh CPU. Karena monitor merupakan perangkat yang digunakan untuk penampil gambar grafis, keberadaanya tidak dapat dipisahkan dengan perangkat komputer itu sendiri. Dari sisi, saya yakin sobat komputer sudah mengetahui apa itu monitor PC ?.

Fungsi Monitor Komputer

Fungsi Monitor PC adalah sebagai perangkat output komputer yang menampilkan data dalam bentuk gambar digital ( Grafis ), sehingga data - data yang diproses oleh komputer dapat dibaca dan dipahami oleh pengguna. Agar dapat berkerja secara maksimal monitor perlu dihubungan dengan kartu VGA yang sudah terpasang dengan baik pada perangkat CPU.

Baca Juga :

Jenis - Jenis Monitor Komputer

Apabila sobat komputer sering mengikuti perkembangan teknologi komputer pastinya sudah banyak mengenal jenis - jenis monitor komputer yang ada di pasaran. Dan dibawah ini beberapa rangkuman mengenai jenis - jenis monitor komputer yang pernah ada.

1. Monitor CRT ( Cathode Ray Tube )

Jenis monitor komputer yang satu ini sering disebut juga dengan monitor tabung, hal ini dikarenakan media untuk menampilkan gambar pada monitor berbentuk tabung. Jenis monitor PC ini memiliki kelebihan dari pada jenis monitor yang lain, yaitu harga beli yang cukup murah dan juga apabila terjadi kerusakan pada monitor akan mudah untuk diperbaiki. Akan tetapi kekurangan dari jenis monitor komputer ini adalah membutuhkan daya listrik cukup besar untuk menghidupkan perangkat monitor jenis CRT ini.

2. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor jenis LCD merupakan jenis monitor yang menggunakan teknologi kristal cair untuk menampikan sebuah gambar digital. Jenis monitor yang satu ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah menghasilkan tampilan yang cukup bersih dan juga hemat energi listrik. Selain itu sobat tidak perlu kawatir akan radiasi yang dipancarkan oleh monitor jenis LCD karena tergolong cukup rendah. Akan tetapi kekurangan dari jenis monitor LCD yaitu biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan cukup mahal, disamping itu layar monitor cukup sensitif dan sudut pandang terbatas.

3. Monitor PDP ( Plasma Display Panel )

Jenis monitor PC yang satu ini sering disebut juga dengan Monitor Plasma, yaitu sebuah jenis monitor yang menggabungkan teknologi dari monitor LCD dan monitor CRT. Keunggulan monitor jenis PDP yaitu memiliki bentuk yang ramping dengan sudut pandang yang cukup luas, selain itu tampilan yang dihasilkan cukup jernih dibandingkan dengan jenis monitor CRT dan LCD. Akan tetapi kekurangan dari jenis monitor PDP yaitu dalam kurun waktu tertentu kemampuan untuk menghasilkan gambar yang cerah akan berkurang hal ini dipengaruhi oleh melemahnya kemampuan fosfor sebagai bahan pembuat jenis monitor ini dalam kurun waktu tertentu. Dengan melemahnya kemampuan untuk menghasilkan gambar yang jernih tersebut menyebabkan dapak lain yaitu penggunaan energi listrik semakin membesar.

4. Monitor LED ( Light Emitting Diode )

Jenis monitor PC yang satu ini menggunakan sebuah teknologi LED Backlight dan tergolong sebagai jenis monitor dengan kunsumsi daya listrik cukup irit. Tampilan yang dihasilkan cukup tajam dengan variasi warna cukup banyak serta cukup nyaman dipandang, selain itu jenis monitor LED juga mampu untuk menghadirkan teknologi toucscreen, digital TV dan masih banyak yang lainnya. Kekurangan dari jenis monitor LED ini antara lain harga dan biaya perbaikan yang cukup mahal.

Itulah ulasan mengenai pengertian, jenis dan fungsi monitor komputer, semoga ulasan diatas dapat bemanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada artikel - artikel teknologi dan komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :