Apa Itu Gambar Vektor ? Berikut Pengertian dan Ciri – Cirinya

Pengertian Gambar Vektor | Selamat datang kembali di situs Utopicomputers, pada kesempatan kali ini kita kembali lagi membahas topik yang berkaitan dengan desain grafis, sebelumnya Utopicomputers telah membahas mengenai pengertian desain grafis, dimana pada ulasan tersebut telah dijelaskan bahwa ada dua macam jenis gambar yang dapat kita temui dalam dunia teknologi komputer, salah satunya adalah gambar vektor.

Sebenarnya apa itu gambar vektor ? dan apa ciri - ciri dari gambar vektor. pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan lengkap mengenai pengertian gambar vektor dan apa saja ciri - ciri gambar vektor. Ok dari pada berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga :

Apa Itu Gambar Vektor ? Berikut Pengertian dan Ciri - Cirinya

Gambar-Vector

Pengertian Gambar Vektor

Gambar vektor adalah sebuah gambar yang dihasilkan dari perpaduan antara titik dan garis dengan rumusan matematika, sehingga membentuk sebuah poligon yang menggambarkan objek gambar tertentu. lokasi dari gambar vektor disebut dengan control points atau nodes, dimana lokasi dari setiap titik memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y pada sebuah bidang kerja. Pada gambar vektor setiap garis atau titik dapat ditambahkan berbagai atribut seperti bentuk, ketebalan garis, kurva, warna garis, serta warna isi.

Untuk membuat gambar vektor pada komputer, kita dapat menggunakan aplikasi desain grafis yang cukup populer ditelinga sobat komputer sekalian, seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, Macromedia FreeHand, atau Corel Designer. Objek - objek yang dapat dihasilkan dari gambar vektor antara lain bujur sangkar, lingkaran, segi tiga, poligon untuk gambar 2 D dan bola, kubus, limas, tabung untuk gambar vektor 3 D.

Ciri - Ciri Gambar Vektor

  1. Gambar vektor dibentuk dari perpaduan objek - objek yang bersifat individu yang terdiri dari titik, garis dan warna.
  2. Ukuran gambar tidak mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan, karena tidak tergantung pada resolusi gambar.
  3. Memiliki ukuran yang relatif kecil
  4. Bersifat Scalable sehingga tidak akan pecah apabila gambar diperbesar
  5. Tampilan gambar yang dihasilkan kurang nyata dan natural, sehingga tidak dapat digunakan untuk memproduksi gambar foto realistik.
  6. Apabila ditampilkan ke layar monitor membutuhkan proses yang lebih lama.

Itulah ulasan mengenai pengertian gambar vektor dan apa saja ciri - ciri dari gambar vektor, semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi dan komputer berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :

No comments yet.

Leave a Reply