Apa Itu File ISO ? Berikut Pengertian Dan Fungsi ISO Image

Pengertian File ISO | Bagi sebagian pengguna komputer pasti sudah pernah menjumpai salah satu format file yang dinamakan ISO Image, baik itu dengan ukuran file yang kecil ataupun besar. Akan tetapi tidak semua pengguna komputer mengetahui sebenarnya apa itu file ISO ? dan apa fungsi file ISO dalam dunia komputer. Berikut ini akan diulas lebih lengkap pengertian ISO File lengkap dengan fungsinya. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Apa Itu File ISO ? Berikut Pengertian Dan Fungsi ISO Image

Gambar-File-ISO-Image

Pengertian File ISO adalah sebuah format file yang dapat menampung data dalam bentuk gambaran CD / DVD dan dapat disimpan dalam bentuk digital. File ISO disebut juga dengan istilah CD / DVD image pengganti kepingan CD / DVD dan untuk membukanya membutuhkan sebuah software khusus yang terinstal pada komputer yang sobat miliki. lalu apa saja fungsi atau kegunaan file ISO tersebut ?.

Baca Juga :

Fungsi File ISO

1. Backup Data Menjadi Lebih Mudah

Sobat komputer dapat membuat file ISO untuk mempermudah dalam membackup data, dengan memiliki data dalam bentuk file ISO, sobat dapat menyalin atau membakarnya kedalam CD atau DVD dengan lebih cepat. Untuk itu, kegunaan file ISO ini banyak digunakan untuk backup data.

2. Sebagai Pengganti CD / DVD

ISO File disebut juga dengan CD / DVD Image, yaitu sebuah file yang berfungsi untuk menggantikan data CD / DVD. Apabila sobat ingin membuka file ISO, sobat tidak perlu menggunakan perangkat keras CD / DVD Room akan tetapi cukup menggunakan virtual Drive pada mesin komputer sobat.

3. Mengurangi Resiko Kerusakan

Karena CD / DVD disimpan dalam bentuk file, maka resiko kerusakan pada data dapat diminimalisir. Jika awalnya sobat komputer menyimpan data dalam bentuk kepingan CD / DVD, kemungkinan besar kepingan CD / DVD akan tergores atau terdapat bercak, sehingga tidak dapat terbaca oleh CD / DVD Room. Akan tetapi apabila sobat komputer menyimpan data CD / DVD tersebut dalam bentuk file ISO, maka resiko diatas dapat diminimalisir.

4. Menjaga Keamanan Data

Salah satu fungsi ISO file adalah untuk menjaga keamanan data, baik dari orang yang ingin mencuri data penting atau dari serangan virus. Dengan menyimpan data dalam format ISO, sobat komputer dapat mengamankan data dengan memberi password sesuai dengan keinginan sobat komputer tentunya.

Itulah ulasan mengenai apa itu ISO File ?, lengkap dengan fungsi atau kegunaannya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya.

Artikel Terkait :

Komentar :