Apa Itu Desain Grafis ? Berikut Adalah Pengertian Dan Jenisnya

Pengertian Desain Grafis | Sobat komputer pastinya telah banyak mengenal mengenai seni rupa yaitu sebuah produk komunikasi visual yang sudah cukup tua. Dalam seni rupa sobat akan banyak menemukan berbagai macam simbol - simbol berbentuk ideogram yang cukup khas. Inilah yang menjadi sebuah cikal bakal adanya istilah desain grafis.

Banyak dari kita membicarakan mengenai sebuah desain, baik itu bentuk logo, foto, gambar dan lain sebagainya. Akan tetapi apakah sobat komputer mengetahui apa itu desain grafis ?. Pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan ulasan mengenai pengertian desain grafis lengkap dengan jenis - jenis desain grafis yang ada. Ok dari pada berlama - lama mari kita ulas lebih lengkap.

Gambar-Desain-Grafis

Baca Juga :

Apa Itu Desain Grafis ? Berikut Pengertian Dan Jenisnya

Apa itu Desain Grafis ?

Pengertian desain grafis adalah sebuah bentuk media komunikasi visual yang berbentuk gambar untuk digunakan sebagai penyampai informasi atau pesan yang cukup efektif. Dalam dunia design grafis semua elemen baik itu text, shape, tabel dan lain sebagainya dianggap sebagai sebuah gambar. Hal ini dikarenakan elemen -  elemen tersebut merupakan sebuah abstraksi simbol - simbol yang tersembunyi.

Untuk membuat sebuah desain grafis, seseorang harus mempunyai sebuah ketrampilan visual dan juga kemampuan kognitif diataranya adalah fotografi, typografi, ilustrasi, pengolahan gambar dan juga tata letak gambar. Hal ini sangat diperlukan agar dapat menghasilkan sebuah design yang menarik, unik dan informatif.

Dari sini sobat komputer pastinya sudah mengenal mengenai apa itu desain grafis. dan dibawah ini akan kita ulas lebih jauh mengenai jenis - jenis desain grafis.

Jenis - Jenis Desain Grafis

Grafis Vektor

Grafis Vektor dapat diartikan sebagai sebuah gambar yang dibentuk dari kombinasi titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu sehingga sobat komputer dapat menghasilkan sebuah objek dua dimensi atau tiga dimensi, misalnya bujur sangkar, lingkaran, segi tiga, poligon dan lain sebagainya untuk objek dua dimensi, bola, kubus, limas, tabung dan lain sebagainya untuk objek tiga dimensi.

Untuk membuat sebuah desain grafis jenis vektor, sobat komputer membutuhkan ruang memori RAM lebih sedikit, akan tetapi beban processor menjadi lebih besar dibandingkan dengan grafis jenis bitmap. Volume file yang dihasilkan juga lebih sedikit, sehingga sobat dapat menghemat penggunakan ruang harddisk apabila membuat sebuah desain dengan jenis vektor ini. Beberapa format file pada jenis desain grafis vektor antara lain cdr, eps, wmf, pict, svg dan lain - lain

Grafis Bitmap

Grafis Bitmap dapat diartikan sebagai sebuah gambar yang dibentuk dari kumpulan titik - titik dan kombinasi piksel warna. Pada setiap titik, grafis bitmap memiliki tempat dan juga warna tersendiri yang nantinya membentuk sebuah tampilan gambar. Apabila sobat komputer mensetting jumlah titik pada grafis semakin banyak, maka gambar yang dihasilkan akan menjadi lebih halus.

Sementara untuk membuat sebuah desain grafis jenis bitmap, sobat komputer akan membutuhkan ruang memori lebih besar dibandingkan dengan grafis jenis vektor. Tidak hanya itu, volume file yang dihasilkan nantinya juga lebih besar, sehingga akan membuat boros penggunaan ruang harddisk. Beberapa contoh format file pada jenis desain grafis bitmap antara lain jpg, jpeg, BMP, gif, pcx dan lain - lain.

Itulah ulasan mengenai pengertian desain grafis lengkap dengan jenis - jenis desain grafis. semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada ulasan mengenai teknologi komputer berikutnya.

Bagikan :

Artikel Terkait :

Komentar :