10 Kode Etik [ Etika ] Menggunakan Komputer Yang Perlu Dilakukan

  • Whatsapp

10 Etika Menggunakan Komputer | Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan diera digital sekarang ini. Komputer bukan sebuah barang mewah akan tetapi sebuah kebutuhan untuk kita dapat bersaing diberbagai bidang.

Bagi sebagian kalangan etika pengunaan komputer perlu diketahui, karena mungkin mereka belum sepenuhnya memahami. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai etika dalam menggunakan komputer untuk keperluan sehari – hari. Ok dari pada kita berlama – lama mari kita langsung pada topik ulasannya.

Baca Juga

10 Kode Etik Penggunakan Komputer Yang Perlu Dilakukan

1. Tidak Melanggar Dan Mengganggu HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual )

Kesadaran untuk menghargai hasil karya orang lain tergolong rendah, terutama dalam bidang teknologi komputer. Banyak dari kita yang masih menggunakan program – program bajakan ( tidak legal ). Padahal itu merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak kekayaan intelektual atau bisa dibilang penghargaan untuk karya – karya seseorang.

2. Tidak Memata – Matai Atau Mengcoppy File – File Orang Lain Tanpa Ijin

Kode etik penggunaan komputer yang juga sering dilanggar adalah mengintai dan mengambil data – data orang lain yang bukan merupakn hak kita, karena hal tersebut sangat merugikan orang lain, apa lagi apabila file – file yang di coppy merupakan file – file penting.

3. Tidak Menggunakan Komputer Untuk Menyakiti, Membohongi Atau Merugikan Orang Lain.

Etika dalam menggunakan komputer berikutnya adalah tidak menggunakan komputer untuk menyakiti, berbohong dan merugikan orang lain. Sebagai contoh sobat komputer menggunakan komputer untuk membuat dan menyebarkan virus dengan sengaja, merusak sistem keamanan, untuk membobol bank, menyakiti dan menghina orang melalui media sosial. 

4. Tidak Menggunakan Komputer Untuk Memberi Kesaksian Palsu

Dewasa ini banyak kita temui berita – berita Hoax yang bertebaran di media sosial dan situs – situs website. Hal ini karena orang – orang yang menggunakan kurang memiliki kesadaran akan kode etik penggunakan komputer. Bagi sobat komputer yang telah berkunjung dan membaca artikel ini usahakan untuk tidak menyebar berita bohong dan memberikan kesaksian palsu.

5. Tidak Menggunakan Komputer Untuk Mencuri

Banyaknya kemudahan didunia komputer dan teknologi memberikan angin segar untuk dunia bisnis dan ekonomi, hal ini bisa kita rasakan dengan adanya situs belanja online yang dilengkapi dengan sistem pembayaran serba otomatis. Akan tetapi hal tersebut sejalan dengan tingkat kejahatan yang ditimbulkan. Seperti pembobolan ATM, kartu kredit dan lain sebagainya. Pembobolan ATM atau kartu kredit merupakan pelanggaran kode etik penggunaan komputer.

6. Tidak Menggunakan Sumber Daya Komputer Tanpa Sepengetahuan Pemiliknya

Kode etik penggunaan komputer berikutnya adalah tidak menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Semisal kita akan menggunakan komputer milik orang lain, kita harus ijin terlebih dahulu kepada orang yang memiliki selain itu kita tidak boleh mengakses server, printer atau peripheral lain yang terhubung ke jaringan komputer tanpa ijin terlebih dahulu kepada administrator.

7. Tidak Membuat Program Atau Sistem Komputer Untuk Tujuan Negatif

Kode etik penggunaan komputer yang satu ini kusus untuk sobat yang berprofesi sebagai programer atau IT Developer. Kita harus mempertimbangkan dampak negetif dan positifnya dalam merancang dan membuat aplikasi dan sistem komputer. Apabila dirasa banyak hal negatifnya, alangkah baiknya tidak dilanjutkan.

8. Tidak Menjual Belikan Hasil Karya Orang Lain

Etika penggunaan komputer berikutnya adalah tidak menjual belikan karya orang lain. Banyak sekali software – software yang dibuat dengan tujuan komersial yang dibajak kemudian diperjual belikan. Apabila kita mengerti kode etik dalam menggunakan komputer maka hal tersebut pasti tidak akan dilakukan, mengingat sulitnya untuk membuat sebuah karya.

9. Selalu Mempertimbangkan Sisi Baik Dan Buruk Dalam Menggunakan Komputer

Kode etik penggunaan komputer yang satu ini perlu kita terapkan, sehingga tidak merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. 

10. Melakukan Pembajakan Software Atau Program Komputer

Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa software – software yang kita gunakan kebanyakan bajakan. Akan tetapi banyak dari kita yang menyebar luaskan dengan cara menduplikasi untuk digunakan orang lain. Padahal kita sendiri sebenarnya telah melanggar kode etik penggunaan komputer dengan cara menggunakan software – software bajakan tersebut.

Itulah ulasan mengenai kode etik dalam menggunakan komputer, agar kita lebih berhati – hati dalam memanfaatkannya. Semoga ulasan diatas dapat memberikan gambaran untuk kita semua. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke akun media sosial yang kita miliki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *